Camellia Sinensis, Nama Lain Tanaman Teh yang Bermanfaat bagi Kesehatan

Camellia sinensis atau tanaman teh punya banyak manfaat
Nama lain tanaman teh adalah Camellia sinensis

Camellia sinensis atau tanaman teh merupakan tanaman kaya khasiat yang banyak dimanfaatkan sebagai minuman sejak dahulu kala. Berbagai jenis tanaman ini meliputi teh putih, teh hijau, teh hitam, teh oolong, hingga teh puerh. Sejak dulu, Camellia sinensis dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti mencegah risiko kanker, stroke, penyakit jantung, hingga menjaga kesehatan kulit.

Manfaat Camellia sinensis bagi kesehatan

Terdapat enam komponen utama di dalam Camellia sinensis yang bermanfaat bagi kesehatan, yakni minyak atsiri, polifenol, fitonutrien, flavonoid, enzim, serta senyawa kafein methylxanthines. Keenam senyawa tersebut berfungsi memberikan beragam khasiat bagi kesehatan tubuh, seperti:

1. Mencegah kanker

Sebuah penelitian yang dirilis dalam Journal of Cellular Biochemistry mengungkapkan bahwa kandungan antioksidan polifenol dalam Camellia sinensis atau tanaman teh berfungsi menangkal penyebaran sel radikal bebas penyebab kanker.

Secara spesifik, teh disebut dapat mengurangi risiko kanker paru-paru, kanker payudara, hingga kanker usus besar. Sementara menurut laporan American Journal of Epidemiology, salah satu jenis Camellia sinensis, yakni teh hijau, disebut dapat mengurangi risiko kanker prostat.

2. Mencegah risiko stroke dan jantung

Berdasarkan penelitian British Journal of Nutrition, kandungan antioksidan dalam Camellia sinensis dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler, seperti stroke dan jantung.

Antioksidan dalam Camellia sinensis berperan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah, yang dapat menyebabkan aliran darah tersumbat dan memicu penyakit stroke dan jantung.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Camellia sinensis juga mengandung fitokimia yang disebut dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia.

Berdasarkan penelitian yang dirilis dalam jurnal medis Antimicrobial Agents and Chemotherapy, senyawa dalam Camellia sinensis ini bertindak sebagai antioksidan dan antimikroba sehingga mengurangi berbagai risiko infeksi akibat virus, bakteri, dan parasit.

4. Mencegah pusing dan menurunkan risiko penyakit berbahaya

Salah satu jenis Camellia sinensis, yaitu teh hitam, dianggap efektif funtuk mencegah pusing sekaligus menurunkan risiko serangan jantung, batu ginjal, dan penyakit Parkinson pada orang lanjut usia.

5. Mengurangi stres

Kandungan polifenol di dalam Camellia sinensis juga berfungsi untuk mengurangi jumlah hormon kortisol penyebab stres. Selain itu, tanaman teh juga mengandung L-theanine, yakni asam amino yang membantu tubuh memerangi stres.

6. Menjaga kesehatan gigi

Sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa kandungan antioksidan flavonoid dalam Camellia sinensis berpotensi mendukung pertumbuhan enamel gigi yang sehat.

7. Membantu menurunkan berat badan

Selain itu, antioksidan flavonoid juga berperan untuk meningkatkan aktivitas insulin, dan mempercepat proses oksidasi lemak. Kandungan katekin dalam tanaman teh juga dapat memicu percepatan proses metabolisme sehingga membantu menurunkan berat badan.

8. Menjaga kesehatan kulit

Kandungan minyak atsiri dan antioksidan dalam Camellia sinensis juga berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit. Kedua kandungan ini berperan meremajakan kulit dan mengurangi risiko kerusakan kulit akibat paparan sinar UV.

9. Menjaga kadar gula darah

Sebuah penelitian juga mengungkapkan bahwa kandungan antioksidan dalam Camellia sinensis membantu menjaga kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2.

10. Menjaga kesehatan tulang

Katekin yang terkandung dalam salah satu jenis Camellia sinensis, yaitu teh putih, dianggap mampu menurunkan risiko osteoporosis dengan menngkatkan pertumbuhan tulang dan menghambat pengeroposan tulang.

11. Mencegah penyakit Parkinson dan Alzheimer

Antioksidan EGCG polifenol dalam teh putih juga memerangi peradangan dan mencegah penggumpalan protein yang bisa merusak saraf. Kedua masalah tersebut dikaitkan denganpenyebab penyakit Alzheimer dan Parkinson.

Cara mengolah Camellia sinensis

Tak sulit mengolah Camellia sinensis atau tanaman teh menjadi teh hangat yang nikmat. Anda dapat menggunakan air mendidih bersuhu 75-85°C, lalu tuangkan air ke dalam gelas berisikan potongan daun teh. Diamkan selama lima menit, lalu saring airnya. Segelas teh nikmat pun siap dihidangkan.

Livestrong
https://www.livestrong.com/article/511292-what-are-the-benefits-of-camellia-tea/
Diakses pada 31 Maret 2020

Arborteas
https://www.arborteas.com/health-benefits-camellia-sinensis/
Diakses pada 31 Maret 2020

Science Direct
https://www.sciencedirect.com/sdfe/pdf/download/eid/1-s2.0-S1550830706004186/first-page-pdf
Diakses pada 31 Maret 2020

Healthline
https://www.healthline.com/nutrition/white-tea-benefits#section11
Diakses pada 31 Maret 2020

Artikel Terkait