logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Hidup Sehat

5 Bunga Pengusir Nyamuk yang Cocok Ditanam di Rumah

open-summary

Bunga pengusir nyamuk bantu cegah hewan kecil mematikan ini masuk ke dalam rumah. Kamu pun bisa sekaligus mempercantik taman di rumah dengan warna-warnanya.


close-summary

4

(8)

18 Mei 2022

| Aditya Prasanda

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Bunga pengusir nyamuk

Tanam bunga pengusir nyamuk di rumah

Table of Content

  • Bunga pengusir nyamuk
  • Selain bunga, ini tanaman pengusir nyamuk
  • Bumbu dapur juga bisa jadi bahan alami antinyamuk
  • Cara membasmi nyamuk
  • Catatan dari SehatQ

Untuk mencegah berbagai penyakit berbahaya akibat gigitan nyamuk seperti malaria dan demam berdarah, menanam bunga pengusir nyamuk di pekarangan rumah bisa jadi solusi yang tepat. Dengan begini, Anda juga bisa mengurangi penggunaan produk-produk kimiawi untuk mengusir nyamuk-nyamuk nakal.

Advertisement

Bunga pengusir nyamuk

Tidak hanya ampuh mengusir nyamuk, berbagai tanaman pengusir nyamuk juga terbukti memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Ada Citronella geranium, bunga floss, lavender yang sudah terkenal itu, serta marigold. Mari kenali satu per satu bunga yang bikin nyamuk ogah masuk rumah ini.

1. Citronella geranium

Semua jenis tanaman geranium dapat dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk. Tak terkecuali Citronella geranium. Tanaman yang memiliki aroma serupa sereh ini merupakan salah satu obat pengusir nyamuk yang ampuh. Aromanya yang kuat, sangat dibenci oleh nyamuk.

Selain bunganya yang bermanfaat untuk mengusir nyamuk, tanaman geranium ini juga baik bagi kesehatan. Ekstrak minyak geranium bermanfaat untuk mengurangi tanda penuaan seperti kerutan wajah, meredakan nyeri otot, menenangkan pikiran dan mengatasi infeksi bakteri.

2. Bunga floss

Penampilannya yang berwarna ungu dan cantik membuat bunga floss atau Ageratum houstounianum dapat dijadikan sebagai salah satu tanaman hias yang siap memperindah pekarangan rumah Anda.

Aromanya yang khas, membuat tanaman ini begitu digemari kupu-kupu dan burung kolibri. Namun tidak bagi kawanan nyamuk. Sebab, aroma bunga floss membuat nyamuk takut dan menjauh, sehingga tanaman ini dapat dijadikan salah satu bunga anti nyamuk yang bisa Anda koleksi.

3. Lavender

Meski aromanya sangat menyegarkan, lavender merupakan salah satu bunga yang dibenci nyamuk. Obat pengusir nyamuk ini mengandung senyawa linalool dan lynalyl asetat yang tidak disukai oleh nyamuk.

Tak hanya nyamuk, lalat juga tidak menyukai aroma bunga cantik berwarna ungu ini. Selain bermanfaat untuk mengusir nyamuk, bunga lavender juga bersifat antinyeri, antijamur, dan antiseptik.

4. Marigold

Kandungan piretrum dalam bunga marigold dan Calendula officinalis membuat tanaman ini tidak disukai nyamuk dan juga berperan sebagai pengusir serangga. 

Selain bermanfaat sebagai obat pengusir nyamuk, tanaman cantik dengan kelopak bunga kuning yang bermekaran ini juga memiliki segudang khasiat bagi kesehatan, termasuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melancarkan pencernaan, merawat kulit serta mengobati infeksi mata dan kulit.

5. Tahi ayam

Tahi ayam atau lantana camara adalah bunga yang tidak disukai nyamuk yang sudah terbukti ampuh. Sebuah riset yang dirilis dalam The Journal of American Mosquito Control Association, ekstrak bunga tahi ayam yang dicampurkan dengan minyak kelapa mampu memberikan 94,5 persen proteksi dari nyamuk Aedes albopictus dan Aedes aegypti.

Baca juga: Mengenal Nyamuk Aedes Aegypti yang Berbahaya Menyebar Penyakit

Selain bunga, ini tanaman pengusir nyamuk

Selain bunga, ada pula tanaman lain yang dikenal efektif mengusir nyamuk. Apa saja tanaman tersebut?

1. Serai

serai pengusir nyamuk
Taruh serai di sudut rumah untuk usir nyamuk

Selain dikenal sebagai penyedap makanan dan minuman, Cymbopogon nardus atau serai wangi juga bermanfaat sebagai tanaman pengusir nyamuk di rumah. Tanaman herbal kaya khasiat ini juga memiliki sifat antibakteri, antijamur, antiradang, antiseptik dan insektisida.

2. Catnip

Catnip atau Nepeta parnassica juga merupakan salah satu tanaman pengusir nyamuk. Sejumlah riset bahkan menyebutkan catnip yang termasuk dalam keluarga mint jauh lebih ampuh ketimbang obat kimia pengusir nyamuk yang dijual di pasaran.

Selain itu, ekstrak tanaman ini juga memiliki sejumlah khasiat bagi kesehatan seperti meredakan kecemasan.

3. Geranium

Aroma geranium yang harum ternyata sangat dibenci nyamuk. Aroma tersebut berasal dari kandungan geraniol dan sitronelol dalam tanaman geranium.

Selain efektif mengusir nyamuk, ekstrak tanaman ini mengandung antioksidan, antibakteri dan antiradang yang berfungsi untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan.

Bumbu dapur juga bisa jadi bahan alami antinyamuk

Selain menanam bunga anti nyamuk dan tanaman pengusir nyamuk, Anda juga dapat membuat bahan antinyamuk alami dari bumbu dapur yang efektif mengusir nyamuk. Beberapa bahan alami pengusir nyamuk tersebut antara lain lemon eucalyptus, kayu manis, dan bawang putih.

Lemon eucalyptus

Salah satu bahan alami antinyamuk yang sudah populer sejak tahun 1940-an yaitu minyak lemon eucalyptus. Penelitian Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mengungkapkan bahwa minyak lemon eucalyptus dapat memberikan perlindungan sebesar 95 % dalam melawan gigitan nyamuk selama tiga jam.

Kayu manis

Sebuah riset mengungkapkan, minyak kayu manis efektif mengusir nyamuk dan membunuh telur-telur nyamuk. Tanaman antinyamuk ini juga sering dipakai untuk produk pengusir nyamuk.

Bawang putih

Bawang putih juga dapat digunakan untuk mengusir nyamuk. Karena aromanya yang menyengat, Anda dapat memadukan bawang putih dengan minyak lavender untuk mengusir nyamuk.

Baca juga: Kenali Bahaya Obat Nyamuk Bakar bagi Kesehatan

Cara membasmi nyamuk

Selain menanam maupun membuat ramuan khusus antinyamuk, Anda juga dapat melakukan beberapa hal berikut ini agar rumah senantiasa terbebas dari serangan nyamuk.

1. Waspadai genangan air di sekitar rumah

Genangan air merupakan sumber tempat, di mana nyamuk berkembang biak. Alangkah baiknya, jika Anda melakukan pencegahan perkembangbiakan nyamuk dengan membersihkan maupun menutup genangan air di sekitar rumah. Anda dapat menutup rapat tempat penampungan air setelah digunakan. Tidak lupa untuk secara rutin menguras bak mandi, kolam renang, maupun tempat penampungan air lainnya. Perlu diperhatikan juga, jika musim hujan tiba, segera buang genangan air di sekitar rumah.

2. Menjaga kebersihan dan kerapian rumah

Tanpa Anda sadari, kebiasaan yang sering kali dilakukan, seperti menggantung baju di balik pintu, dapat memperburuk kondisi. Pasalnya, nyamuk senang berada di tempat yang gelap dan gelap, seperti di tumpukan barang, gudang, dan tempat pakaian kotor. Menjaga kebersihan dan kerapian rumah dapat menjadi salah satu cara membasmi nyamuk yang cukup efektif.

3. Pasang penghalang nyamuk

Memasang kawat antinyamuk pada ventilasi jendela maupun kelambu di tempat tidur, juga dapat mencegah Anda dan keluarga dari gigitan nyamuk.

Baca juga: Pertolongan Pertama Terkena Racun Obat Nyamuk Semprot

Catatan dari SehatQ

Jika keberadaan nyamuk sudah sangat mengganggu Anda dan keluarga, bahkan muncul kejadian demam berdarah, segera laporkan pada pengurus RT setempat. Dengan demikian, lingkungan tempat tinggal Anda bisa mendapatkan fogging untuk mengusir nyamuk.

Advertisement

gigitan nyamukherbaltanaman obat

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved