Olahraga yang Berisiko Menggugurkan Kandungan Ini Harus Dihindari Bumil


Olahraga yang dapat menggugurkan kandungan tentu saja harus dihindari bumil. Yang terlihat sederhana pun ternyata bisa membahayakan ibu dan janin. Apa saja olahraga yang dimaksud?

(0)
15 Nov 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Olahraga yang dapat menggugurkan kandungan dan berbahaya bagi bumil antara lain adalah basketOlahraga yang dapat menggugurkan kandungan dan berisiko bagi bumil adalah basket
Olahraga yang dapat menggugurkan kandungan tentunya harus masuk daftar pantangan bagi bumil. Berolahraga memang sangat baik dilakukan untuk menjaga tubuh tetap bugar, termasuk ketika Anda sedang hamil.Namun ternyata, ada sederet olahraga dan aktivitas yang mesti dihindari, demi menjaga kesehatan dan keselamatan janin yang sedang berada di dalam rahim.

Olahraga yang dapat menggugurkan kandungan, ini daftarnya

Olahraga dan keguguran sendiri masih menjadi kontroversi di kalangan praktisi kesehatan karena berbedanya hasil berbagai penelitian. Di satu sisi, keguguran biasanya disebabkan oleh kelainan kromosom pada calon janin, sehingga embrio tidak bisa berkembang.Namun di sisi lain, tidak dipungkiri bahwa gerakan maupun aktivitas tertentu yang terlalu intens dapat mengganggu perkembangan janin sehingga harus dimodifikasi atau diganti agar kehamilan Anda tetap aman.
Hati-hati, bersepeda ternyata berisiko menggugurkan kandungan
Setiap ibu hamil memiliki kondisi berbeda-beda sehingga latihan fisik yang boleh dilakukan juga tidaklah sama. Oleh karena itu, untuk mengetahui secara pasti olahraga yang aman bagi Anda saat hamil, sebaiknya berkonsultasilah dengan bidan atau dokter.Menurut praktisi kesehatan, olahraga yang baik bagi ibu hamil adalah gerakan yang dapat meningkatkan kekuatan, stamina, kelenturan, dan keahlian dalam melakukan gerakan olahraga tertentu. Namun, ibu hamil sebaiknya menghindari olahraga high impact agar tidak berdampak buruk pada perkembangan janin di dalam rahim.Berikut ini jenis aktivitas maupun olahraga yang dapat menggugurkan kandungan.

1. Sepakbola dan basket

Kedua jenis olahraga ini sangat rawan membuat Anda mengalami benturan atau tabrakan dengan sesama pemain sehingga dapat membahayakan kandungan dan janin di dalamnya. Sepakbola, basket, dan olahraga lain yang rawan benturan ini sebaiknya Anda hindari jika perut sudah mulai buncit (biasanya di bulan keempat kehamilan).

2. Bersepeda

Bersepeda, naik kuda, apalagi balap motor dikatakan sebagai olahraga yang dapat menggugurkan kandungan. Bukan karena posisinya yang mengangkang, melainkan karena olahraga-olahraga ini berisiko membuat Anda terjatuh. Jika Anda menyukai aktivitas bersepeda, coba ganti dengan latihan di rumah saja menggunakan sepeda statis.Terjatuh di trimester pertama mungkin tidak akan membuat Anda keguguran. Meskipun demikian, terjatuh saat Anda sudah memasuki trimester kedua atau ketiga dapat mengakibatkan terjadinya abrupsi plasenta yang membahayakan janin.

3. Lompat tali dan trampolin

Saat Anda hamil, persendian akan lebih rapuh sehingga rentan mengalami pegal-pegal dan cedera jika beraktivitas terlalu berat. Selain itu, melompat-lompat dan mengangkat kaki terlalu tinggi dikhawatirkan ‘mengguncang’ rahim, sehingga membuat Anda mudah terjatuh.

4. Sit up dan push up

Penggolongan push up sebagai olahraga yang dapat menggugurkan kandungan memiliki alasan yang logis, karena dapat menekan perut ibu hamil. Sementara itu, sit up juga tidak direkomendasikan karena dapat menekan perut dan dikhawatirkan mengakibatkan suplai oksigen ke janin terganggu, terutama saat berbaring dalam waktu lama dengan kondisi perut yang kian buncit.

5. Naik gunung (hiking)

Menghirup udara segar pegunungan memang baik untuk kesehatan fisik dan mental, tapi ibu hamil tidak disarankan memilih hiking sebagai olahraga rutin saat mengandung. Sebaiknya, ibu hamil yang berada di atas ketinggian 6.000 kaki di atas permukaan laut lebih rentan mengalami gejala mabuk ketinggian, seperti:
  • Pusing
  • Mual dan muntah
  • Lelah
  • Mata berkunang-kunang
  • Sesak napas
Jika Anda mengalami gejala tersebut saat tengah berjalan-jalan di pegunungan, segera turun ke dataran yang lebih rendah. Bila perlu, periksakan kandungan Anda ke bidan atau dokter terdekat, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

6. Menyelam di laut dalam (scuba diving)

Semakin dalam menyelami lautan, semakin besar tekanan yang akan Anda hadapi. Pada ibu hamil, besarnya tekanan di laut dalam ini dapat membahayakan janin yang sedang dikandungnya, termasuk mengakibatkan munculnya penyakit akibat dekompresi.

Selain jenis olahraga tersebut, bumil juga dilarang menurunkan berat badan

Jangan turunkan berat badan selama kehamilan
Selain keenam olahraga yang dapat menggugurkan kandungan di atas, ibu hamil juga tidak disarankan melakukan setiap aktivitas untuk menurunkan berat badan. Peringatan ini disampaikan oleh para dokter, karena tidak sedikit ibu hamil yang merasa stres ketika melihat lonjakan timbangan selama mengandung. Padahal kenaikan berat badan signifikan ini sangat normal dialami oleh semua ibu hamil.Penting juga bagi ibu hamil untuk berhenti saat merasa lelah dan minum cukup air putih untuk memastikan tubuh terhidrasi dengan baik. Jika Anda memiliki pertanyaan seputar olahraga selama masa kehamilan, konsultasikan dengan dokter atau bidan yang menangani Anda.Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang olahraga yang dapat menggugurkan kandungan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
NHS. https://www.nhs.uk/news/pregnancy-and-child/a-tentative-link-between-exercise-and-miscarriage/
Diakses pada 2 November 2020
Very Well Family. https://www.verywellfamily.com/does-exercise-cause-miscarriages-and-pregnancy-loss-2371373
Diakses pada 2 November 2020
WebMD. https://www.webmd.com/baby/exercise-no-nos-pregnant
Diakses pada 2 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait