Bukan Tato di Lengan, Ini Area Tubuh yang Bisa Dibuat Tato Tanpa Rasa Sakit

(0)
Bukan tato di lengan, ada beberapa area tubuh yang dapat dibuat tato tanpa rasa sakitTato di bagian jari sedikit menimbulkan rasa nyeri
Anda sedang berpikir untuk membuat tato pertama kali, tetapi masih diselimuti bayang-bayang rasa sakit yang memilukan saat jarum memasuki kulit? Sebagai pilihannya, Anda mungkin bisa menghindari membuat tato di lengan dan memilih area tubuh lainnya yang tidak begitu terasa sakit saat ditato. Lantas, mana saja bagian tubuh yang dapat dibuat tato tanpa rasa sakit? 

Bukan tato di lengan, ini bagian tubuh yang paling tidak sakit saat ditato

Bagi beberapa orang, tato adalah sebuah karya seni. Akan tetapi, memang tidak semua orang cukup berani dalam membuat tato di lengan atau di permukaan kulit lainnya. Sebab, untuk “membubuhkan” tato di permukaan kulit membutuhkan jarum yang dapat menimbulkan rasa nyeri bagi orang-orang yang tidak tahan sakit. Nah, bagi Anda yang ingin tetap memiliki tato pertama kali tetapi tidak mau merasakan sakitnya, berikut adalah pilihan bagian tubuh yang dapat dibuat tato tanpa rasa sakit:

1. Jari tangan

Sebenarnya, jari termasuk dalam area tubuh yang sakit saat ditato, terutama apabila Anda memilih bagian jari yang dekat dengan tulang. Sebagai solusinya, cobalah pilih bagian jari dekat dengan buku jari. Umumnya, tato di bagian jari tangan tidak seperti tato di lengan. Tato di bagian jari berukuran kecil sehingga desainnya biasanya lebih sederhana. Jadi, proses pembuatan tato dapat lebih cepat dan rasa sakit yang dirasakan tidak akan bertahan lama. Selain itu, tidak ada banyak saraf di ujung bagian punggung jari sehingga rasa nyerinya menjadi lebih ringan. 

2. Pergelangan tangan bagian dalam

Anda dapat memilih pergelangan tangan bagian dalam sebagai area tubuh untuk dibuat tato tanpa sakit. Ini karena kulit pergelangan tangan bagian dalam termasuk tipis dan tidak berada di dekat tonjolan tulang mana pun, tidak seperti pembuatan tato di lengan. 

3. Belakang telinga

Belakang telinga merupakan area tubuh yang jarang diketahui sebagai lokasi pilihan untuk dibuat tato tanpa rasa sakit. Selain jarang diketahui, area belakang telinga lebih memiliki sedikit ujung saraf sehingga rasa sakit yang dialami tidak akan begitu menimbulkan rasa sakit. Anda dapat memamerkan desain tato saat mengenakan tatanan rambut up-do, seperti rambut dicepol atau dikuncir kuda. 

4. Tengkuk leher

Meski tengkuk leher dekat dengan kepala, nyatanya area ini tergolong aman untuk dibuat tato tanpa rasa sakit karena memiliki jumlah saraf yang sedikit. Desain tato di leher akan terlihat cantik dan seksi ketika Anda memiliki rambut pendek atau mencepol rambut Anda yang panjang.

5. Sisi luar bahu

Area tubuh lain yang dapat dibuat tato tanpa rasa sakit adalah sisi luar bahu. Sisi luar bahu memiliki “lemak” atau bantalan daging yang dapat menahan tusukan jarum tato. Selain itu, tidak seperti tato di lengan, bagian tubuh ini tidak memiliki ujung saraf sehingga pengalaman tato pertama Anda tidak akan sesakit yang dibayangkan. 

6. Dada

Dada merupakan area tubuh yang cenderung sedikit menimbulkan rasa sakit apabila akan dibuat tato, baik berukuran kecil atau yang besar menutupi seluruh dada. Tetapi, hindari membuat tato hingga ke area lengan bawah karena lebih sensitif daripada jaringan dada itu sendiri.  

7. Area punggung atas

Area punggung atas menyediakan banyak ruang sebagai kanvas untuk "melukis" desain tato favorit Anda. Sebab, bagian tubuh ini merupakan salah satu area yang memiliki ujung saraf paling sedikit. Jadi, sebesar atau serumit apa pun tato yang akan dibuat akan sedikit menimbulkan rasa sakit. Meski demikian, hindari area tulang belakang di mana tonjolan tulangnya tampak sangat jelas serta pada area ketiak. Kedua area tubuh tersebut memiliki kumpulan ujung saraf yang lebih banyak dibandingkan area punggung lainnya. 

8. Area paha

Bagi Anda yang sedang mempertimbangkan untuk membuat tato tanpa rasa sakit, coba pilih area paha. Area paha biasanya lebih aman untuk dibuat tato tanpa rasa sakit karena ada banyak ruang yang dapat dijadikan sebagai “kanvas” untuk “melukis”.Jika dibandingkan dengan tato di lengan, tingkat rasa nyeri yang dirasakan dapat ditoleransi, termasuk bagi Anda yang tidak tahan terhadap rasa sakit. Namun, sebaiknya hindari area pangkal paha atau selangkangan, termasuk area kelamin. Meski tampak berlemak, rasa sakit yang ditimbulkan pada area tersebut cenderung lebih terasa sakit karena adanya kumpulan saraf dari alat kelamin yang menjalar melewati area ini. 

9. Area pinggul dan perut

Area pinggul, termasuk perut bagian bawah, lingkar pinggul dan pinggang, pusar, hingga punggung bawah, juga menjadi pilihan untuk dibuat tato tanpa sakit. Area pinggul tergolong aman karena memiliki banyak ruang untuk “dilukis” tetapi dapat disembunyikan. Berbeda dengan perut bagian atas dan area dada atas yang memiliki bantalan tipis, daerah pinggul memiliki banyak lapisan lemak ekstra dan tidak terlalu banyak ujung saraf di area ini. 

10. Betis

Area di antara bawah lutut hingga di atas pergelangan kaki adalah pilihan yang baik untuk membuat tato pertama kali tanpa rasa sakit karena memiliki ujung saraf yang sangat sedikit. Terutama jika Anda memilih untuk melukisnya di area terluar betis yang menjauhi tulang. Namun, perlu diingat bahwa tingkat toleransi setiap orang terhadap rasa sakit tentu berbeda-beda. Anda mungkin tidak merasa sakit apabila membuat tato pada area tubuh di atas, tetapi pada beberapa orang lainnya bisa saja menimbulkan rasa sakit yang teramat sangat karena terlalu sensitif terhadap rasa nyeri. 

Hal-hal yang perlu diketahui sebelum membuat tato pertama kali

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum membuat tato pertama kali, yaitu:
  • Memastikan keamanan dan kebersihan studio tempat Anda membuat tato. Pastikan semua jarum tato yang digunakan berasal dari satu paket yang steril dan terjaga kebersihannya.
  • Mencari tahu mengenai tato yang akan Anda dapatkan, baik warna atau kandungan tinta tato, dan lainnya. 
  • Jangan mengonsumsi alkohol atau minum obat (terutama aspirin) pada malam sebelumnya atau saat Anda akan mendapatkan tato. Konsumsi aspirin dapat mengencerkan darah atau menimbulkan perdarahan lebih banyak. 
  • Jangan membuat tato saat Anda sedang dalam kondisi sakit. 
  • Mengikuti semua saran mengenai perawatan tato agar mengurangi risiko terjadinya infeksi atau alergi. 

Bahaya yang mungkin mengintai dalam membuat tato

Jika pembuatan tato dilakukan di studio menggunakan alat yang tidak terjaga kebersihannya maka dapat meningkatkan risiko tertentu. Berikut adalah beberapa risiko bahaya yang mengintai apabila membuat tato menggunakan alat yang tidak steril:

1. Infeksi

Risiko bahaya yang mengintai apabila membuat tato dengan alat yang tidak steril adalah meningkatkan terjadinya infeksi virus, bakteri, hingga jamur. Mulai dari HIV, hepatitis C, impetigo, infeksi bakteri, hingga gangguan pada mata, paru-paru, hingga organ tubuh lainnya. 

2. Reaksi alergi

Beberapa orang mungkin mengalami alergi terhadap penggunaan tinta tato. Zat pewarna atau logam yang digunakan untuk menato tubuh dapat menyebabkan kemerahan, pembengkakan, atau ruam di kulit. 

Catatan dari SehatQ

Bagi Anda yang ingin membuat tato tetapi tidak ingin merasakan nyerinya, mungkin selain tato di lengan, pilihan area tubuh di atas dapat menjadi pilihan tato tanpa rasa sakit. Namun, pastikan Anda mempertimbangkan risiko bahaya yang mengintai di baliknya, ya. Tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membuat tato. 
perawatan kulit
New Health Advisor. https://www.newhealthadvisor.org/least-painful-places-for-tattoos.html
Diakses pada 23 Juni 2020
Web Md. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/ss/slideshow-before-you-tattoo
Diakses pada 23 Juni 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait