4 Bunga Pengusir Nyamuk yang Bisa Lindungi Anda

Bunga pengusir nyamuk seperti lavender, bisa melindungi Anda dari penyakit akibat gigitan nyamuk.
Salah satu bunga pengusir nyamuk yang bisa Anda pelihara di rumah adalah lavender.

Untuk mencegah berbagai penyakit berbahaya akibat gigitan nyamuk seperti malaria dan demam berdarah, menanam bunga pengusir nyamuk di pekarangan rumah bisa jadi solusi yang tepat. Dengan begini, Anda juga bisa mengurangi penggunaan produk-produk kimiawi untuk mengusir nyamuk-nyamuk nakal.

Bunga pengusir nyamuk, yang bikin nyamuk ogah masuk

Tidak hanya ampuh mengusir nyamuk, berbagai bunga pengusir nyamuk juga terbukti memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Ada Citronella geranium, bunga floss, lavender yang sudah terkenal itu, serta marigold. Mari kenali satu per satu bunga yang bikin nyamuk ogah masuk rumah ini.

1. Citronella geranium

Semua jenis tanaman geranium dapat dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk. Tak terkecuali Citronella geranium. tanaman dengan aroma serupa sereh ini merupakan salah satu obat pengusir nyamuk yang ampuh. Aromanya yang kuat, sangat dibenci oleh nyamuk.

Selain bunganya yang bermanfaat untuk mengusir nyamuk, tanaman geranium ini juga baik bagi kesehatan. Ekstrak minyak geranium bermanfaat untuk mengurangi tanda penuaan seperti kerutan wajah, meredakan nyeri otot, menenangkan pikiran dan mengatasi infeksi bakteri.

2. Bunga floss

Penampilannya yang berwarna ungu dan cantik membuat bunga floss atau Ageratum houstounianum dapat dijadikan sebagai salah satu tanaman hias yang siap memperindah pekarangan rumah Anda.

Aromanya yang khas, membuat tanaman ini begitu digemari kupu-kupu dan burung kolibri. Namun tidak bagi kawanan nyamuk. Sebab, aroma bunga floss membuat nyamuk takut dan menjauh, sehingga tanaman ini dapat dijadikan salah satu bunga pengusir nyamuk yang bisa Anda koleksi.

3. Lavender

Meski aromanya sangat menyegarkan, lavender merupakan salah satu bunga yang dibenci nyamuk. Obat pengusir nyamuk ini mengandung senyawa linalool dan lynalyl asetat yang tidak disukai oleh nyamuk.

Tak hanya nyamuk, lalat juga tidak menyukai aroma bunga cantik berwarna ungu ini. Selain bermanfaat untuk mengusir nyamuk, lavender juga bersifat antinyeri, antijamur, dan antiseptik.

4. Marigold

Kandungan piretrum dalam bunga marigold dan Calendula officinalis membuat tanaman ini tidak disukai nyamuk dan serangga lainnya.

Selain bermanfaat sebagai obat pengusir nyamuk, tanaman cantik dengan kelopak bunga kuning yang bermekaran ini juga memiliki segudang khasiat bagi kesehatan, termasuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melancarkan pencernaan, merawat kulit serta mengobati infeksi mata dan kulit.

Selain bunga pengusir nyamuk, ada juga tanaman pengusir nyamuk ini

Selain bunga pengusir nyamuk, ada pula tanaman-tanaman yang dikenal efektif mengusir nyamuk. Apa saja tanaman tersebut?

1. Serai

Serai juga bermanfaat untuk mengusir nyamuk,
selain digunakan sebagai bumbu dapur.

 

Selain dikenal sebagai penyedap makanan dan minuman, serai juga bermanfaat sebagai tanaman pengusir nyamuk. Tanaman kaya khasiat ini juga memiliki sifat antibakteri, antijamur, antiradang, antiseptik dan insektisida.

2. Catnip

Catnip atau Nepeta parnassica juga merupakan salah satu tanaman pengusir nyamuk. Sejumlah riset bahkan menyebutkan catnip yang termasuk dalam keluarga mint jauh lebih ampuh ketimbang obat kimia pengusir nyamuk yang dijual di pasaran.

Selain itu, ekstrak tanaman ini juga memiliki sejumlah khasiat bagi kesehatan seperti meredakan kecemasan.

3. Geranium

Aroma geranium yang harum ternyata sangat dibenci nyamuk. Aroma tersebut berasal dari kandungan geraniol dan sitronelol dalam tanaman geranium.

Selain efektif mengusir nyamuk, ekstrak tanaman ini mengandung antioksidan, antibakteri dan antiradang yang berfungsi untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan.

Bumbu dapur juga bisa jadi bahan alami antinyamuk

Selain menanam bunga dan tanaman pengusir nyamuk, Anda juga dapat membuat bahan antinyamuk alami dari bumbu dapur yang efektif mengusir nyamuk. Beberapa bahan alami pengusir nyamuk tersebut antara lain lemon eucalyptus, kayu manis, dan bawang putih.

  • Lemon eucalyptus:

    Salah satu bahan alami antinyamuk yang sudah populer sejak tahun 1940-an yaitu minyak lemon eucalyptus. Penelitian Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mengungkapkan bahwa minyak lemon eucalyptus dapat memberikan perlindungan sebesar 95 % dalam melawan gigitan nyamuk selama tiga jam.
  • Kayu manis:

    Sebuah riset mengungkapkan, minyak kayu manis efektif mengusir nyamuk dan membunuh telur-telur nyamuk.
  • Bawang putih:

    Bawang putih juga dapat digunakan untuk mengusir nyamuk. Karena aromanya yang menyengat, Anda dapat memadukan bawang putih dengan minyak lavender untuk mengusir nyamuk.

Catatan dari SehatQ

Jika keberadaan nyamuk sudah sangat mengganggu Anda dan keluarga, bahkan muncul kejadian demam berdarah, segera laporkan pada pengurus RT setempat. Dengan demikian, lingkungan tempat tinggal Anda bisa mendapatkan fogging untuk mengusir nyamuk.

Healthline.
https://www.healthline.com/health/geranium-oil
Diakses pada 18 Februari 2020

Healthline.
https://www.healthline.com/health/citronella-oil
Diakses pada 18 Februari 2020

Asian Pacific Journal of Tropical Disease.
https://www.researchgate.net/publication/257747216_In_vitro_antioxidant_activity_of_Ageratum_houstonianum_Mill_Asteraceae
Diakses pada 18 Februari 2020

Scribd.
The Effectiveness of Marigold Plant as An Alternative Mosquito Repellant
https://www.scribd.com/doc/210241483/The-Effectiveness-of-Marigold-Plant-as-An-Alternative-Mosquito-Repellant
Diakses pada 18 Februari 2020

Healthline.
https://www.healthline.com/health/kinds-of-natural-mosquito-repellant#citronella
Diakses pada 18 Februari 2020

Artikel Terkait