Cara Menjaga Kesehatan Kaki agar Bersih dan Sehat yang Mudah Dilakukan


Cara menjaga kesehatan kaki perlu dilakukan oleh setiap orang agar terhindar dari berbagai masalah kaki, seperti kulit kaki kering, kaki pecah-pecah, hingga cantengan. Cara merawat kaki bisa dengan perawatan sederhana di rumah, seperti menjaga kebersihan kaki, memotong kuku, mengoleskan pelembap, dan lainnya.

0,0
01 Aug 2021|Azelia Trifiana
Kaki cantik bisa dimiliki dengan cara merawat kakiCara menjaga kesehatan kaki dengan tepat bisa membuat kaki sehat dan bersih
Cara menjaga kesehatan kaki perlu dilakukan oleh setiap orang. Pasalnya, sepasang kaki tak kalah “bekerja keras” menopang tubuh dalam melakukan berbagai aktivitas, termasuk berjalan, berlari, sampai berolahraga. Sayangnya, masih banyak orang yang luput dalam melakukan berbagai cara merawat kaki. Padahal, kesehatan kaki yang tidak optimal dapat berdampak pada kegiatan Anda sehari-hari. Bahkan, bukan tak mungkin, kaki akan rentan mengalami sejumlah masalah. Misalnya, kulit kaki kering, kaki pecah-pecah, bau kaki, hingga cantengan serta infeksi jamur kuku. Maka dari itu, penting untuk menerapkan berbagai cara merawat kaki dengan tepat. 

Cara menjaga kesehatan kaki melalui perawatan sederhana

Sebenarnya, menjaga kesehatan kaki tidaklah sulit. Ada berbagai perawatan sederhana yang mudah untuk dilakukan di rumah. Berikut adalah berbagai cara merawat kaki yang dapat dilakukan untuk memperoleh kaki cantik dan sehat. 

1. Jaga kebersihan kaki

Cara merawat kaki dengan menggosok kaki
Gosokkan kaki secara lembut untuk mengikis kulit mati
Salah satu cara menjaga kesehatan kaki yang paling utama adalah menjaga kebersihan kaki secara rutin. Hal ini berarti Anda perlu membersihkan telapak kaki sampai ke sela-sela jarinya menggunakan air hangat dan sabun.Anda juga dapat merendam kedua kaki dalam sebuah wadah berisi air hangat selama 15-20 menit. Jangan terlalu lama merendam kaki karena permukaan kulit bisa kering. Kemudian, gosokkan area kaki secara lembut menggunakan batu apung untuk mengikis kulit mati sekaligus mengatasi tumit pecah-pecahLangkah ini juga berguna untuk mencegah masalah kapalan dan mata ikan di kaki. Namun, jangan melakukan perawatan kaki ini terlalu keras karena bisa meningkatkan risiko kulit kaki lecet, bahkan infeksi. Jika sudah, jangan lupa keringkan area kaki menggunakan handuk secara perlahan. 

2. Oleskan krim pelembap

Setelah membersihkan kaki menggunakan air dan sabun, segera oleskan krim pelembap sebagai bagian dari perawatan kaki. Penggunaan pelembap bertujuan untuk merawat kaki agar tetap sehat dan terasa halus. Oleskan pelembap sesaat setelah mandi atau membersihkan kaki secukupnya. Anda dapat menggunakan lotion atau krim. Selanjutnya, Anda dapat membungkus kaki sekitar 1-2 jam untuk memaksimalkan proses pelembapan. 

3. Potong kuku kaki secara rutin

Untuk menjaga kesehatan kaki agar bersih dan cantik, Anda juga disarankan untuk memotong kuku kaki secara rutin sebagai bagian dari perawatan kaki. Jika kuku kaki mulai memanjang atau terasa tidak nyaman, segera gunting kuku dengan tepat. Idealnya, potong kuku dengan arah lurus dan tidak terlalu pendek sehingga mengurangi risiko kuku tumbuh ke arah dalam atau cantengan. Setelah itu, ratakan bagian pinggir kuku dengan alat khusus. Selalu bersihkan alat pemotong kuku secara rutin menggunakan cairan alkohol, baik sebelum dan sesudah digunakan, agar bebas dari sisa-sisa kotoran. 

4. Pilih alas kaki yang tepat

Pastikan Anda memilih alas kaki yang tepat, yakni terasa pas dan nyaman di kaki. Pilihlah sepatu dengan bentuk yang lebar agar memberi ruang yang luas untuk jari-jari kaki. Jika memang harus mengenakan sepatu hak tinggi, pilih yang bentuk haknya cukup tebal untuk menjaga keseimbangan dan mencegah cedera pada kaki dan tulang belakang. Sebab, kebiasaan memakai sepatu hak tinggi kerap menimbulkan rasa nyeri di pinggul, lutut, dan punggung. Bahkan, dalam jangka panjang, dapat mengubah pergelangan kaki dan tulang-tulang di sekitarnya.
Pilih alas kaki yang tepat sebagai cara menjaga kaki
Gunakan alas kaki yang nyaman dan tepat agar terhindar dari masalah
Sebaiknya, hindari terlalu sering memakai alas kaki dengan ujung lancip karena bisa membuat jari menjadi kaku. Begitu pula dengan penggunaan alas kaki datar yang justru dapat berisiko menimbulkan masalah pada kaki, seperti kulit pecah-pecah, penebalan kulit, hingga melukai tendon.Tak kalah penting, sesuaikan juga jenis alas kaki atau sepatu dengan aktivitas yang dilakukan. Segera ganti alas kaki bila terasa tidak nyaman. Jika dibiarkan terus-menerus dalam jangka panjang, dapat menyebabkan kaki nyeri dan masalah struktur kaki.

5. Jaga kaki tetap kering

Cara merawat kaki juga penting untuk menjaganya tetap dalam kondisi kering. Ini artinya, Anda harus mengeringkan seluruh bagian kaki sampai ke sela-sela jari. Jika permukaan kaki Anda mudah berkeringat, cari jenis alas kaki atau kaos kaki yang dapat menyerap keringat dengan cepat. Kaki yang berkeringat dapat memunculkan keluhan, seperti iritasi, lentingan kulit, hingga infeksi jamur. 

6. Pijat kaki 

Anda dapat memijat kaki sebagai salah satu cara merawat kaki agar tetap sehat. Memijat kaki dapat membantu melancarkan peredaran darah dan mengurangi otot kaki yang tegang. Anda bisa melakukan pijat kaki di rumah, atau menggunakan bantuan ahlinya. 

7. Gerakkan kaki 

Gerakkan kaki sebagai cara menjaga kesehatan kaki
Jalan kaki selama 30 menit secara rutin untuk menjaga kesehatan kaki
Cara menjaga kesehatan kaki juga perlu diiringi dengan melakukan olahraga ringan. Oleh karena itu, penting untuk melakukan peregangan secara rutin sebagai perawatan kaki sehari-hari. Langkah ini dapat mencegah kram otot dan memperkuat otot-otot kaki yang kaku.Tidak perlu melakukan olahraga yang berat, Anda bisa melakukan jalan cepat selama 30 menit minimal 3 kali seminggu. Selain itu, melakukan peregangan kaki dalam posisi duduk juga tetap dapat dilakukan. Coba gerakkan kaki dengan berputar membentuk lingkaran selama beberapa menit. Kemudian, angkat dan turunkan bergantian selama beberapa detik. Gerakan ini dapat mengalirkan darah kembali ke jantung. Hindari pula berdiri terlalu lama. 

8. Perhatikan cara menggunakan cat kuku kaki

Jika Anda terbiasa mempercantik kuku kaki menggunakan cat kuku atau kutek, waspadai risiko terjadinya perubahan warna kuku. Untuk itu, coba gunakan warna kutek dasar atau base coat sebelum mengoleskan kuteks berwarna, terutama yang berwarna gelap. Apabila ada tanda-tanda perubahan warna kuku, hentikan dulu penggunaan kuteks untuk sementara.Perubahan warna kuku kaki bisa terjadi akibat adanya infeksi jamur. Untuk menyiasatinya, gunakan salep, balsam, atau tea tree oil khusus mencegah menyebarnya jamur.

9. Perhatikan pola makan

Ternyata, cara merawat kaki melalui pola makan yang tepat juga berpengaruh terhadap kesehatan kaki Anda secara keseluruhan. Oleh sebab itu, coba konsumsi makanan kaya vitamin B12, vitamin C, vitamin E, zinc, dan biotin. [[artikel-terkait]]Cara merawat kaki perlu dilakukan untuk menjaganya tetap bersih dan sehat. Jika Anda memiliki luka pada kaki yang terasa nyeri, coba minum obat paracetamol untuk mengurangi rasa sakit sembari mengistirahatkan kaki. Ketika muncul kemerahan, pembengkakan, atau perubahan warna yang tidak hilang selama beberapa hari, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ untuk mencari tahu lebih lanjut seputar keluhan medis pada kaki atau ingin mengetahui cara merawat kaki lainnya. Caranya, unduh aplikasi sekarang melalui App Store dan Google Play.
hidup sehatpola hidup sehatkakipenyakit kakikaki keram
Foot. https://www.foot.com/8-smart-ways-to-have-beautiful-looking-feet/
Diakses 5 Juni 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/tips-for-healthy-feet-footwear-hygiene
Diakses 5 Juni 2020
Web MD. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/healthy-feet-tips
Diakses pada 29 Juli 2021
Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/foot-health/tips-for-healthy-feet.aspx
Diakses apda 29 Juli 2021
Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/how-to-have-pretty-feet-1337693
Diakses 5 Juni 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait