Bukan Sekadar Kaki Cantik, Lakukan Cara Ini untuk Menjaga Kesehatan Kaki

(0)
24 Jun 2020|Azelia Trifiana
Kaki cantik bisa dimiliki dengan menjaga keseahtan kakiMenjaga kesehatan kaki akan membuatnya terlihat cantik
Bukan hanya sekadar kaki cantik, sebenarnya yang jauh lebih penting adalah memiliki kaki yang sehat. Jika dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya, sepasang kaki ini tak kalah “bekerja keras” seharian menopang tubuh dan membuat mobilitas kian mudah. Merawatnya bukan sekadar memastikan bagian luarnya terawat saja, tapi juga sehat dari dalam.Bergantung pada jenis aktivitas dan kebiasaan seseorang, bahkan pilihan alas kaki pun turut berpengaruh terhadap kondisi kaki. Jika terus menerus dipaksakan memakai alas kaki atau sepatu yang tidak sesuai, maka bukan hanya kaki cantik tak bisa didapat, tapi juga kaki rentan mengalami masalah.

Cara menjaga kaki cantik dan sehat

Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kaki cantik dan sehat di antaranya:

1. Pilih sepatu yang tepat

Ketika memilih sepatu, pastikan bola-bola kaki muat dengan nyaman di bagian terluas dalam sepatu. Selain itu, saat mencoba sepatu pastikan ada jarak sekitar satu ruas jari antara jari kaki terpanjang dan bagian depan kaki.Tak kalah penting, sesuaikan juga jenis sepatu dengan aktivitas yang dilakukan. Sepatu santai seperti sneakers atau slip-ons sebaiknya digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Sementara untuk berlari atau olahraga lain, pakai sepatu yang memang peruntukannya spesifik.

2. Tidak terlalu sering memakai sepatu hak tinggi

Meskipun tuntutan profesi mengharuskan Anda memakai sepatu hak tinggi atau high heels, sebaiknya beri jeda untuk kaki beristirahat.Sepatu hak tinggi memang bisa menimbulkan kesan kaki cantik, namun di saat bersamaan dapat mengubah posisi alami pergelangan kaki serta tulang-tulang di sekitarnya.Kebiasaan memakai sepatu hak tinggi dalam jangka panjang juga dapat berpengaruh terhadap kesehatan tulang belakang dan kaki. Keluhan yang kerap muncul adalah rasa nyeri di pinggul, lutut, dan juga punggung.Jika memang harus mengenakan sepatu hak tinggi, pilih yang bagian hak-nya cukup lebar serta ganti dengan sepatu biasa di saat senggang.

3. Jaga kaki tetap kering

Untuk bisa memiliki kaki cantik dan sehat, penting juga menjaganya agar tetap kering dan bersih. Kebersihan kaki dari ujung ke ujung sangat penting untuk menghindari masalah kulit di kaki.Apabila kaki mudah berkeringat, cari jenis sepatu atau kaos kaki yang dapat menyerap keringat dengan cepat. Pun ketika mandi, basuh seluruh bagian kaki hingga ke sela-sela antara jarinya.Jika tidak, bisa muncul banyak keluhan seperti iritasi hingga munculnya blisters atau infeksi jamur. Ketika ada bagian kulit yang mengeras, haluskan dengan batu apung atau pelembut kaki lainnya.

4. Ganti sepatu jika terasa tidak nyaman

Terkadang demi tren, seseorang bisa saja rela memakai alas kaki yang tidak nyaman. Padahal, ini berisiko menyebabkan nyeri dan masalah pada struktur kaki dalam jangka panjang. Bukan kaki cantik namanya jika terpaksa mengenakan alas kaki terkini tapi tidak nyaman. Justru yang lebih penting adalah memilih alas kaki yang nyaman dibawa beraktivitas seharian.

5. Pola makan pengaruhi kesehatan kuku

Rupanya, pola makan juga berpengaruh terhadap kesehatan kuku jari kaki. Terutama bagi mereka yang setiap hari harus memakai sepatu yang kurang nyaman.Untuk menjaga kesehatan kaki dan bonus kaki cantik, konsumsi makanan kaya vitamin B-12, vitamin C, vitamin E, zinc, dan juga biotin. Sumbernya bisa dari ikan, daging, telur, produk olahan susu, dan juga sayuran.

6. Potong kuku dengan tepat

Setiap individu juga harus tahu teknik memotong kuku yang tepat. Jangan gunakan gunting, tapi gunakan alat pemotong kuku khusus. Idealnya, bentuk potongan kuku adalah kotak sehingga mengurangi risiko kuku yang tumbuh ke arah dalam atau ingrown toenails.Setelah itu, ratakan bagian pinggir kuku dengan alat khusus. Jangan potong kuku terlalu pendek karena dapat menyebabkan rasa tidak nyaman.

7. Siasati cara menggunakan kuteks

Apabila Anda terbiasa menghias kuku kaki dengan kuteks, waspada risiko terjadinya perubahan warna kuku. Caranya, gunakan kuteks dasar atau base coat sebelum mengaplikasikan kuteks terutama yang berwarna gelap. Apabila ada tanda-tanda perubahan warna kuku, hentikan dulu penggunaan kuteks untuk sementara.Perubahan warna bisa juga terjadi karena adanya jamur. Untuk menyiasatinya, gunakan salep, balsam, atau tea tree oil khusus yang memang didesain untuk mencegah menyebarnya jamur.Tak hanya membuat penampilan kuku cantik saja, kesehatannya pun harus terjaga. Pertimbangannya banyak, mulai dari kaos kaki, alas kaki, menjaganya tetap kering, dan seterusnya. Lebih baik repot saat ini menjaga kesehatan kaki demi mendapatkan kaki yang sehat dan bisa menopang hingga di masa tua.
kesehatan wanitahidup sehatpola hidup sehat
Foot. https://www.foot.com/8-smart-ways-to-have-beautiful-looking-feet/
Diakses 5 Juni 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/tips-for-healthy-feet-footwear-hygiene
Diakses 5 Juni 2020
Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/how-to-have-pretty-feet-1337693
Diakses 5 Juni 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait