Berkenalan dengan Butylene Glycol, Si Pelembap yang Termahsyur

Butylene glycol adalah sejenis alkohol
Butylene glycol banyak ditemukan di berbagai produk, mulai dari krim anti-aging hingga tabir surya

Berbagai produk perawatan kulit mengandung zat-zat tertentu yang mungkin sudah akrab bagi Anda. Salah satunya, yakni butylene glycol. Apa fungsi dari zat ini?

Apa itu butylene glycol?

Butylene glycol adalah jenis alkohol yang sering ditambahkan ke berbagai produk kecantikan dan perawatan tubuh. Zat ini bisa kita temukan di sampo, kondisioner, losion, serum antipenuaan, hingga tabir surya.

Butylene glycol sering terkandung dalam tabir surya
Butylene glycol sering terkandung dalam produk tabir surya

Alasan butylene glycol sering dimasukkan ke produk perawatan kulit tersebut adalah kemampuannya untuk melembapkan kulit dan rambut. Selain itu, zat ini juga dapat bekerja sebagai pelarut, sehingga bahan lain pun tidak akan menggumpal dalam produk tersebut.

Fungsi butylene glycol dalam produk perawatan kulit

Butylene glycol ditambahkan ke berbagai produk perawatan dan kecantikan karena beberapa alasan berikut ini:

1. Butylene glycol adalah penurun kekentalan (viskositas) produk

Viskositas merupakan istilah dalam fisika dan kimia untuk menjelaskan seberapa menempelnya bahan-bahan dalam sebuah campuran dan larutan. Butylene glycol membantu zat-zat tersebut untuk tidak terlalu menempel satu sama lain. Dengan begitu, produk tersebut akan lebih encer dan rata.

2. Butylene glycol sebagai humectant

Apabila Anda seorang skin care junkie, istilah “humectant” tentu tak awam lagi. Humectants adalah zat pelembap yang bekerja dengan menarik dan mengikat kelembapan dari udara menuju lapisan kulit. Nah, butylene glycol adalah salah satu humectant yang mampu mengondisikan kulit dan melapisi bagian teratasnya.

3. Butylene glycol merupakan pelarut

Sesuai namanya, pelarut dapat menjaga konsistensi cairan dalam sebuah campuran zat kimia. Butylene glycol, sebagai pelarut, membantu bahan aktif dalam sebuah produk tetap larut dan tersebar dengan merata.

Manfaat butylene glycol untuk menangani jerawat

Anda mungkin sering menemukan butylene glycol dalam produk pelembap untuk mengatasi kulit berjerawat. Sebenarnya, butylene glycol bukanlah zat aktif yang langsung menangani jerawat tersebut. Tujuan utama dari pencampuran butylene glycol ke produk ini adalah sifatnya sebagai pelembap dan pelarut

Umumnya, butylene glycol sangat bermanfaat apabila Anda memiliki tipe kulit kering. Selain itu, zat ini juga dapat membantu Anda yang sering mengalami breakout.

Butylene glycol adalah zat yang sering terkandung dalam pelembap
Butylene glycol diklaim dapat menangani jerawat

Walau begitu, terdapat beberapa laporan yang menyebutkan bahwa butylene glycol malah menyumbat pori-pori, mengiritasi kulit, dan memperparah jerawat.

Bagaimanapun, cocok tidaknya suatu zat dalam produk kecantikan akan dikembalikan pada kondisi kulit masing-masing orang. Anda juga bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit sebelum menggunakan produk yang mengandung butylene glycol.

Risiko dan efek samping penggunaan butylene glycol

Butylene glycol yang terkandung dalam produk perawatan umumnya aman dioleskan ke kulit. Walau begitu, seperti zat-zat lain, butylene glycol juga bisa memicu reaksi alergi walaupun tak umum terjadi.

Bagaimana penggunaan butylene glycol untuk ibu hamil?

Belum banyak penelitian yang mengkaji penggunaan butylene glycol untuk ibu hamil. Secara anekdotal atau laporan dari masyarakat, produk-produk glikol (alkohol) tidak disarankan untuk digunakan selama kehamilan.

Anda disarankan untuk berkonsultasi lebih jauh dengan dokter terkait produk kecantikan yang digunakan untuk menghindari dampak yang tidak diinginkan.

Catatan dari SehatQ

Butylene glycol adalah kandungan yang sering ditemukan pada kosmetik dan produk perawatan kulit dan badan. Secara garis besar, zat ini aman untuk digunakan. Butylene glycol dapat membantu mengondisikan kulit dan rambut, melembapkannya, dan melarutkan zat-zat di produk tersebut.

Namun, jika Anda mengalami reaksi alergi dari kulit ketika menggunakan produk kecantikan dengan bahan tersebut, sebaiknya hubungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Bisa jadi Anda alergi zat tersebut atau malah zat lain di dalamnya.

Kondisi-kondisi khusus seperti kehamilan atau penyakit kulit bawaan juga perlu ekstra hati-hati sebelum menggunakan produk dengan kandungan zat ini. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda mengenai produk beserta bahan yang ada di dalamnya jika Anda ragu.

Ingatlah untuk selalu berhati-hati dan menjaga kesehatan kulit Anda dengan tidak sembarangan menggunakan produk palsu ataupun yang mengandung bahan berbahaya.

Healthline. https://www.healthline.com/health/humectant
Diakses pada 4 Februari 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/butylene-glycol
Diakses pada 4 Februari 2020

The Derm Review. https://thedermreview.com/butylene-glycol
Diakses pada 4 Februari 2020

Artikel Terkait