Bukan Skincare Khusus Kulit Kering, Hydrating Toner Penting untuk Siapa Saja

Anda bisa mengaplikasikan hydrating toner dengan cara menuangkannya ke kapas kemudian ditepuk-tepukan ke wajah
Tuangkan hydrating toner ke kapas dan aplikasikan sebelum memakai rangkaian skincare lainnya

Seperti namanya, hydrating toner berfungsi untuk membuat kulit terhidrasi. Hydrating toner bisa digunakan pagi dan malam hari, tidak seperti exfoliating toner yang sifatnya lebih keras dan terkadang hanya bisa dipakai beberapa kali dalam seminggu.

Hal itu pula yang membedakan antara hydrating toner dan exfoliating toner. Jika hydrating toner lebih bersifat melembapkan, exfoliating toner berfungsi mengangkat sel kulit mati sehingga tidak direkomendasikan dipakai setiap hari. Meski demikian, memakai toner tetap merupakan tahapan krusial dalam skincare.

Menjaga kelembapan kulit

Pernahkah Anda merasakan kulit seperti tertarik dan cenderung kering setelah mencuci muka saat mandi? Hydrating toner bisa mengembalikan kulit kembali normal, itulah mengapa hydrating toner boleh digunakan saat pagi dan malam hari sebelum tidur.

Tak hanya melembapkan, hydrating toner juga bisa mengangkat kotoran yang mungkin saja masih tertinggal meski telah mencuci muka (cleansing). Urutan memakai skincare secara umum adalah:

  1. Membersihkan muka dengan oil-based cleanser
  2. Membersihkan muka dengan water-based cleanser (cuci muka)
  3. Setelah kering, muka diberi hydrating toner
  4. Baru dilanjutkan ke tahap selanjutnya seperti essence, ampoule, dan lainnya sesuai dengan skincare yang dimiliki

Perlu diingat pula bahwa hydrating toner bukan hanya untuk mereka yang memiliki jenis kulit kering. Toner yang satu ini bisa dipakai oleh siapa pun, baik yang berkulit kering, kombinasi, atau berminyak sekalipun.

Menyeimbangkan pH kulit

Hal lain yang membuat hydrating toner penting adalah membantu menyeimbangkan pH kulit, yaitu sekitar 5.5. Paparan polusi, makeup, juga produksi minyak alami wajah bisa mengubah pH wajah. Namun dengan memakai toner, pH kulit bisa kembali seimbang.

Keseimbangan pH ini penting untuk memastikan kulit wajah tidak terlalu kering karena produksi minyak berlebih, sekaligus melindungi dari polusi udara.

Membantu penyerapan skincare

Jika kulit wajah diibaratkan seperti sponge, akan lebih mudah menyerap kandungan skincare jika dalam kondisi lembap. Itulah peran hydrating toner yang membuat kulit kering menjadi lebih lembap. Dengan demikian, rangkaian skincare berikutnya seperti essence, pelembap, atau ampoule bisa terserap dengan optimal.

Apa jadinya jika skincare diaplikasikan namun tanpa diberi hydrating toner sebelumnya? Justru, produk-produk itu akan menumpuk di kulit wajah dan membuatnya semakin kering. Artinya, produk-produk itu tidak bisa menyerap masuk ke dalam kulit.

Cari hydrating toner sesuai kebutuhan

Ada beragam merek hydrating toner di pasaran dengan kandungan yang berbeda-beda. Intinya, kandungan hydrating toner membuatnya mudah masuk ke dalam kulit sehingga langsung terhidrasi dalam waktu singkat. 

Selalu gunakan hydrating toner setelah mencuci muka, baik di pagi hari saat selesai mandi atau malam hari sebelum tidur. Jika menggunakan exfoliating toner, pakai hydrating toner sesudahnya untuk menenangkan kembali kulit wajah.

Sebaiknya, jangan beri jarak terlalu lama antara mencuci muka (cleansing) dengan memakai hydrating toner. Molekul dari hydrating toner akan masuk ke dalam kulit lebih baik jika kondisinya masih lembap. 

Cara mengaplikasikan hydrating toner idealnya dengan menuangkannya ke telapak tangan kemudian ditepuk-tepuk ke wajah perlahan. Meski demikian, ada juga yang memilih mengaplikasikan hydrating toner dengan menggunakan kapas.

Pilihlah hydrating toner dengan kandungan yang sesuai kondisi kulit masing-masing. Apa yang cocok untuk orang lain bukan jaminan akan cocok untuk Anda. Kenali kandungan dari hydrating toner incaran Anda untuk tahu apakah ini akan jadi andalan dalam rangkaian skincare Anda tiap pagi dan malam hari.

Allure. https://www.allure.com/story/what-is-toner
Diakses 15 Maret 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skincare/what-is-a-toner-skin-benefits#7
Diakses 15 Maret 2020

Today. https://www.today.com/shop/6-reasons-why-you-should-use-facial-toner-t73941
Diakses 15 Maret 2020

Artikel Terkait