9 Camilan Bayi 6 Bulan yang Menyehatkan

(0)
18 Mar 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Wortel adalah camilan bayi 6 bulan yang menyehatkan.Ada banyak camilan bayi 6 bulan yang bisa dicoba, salah satunya wortel!
Saat bayi telah menginjak usia 6 bulan, Anda bisa mulai memperkenalkan makanan pendamping ASI (MPASI). Selain makanan berat, ada pula camilan sehat yang bisa diberikan kepadanya. Berikut adalah berbagai rekomendasi camilan bayi 6 bulan yang baik untuk tumbuh kembang Si Kecil.

Camilan bayi 6 bulan yang baik untuk tumbuh kembangnya

Meskipun bayi sudah boleh mengonsumsi MPASI, Andatetap disarankan untuk terus memberikan ASI. Sebab, ASI mengandung antibodi yang bisa membantu bayi melawan virus dan bakteri.Menurut UNICEF, ASI tetap menjadi sumber nutrisi yang penting bagi bayi 6 bulan. Namun, ASI saja tidak cukup. Anda juga perlu memberikan berbagai makanan sehat untuk bayi agar kebutuhan nutrisinya terpenuhi.Selain itu, Anda juga bisa memberikan berbagai camilan bayi 6 bulan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Si Kecil. Hindari camilan yang bertekstur keras karena bayi belum memiliki gigi yang kuat untuk mengunyah makanan keras. Maka dari itu, cobalah sajikan beraneka makanan untuk bayi 6 bulan ini dalam bentuk purée atau halus.

1. Pisang

Jangan pernah meremehkan manfaat pisang untuk kesehatan Si Kecil. Buah yang rasanya manis ini mengandung kalium dan serat yang penting untuk tumbuh kembang bayi.Selain dikenal sebagai antasida alami, pisang juga aman untuk perut bayi. Namun, jangan memberikan pisang berlebihan kepada bayi karena dapat menyebabkan sembelit.

2. Alpukat

Alpukat adalah camilan bayi 6 bulan yang sehat
Alpukat merupakan camilan bayi 6 bulan yang lezat dan sehat
Camilan bayi 6 bulan selanjutnya adalah alpukat. Buah yang mengandung lemak baik ini baik untuk perkembangan fisik dan otak bayi. Alpukat juga memiliki tekstur halus dan creamy sehingga akan mempermudah bayi ketika memakannya.

3. Wortel

Tahukah Anda kalau wortel juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan bayi? Kandungan antioksidan beta karoten dan vitamin A-nya menjadikan sayuran ini masuk dalam daftar makanan sehat untuk bayi patut Anda pertimbangkan.Akan tetapi, wortel memiliki tekstur yang cukup keras sehingga Anda perlu menghaluskannya dulu sebelum memberikan sayuran ini pada bayi.

4. Ubi

Saat dikukus, tekstur ubi akan menjadi halus dan lembut sehingga cocok dijadikan makanan sehat untuk bayi.Camilan bayi 6 bulan ini mengandung vitamin, antioksidan, dan serat yang diyakini bisa mendukung tumbuh kembang Si Kecil.Anda bisa mencampurkan ubi dengan air atau ASI agar anak Anda lebih mudah melahapnya.

5. Kacang polong

Kacang polong adalah sumber nutrisi yang baik untuk bayi. Kacang kecil berwarna hijau ini mengandung vitamin A, vitamin C, zat besi, protein, dan kalsium yang dibutuhkan Si Kecil.Dalam mengolahnya Anda boleh menghaluskannya hingga menjadi bubur. Hal ini juga dilakukan agar bayi tidak tersedak saat memakannya.

6. Bayam

Bayam adalah sayuran daun hijau yang juga tergolong sebagai camilan bayi 6 bulan. Pasalnya, sayuran ini mengandung zat besi yang bisa meningkatkan energi dan mendukung tumbuh kembangnya.Masak dulu bayam hingga matang, lalu haluskan teksturnya supaya bayi bisa mengonsumsinya dengan mudah.

7. Labu

Saat teksturnya sudah dihaluskan menjadi purée, labu dapat menjadi camilan bayi 6 bulan yang lezat dan sehat. Faktanya, labu mengandung berbagai macam nutrisi yang bisa memperkuat sistem imun Si Kecil.Labu juga baik untuk pencernaan karena dilengkapi dengan kandungan antimikroba yang bisa membunuh kuman jahat di usus bayi.

8. Brokoli

Brokoli adalah camilan bayi 6 bulan yang sehat
Brokoli adalah camilan bayi 6 bulan yang sehat
Selain bayam, brokoli adalah sayuran berdaun hijau yang bisa diberikan pada bayi. Sayuran ini mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan Si Kecil, seperti serat, folat, hingga kalsium.Meski demikian, brokoli memiliki rasa yang cukup mencolok di lidah bayi. Namun, memperkenalkan brokoli sedini mungkin dipercaya bisa membuat anak terbiasa mengonsumsinya saat ia beranjak dewasa.Kukuslah brokoli hingga teksturnya halus dan lembut, kemudian potong-potong menjadi kecil, dan dijadikan purée.

9. Yogurt

Untuk bayi 6 bulan ke atas, yogurt dapat menjadi camilan yang menyehatkan. Sebab, yogurt mengandung probiotik yang baik untuk sistem pencernaan dan protein.Selain itu, yogurt juga tidak mengandung laktosa sebanyak whole milk atau susu murni. Anda bisa mencampurkan yogurt dengan berbagai buah-buahan, misalnya pisang.

Kebutuhan nutrisi bayi 6 bulan yang harus dipenuhi

Berbagai kebutuhan nutrisi 6 bulan yang harus dipenuhi, di antaranya:
  • Kalsium: Baik untuk perkembangan tulang dan gigi bayi
  • Zat besi: Membantu darah yang mengandung oksigen untuk mengembangkan berbagai bagian tubuh
  • Zinc: Membantu perbaikan dan pertumbuhan sel tubuh
  • Lemak: Baik untuk perkembangan otak bayi
  • Karbohidrat: Memberikan energi untuk melakukan aktivitas
  • Protein: Membangun fondasi untuk sel tubuh
  • Vitamin: Vitamin A, B1, B2, B3, B6, B12, C, D, E, dan K dibutuhkan untuk perkembangan bayi
  • Mineral: Kalium dan natrium berperan langsung untuk mendukung pertumbuhan bayi.
Berbagai nutrisi di atas bisa didapatkan dengan mengonsumsi makanan sehat. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk menyajikan berbagai camilan bayi 6 bulan yang menyehatkanJika orangtua memiliki pertanyaan lebih lanjut mengenai cara menyajikan berbagai camilan bayi 6 bulan di atas, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga!
bayi & menyusuimakanan sehatcamilan sehatbuah dan sayuran
Web MD. https://www.webmd.com/parenting/baby/nursing-basics#:~:text=Breast%20milk%20contains%20antibodies%20that,illnesses%2C%20and%20bouts%20of%20diarrhea.
Diakses pada 3 Februari 2021
UNICEF. https://www.unicef.org/parenting/food-nutrition/feeding-your-baby-6-12-months
Diakses pada 3 Februari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/childrens-health/homemade-baby-food-recipes#4-6-months
Diakses pada 3 Februari 2021
Parenting First Cry. https://parenting.firstcry.com/articles/pumpkin-babies-benefits-recipes/
Diakses pada 3 Februari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/parenting/can-babies-have-yogurt#why-yogurt-is-good
Diakses pada 3 Februari 2021
Parenting First Cry. https://parenting.firstcry.com/articles/pumpkin-babies-benefits-recipes/
Diakses pada 3 Februari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/baby/vegetables-babies#young-babies
Diakses pada 3 Februari 2021
 
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait