Cacingan Bisa Saja dari Makanan Anda, Yuk Cek Menu Makanan Sehat Ideal

Infeksi cacing pita juga bisa disebabkan oleh konsumsi ikan
Infeksi cacing pita bisa terjadi akibat pengolahan makanan yang kurang baik

Tahun 2015 lalu, seorang pria bernama Luis Ortiz harus mempertaruhkan nyawanya akibat penyakit yang selama ini kerap disepelekan yaitu cacingan. Ortiz mungkin tak pernah menyangka sebelumnya bahwa menu makanan sehat bisa jadi penyelamatnya dari infeksi cacingan.

Sebelum mengulik lebih lanjut kasus Luis Ortiz, penting untuk disadari bahwa infeksi parasit cacing sangat erat kaitannya dengan kebersihan. Mulai dari kebersihan lingkungan, makanan, air, dan apa yang dikonsumsi.

Menu makanan sehat bisa jadi hal yang menjaga seseorang dari infeksi cacingan. Jangan sampai salah konsumsi makanan justru membuat kesehatan Anda jadi taruhannya.

Menu makanan sehat dan higienis akan membuat Anda terhindar dari cacingan 

Makanan perlu dimasak dengan matang agar Anda terhindar dari infeksi cacing pita

Menu makanan sehat bukan hanya sekadar membuat orang yang mengonsumsinya jadi lebih bugar saja. Lebih jauh lagi, menu makanan sehat pasti diproses lewat cara yang higienis dan terjamin kebersihannya.

Namun rupanya mengakses menu makanan sehat tidak semudah mengonsumsi makanan kurang sehat. Selain lebih sulit mencari atau membuatnya, jika dijual di luaran pun harganya belum tentu terjangkau bagi masyarakat luas.

Ketika menu makanan sehat bukan lagi porsi utama dari makanan seseorang, maka infeksi cacing bisa saja membayangi.

Beberapa makanan yang bisa saja terinfeksi cacing pita adalah:

Analogikan apabila daging sapi atau ikan dikonsumsi dalam kondisi tidak matang sempurna atau mentah, maka cacing pita bisa masuk ke usus halus manusia dan berkembang menjadi cacing pita dewasa.

Cacing pita dewasa dapat tumbuh hingga sepanjang 15 meter dan melekatkan diri pada dinding usus. Lebih mengejutkan lagi, cacing pita ini dapat hidup hingga 20 tahun.

Khusus untuk infeksi cacing lewat konsumsi ikan, hal ini umum terjadi di negara-negara yang biasa mengonsumsi ikan mentah seperti di Eropa Timur, Skandinavia, dan Jepang. Sumber infeksi utama biasanya berasal dari salmon yang dikonsumsi mentah.

Menu makanan sehat dan bebas cacing pita 

Ikan harus diolah dengan bersih dan benar agar infeksi cacing pita bisa dihindari

Meski demikian, bukan berarti semua ikan dan daging yang dikonsumsi dalam kondisi mentah pasti bisa menjadi sumber infeksi cacingan. Sushi, misalnya. Menurut para ahli gizi, sushi aman untuk dikonsumsi karena telah dibekukan sebelumnya. Namun perhatikan juga saat penyimpanannya.

Selama diproses dengan bersih, menu makanan sehat dan tidak akan menularkan cacingan. Berikut ini beberapa cara untuk mencegah penularan lewat media makanan:

  • Memasak daging setidaknya mencapai suhu 66 derajat Celsius dan diamkan selama 3 menit sebelum mengonsumsi. Panas dari daging akan membunuh kuman atau parasit yang ada di daging.
  • Membekukan daging di suhu -20 derajat Celsius selama 24 jam hingga 7 hari untuk membunuh cacing pita
  • Hindari konsumsi daging babi, daging sapi, atau ikan yang mentah
  • Cuci sayuran dan buah dengan air bersih mengalir untuk menghindari infeksi cacingan dari tanah

Luis Ortiz, infeksi cacing hingga ke otak

November 2015 lalu, Luis Ortiz harus menjalani operasi setelah mengalami keluhan sakit kepala yang paling tak tertahankan sepanjang hidupnya. Keluhan itu dirasakannya sejak bulan Agustus, 3 bulan sebelum ia memeriksakan diri ke rumah sakit.

Dari pemeriksaan dokter, diketahui bahwa ada parasit cacing yang menginfeksi otaknya. Parahnya lagi, dari situ disimpulkan bahwa keadaan Ortiz mengancam nyawa. Operasi harus segera dilakukan. Pria yang kala itu berusia 26 tahun segera dibius untuk melangsungkan operasi.

Dari kamera medis, terlihat bahwa ada larva cacing pita di dalam otaknya. Cacing ini membentuk kista yang menutupi aliran cairan ke otak Ortiz. Jika dibiarkan lebih lama lagi, akibatnya bisa sangat fatal.

Ketika diangkat dalam operasi, cacing itu masih aktif bergerak. Usai operasi, mahasiswa ini harus menjalani terapi untuk mengembalikan ketajaman daya ingatnya.

Cara lain untuk mencegah cacingan

Berkaca dari kasus Ortiz, penting bagi Anda untuk menjaga kesehatan diri sendiri dan keluarga. Selain mengonsumsi makanan sehat, tak kalah penting untuk membekali diri dengan kesadaran akan pentingnya kebersihan. Selalu cuci tangan dengan sabun dan air bersih mengalir setiap sebelum makan dan seusai ke kamar mandi.

Jika Anda memiliki hewan peliharaan, pastikan terlindung dari cacingan. Selain itu, bersihkan feses mereka dengan cara yang benar agar tidak menjadi sumber penyakit dan kontaminasi lingkungan.

Hindari pula konsumsi air yang terkontaminasi. Larva dari cacing pita bisa saja menginfeksi lewat media cairan.
Terakhir, pastikan selalu memasukkan menu makanan sehat dalam kebutuhan harian Anda dan keluarga.

Mengonsumsi menu makanan sehat tak hanya membuat Anda tidak mudah sakit dan selalu bugar, juga menghindari risiko infeksi semacam ini.

Independent. https://www.independent.co.uk/life-style/health-and-families/features/tapeworms-cestodes-humans-symptoms-causes-treatment-avoid-infection-larvae-a6729991.html
Diakses pada 4 Juli 2019

Independent. https://www.independent.co.uk/life-style/health-and-families/health-news/brain-surgery-saves-man-after-a-live-tapeworm-was-found-inside-his-brain-a6721976.html
Diakses pada 4 Juli 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/170461.php
Diakses pada 4 Juli 2019

WebMD. https://www.webmd.com/digestive-disorders/tapeworms-in-humans#1
Diakses pada 4 Juli 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed