Bulu Mata Jatuh ke Dalam Mata? Begini Cara Mengeluarkannya

Saat bulu mata jatuh ke dalam mata, Anda mungkin refleks ingin mengucek mata
Bulu mata jatuh dan masuk ke dalam mata bisa menimbulkan rasa gatal

Pernahkah Anda mengalami bulu mata jatuh dan masuk ke mata? Bulu mata adalah pelindung mata yang bertujuan mencegah partikel atau benda asing yang masuk ke mata. Pada beberapa kondisi, bulu mata bisa jatuh dan masuk ke mata.

Lantas, berbahayakah kondisi tersebut? Bagaimana cara mengeluarkan bulu mata jatuh yang masuk ke mata dengan aman?

Bulu mata jatuh dan masuk ke mata bukan kondisi berbahaya

Bulu mata bisa saja menjadi salah satu benda asing yang masuk ke dalam mata. Kondisi ini dapat terjadi saat kelenjar di dasar bulu mata membantu melumasi mata ketika Anda berkedip. Kemudian, secara tidak sengaja, bulu mata dapat jatuh ke dalam mata dan menjadi terperangkap selama 1-2 menit.

Ketika bulu mata jatuh ke dalam mata, Anda mungkin merasa sensasi rasa gatal atau mengganjal pada kelopak mata. Akibatnya, Anda akan refleks ingin mengucek atau menggosok mata. Tetapi, apakah berbahaya kondisi bulu mata jatuh masuk ke mata? Jawabannya adalah tidak terlalu.

Ketika bulu mata jatuh ke dalam mata, kemungkinan besar bulu mata akan menempel di kornea mata dan konjungtiva. Kornea mata adalah lapisan pelindung yang menutupi permukaan depan bola mata. Sementara, konjungtiva adalah selaput lendir tipis yang melapisi sklera atau area putih mata.

Benda asing, seperti debu atau bahkan bulu mata yang jatuh ke dalam mata, biasanya tidak dapat masuk hingga ke balik bola mata, melainkan hanya jatuh di permukaan kornea. Hal tersebut kemungkinan dapat menimbulkan goresan pada kornea mata.

Goresan bisa menimbulkan kondisi iritasi sehingga membuat mata memerah dan terasa tidak nyaman. Terlebih jika bulu mata tidak kunjung berhasil keluar, risiko iritasi pun bisa saja semakin membesar.

Sebenarnya, bulu mata jatuh ke dalam mata bisa keluar dengan sendirinya secara alamiah. Sebab, mata akan merespon benda asing yang masuk dengan memproduksi air mata. Mata akan terasa lebih berair dan bulu mata akhirnya dapat terdorong keluar.

Namun, terkadang bulu mata juga tidak langsung keluar dengan sendirinya sehingga bersarang di mata dan bisa menimbulkan iritasi yang semakin parah.

Gejala bulu mata jatuh dan masuk ke dalam mata

Anda mungkin tidak menyadari kondisi bulu mata jatuh dan masuk ke dalam mata. Anda dapat menyadari bahwa bulu mata jatuh masuk ke dalam mata saat berkaca di depan cermin, lalu membuka atau menahan bagian atas dan bawah kelopak mata serta menggerakkan mata Anda ke berbagai arah.

Secara umum, saat bulu mata jatuh ke dalam mata, Anda mungkin akan mengalami beberapa gejala di bawah ini:

  • Mata seperti ada yang mengganjal atau rasa tidak nyaman
  • Mata terasa sakit atau sensasi ada yang menusuk
  • Mata jadi berkedip berlebihan
  • Muncul air mata berlebihan
  • Mata memerah

Cara mengeluarkan bulu mata yang jatuh masuk ke dalam mata dengan aman

Banyak orang mengeluarkan bulu mata jatuh yang masuk ke dalam mata dengan cara ditiupkan oleh orang lain.

Perlu diketahui bahwa cara tersebut kurang tepat. Sebab, dapat menimbulkan risiko seperti percikan air liur yang keluar dari mulut orang lain ke area mata dan wajah Anda. Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara mengeluarkan bulu mata jatuh yang tepat dan aman.

Mengeluarkan bulu mata jatuh yang masuk ke dalam mata dengan cara ditiupkan oleh orang lain adalah salah
Pastikan tangan Anda bersih sebelum menyentuh area mata

Namun, sebelum menyentuh area mata untuk mengeluarkan bulu mata jatuh, pastikan Anda mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir hingga bersih. Kemudian, keringkan tangan menggunakan tisu atau handuk bersih.

Jika Anda menggunakan lensa kontak, keluarkan dahulu untuk memastikan lensa kontak Anda tidak tergores atau robek. Lalu, lakukan cara mengeluarkan bulu mata yang jatuh masuk ke dalam mata dengan aman di bawah ini::

  • Sambil menghadap ke cermin, buka mata lebar-lebar dan tahan bagian atas dan bawah kelopak mata menggunakan salah satu jari Anda.
  • Perhatikan dengan saksama, apakah Anda melihat ada sehelai bulu mata yang masuk dan terperangkap di dalam mata atau tidak.
  • Cobalah untuk mengedipkan mata beberapa kali terlebih dahulu agar bulu mata dapat terdorong keluar dengan sendirinya.
  • Apabila Anda merasa bulu mata ada di belakang kelopak mata atas, tarik kelopak mata ke atas. Lalu, gerakkan bola mata ke berbagai arah baik ke atas, bawah, kiri, atau kanan. Ulangi proses ini sebagai cara menggerakkan bulu mata agar dapat berada di tengah mata.
  • Jika bulu mata sudah berada di bagian putih mata atau kelopak mata, gunakan kapas yang sudah dibasahi air untuk mengambilnya dengan lembut. Lakukan proses ini apabila bulu mata berada di bagian putih mata atau kelopak mata. Ingat, jangan menggunakan peralatan, seperti pinset atau benda tajam lainnya, termasuk kuku, untuk mengambil bulu mata yang masuk ke dalam mata, ya.
  • Bila proses di atas atas tidak kunjung berhasil mengeluarkan bulu mata, cobalah untuk membasahi bulu mata tersebut dengan mengalirkan air hangat bersih. Alirkan air hangat dari kening ke mata yang kemasukkan bulu mata seraya menahan kelopak mata tetap terbuka.
  • Atau Anda bisa pula menggunakan eyecup (gelas kecil untuk mencuci mata) yang bersih. Isi eyecup dengan air hangat yang bersih. Tempelkan eyecup pada mata dan kedipkan mata di dalam eyecup.

Pada anak-anak, Anda bisa mengeluarkan bulu mata yang jatuh dan masuk ke dalam mata dengan langkah-langkah berikut ini. Cara di bawah ini juga berlaku bila Anda meminta orang lain untuk membantu mengeluarkannya.

  • Buka mata anak lebar-lebar dan tahan bagian atas dan bawah kelopak mata menggunakan salah satu jari Anda. Minta Si Kecil untuk menggerakkan bola matanya ke berbagai arah, baik ke atas, bawah, kiri, atau kanan.
  • Jika bulu mata sudah berada di bagian putih mata atau kelopak mata, gunakan kapas yang sudah dibasahi air untuk mengambilnya dengan lembut. Lakukan proses ini apabila bulu mata berada di bagian putih mata atau kelopak mata.
  • Bila proses di atas atas tidak kunjung berhasil mengeluarkan bulu mata, cobalah untuk membasahi bulu mata tersebut dengan mengalirkan air hangat bersih. Alirkan air hangat dari kening ke mata yang kemasukkan bulu mata seraya menahan kelopak mata tetap terbuka.

Kapan harus ke dokter spesialis mata?

Pada dasarnya, bulu mata jatuh ke dalam mata biasanya tidak membahayakan dan bisa dikeluarkan sendiri. Namun, jika Anda tidak bisa mengeluarkan bulu mata, lama kelamaan permukaan kornea mata atau konjungtiva dapat tergores.

Selain itu, penggunaan jari tangan yang kotor dan kuku atau benda tajam yang digunakan untuk mengeluarkan bulu mata juga berisiko melukai kelopak atau kornea mata. Kedua faktor tersebut yang dapat meningkatkan risiko konjungtivitis (mata merah), keratitis, atau selulitis orbital.

Jadi, tetaplah waspada apabila timbul kondisi, seperti:

  • Bulu mata tetap terperangkap dan tidak berhasil dikeluarkan selama beberapa jam.
  • Mata memerah dan air mata keluar terus menerus walaupun bulu mata berhasil dikeluarkan.
  • Keluar lendir atau cairan nanah dari mata.
  • Penglihatan menjadi kabur.
  • Mata berdarah.

Segera konsultasikan dengan dokter spesialis mata apabila mengalami kondisi di atas. Dengan ini, dokter akan memberikan penanganan yang tepat pada kondisi bulu mata jatuh ke dalam mata yang Anda alami.

Healthline. https://www.healthline.com/health/eye-health/eyelash-in-eye

Diakses pada 31 Maret 2020

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/first-aid/first-aid/basics/art-20056645

Diakses pada 31 Maret 2020

Artikel Terkait