Bukan Sekadar Gaya, Main Golf Bisa Bikin Panjang Umur


Karena peralatannya yang cukup mahal, sejak dulu main golf dianggap identik dengan olahraga kelas atas. Namun, dibalik itu semua, ternyata manfaat main golf bisa berdampak positif bagi kesehatan. Mulai dari membakar kalori hingga membuat umur lebih panjang.

0,0
13 Apr 2021|Azelia Trifiana
Olahraga golf memiliki manfaat kesehatan yang baik bagi tubuhOlahraga golf memiliki manfaat kesehatan yang baik bagi tubuh
Karena peralatannya yang cukup mahal, sejak dulu main golf dianggap identik dengan olahraga kelas atas. Namun, dibalik itu semua, ternyata manfaat main golf bisa berdampak positif bagi kesehatan. Mulai dari membakar kalori hingga membuat umur lebih panjang.Dalam satu sesi bermain golf, biasanya perlu waktu sekitar 4-5 jam. Misalnya seseorang bermain 18 holes dan membawa stik golf sendiri, sudah membakar 360 kalori per jamnya.

Manfaat main golf

Meski reputasi main golf berlawanan dengan olahraga berintensitas tinggi semacam lari maraton atau HIIT, ada banyak penelitian yang membuktikan manfaat main golf. Bahkan, orang berusia lanjut juga bisa merasakan dampak positifnya bagi kesehatan. Contohnya apa saja?

1. Berumur lebih panjang

Umur seseorang adalah misteri, itu betul. Namun, ada penelitian menarik dari sekelompok peneliti dari Swedia. Ketika membandingkan orang yang rutin bermain golf dan tidak, mereka yang aktif 40% lebih panjang umur ketimbang yang tidak aktif. Subjek penelitian berada dalam rentang usia yang sama.Penelitian yang dilakukan pada tahun 2009 ini mengambil database dari pemain golf di Swedia. Menariknya, Federasi Golf Swedia memiliki anggota sangat besar yaitu lebih dari 600.000 orang. Sebab di Swedia, orang yang akan bermain golf harus memiliki keanggotaan.

2. Membakar kalori

Olahraga apa yang menjadi favorit adalah pilihan pribadi. Bagi yang suka bermain golf, bermain 18 holes selama 4 jam rata-rata akan membakar 360 kalori per jam apabila membawa stik golf sendiri. Bahkan jika menggunakan pull-cart pun, kalori yang terbakar masih mirip.Sementara apabila bermain golf dan berpindah lokasi mengendarai golf cart, kalori yang terbakar sekitar 200 per jamnya. Jadi, meskipun olahraga ini tidak berintensitas tinggi dan membuat banjir keringat, tetap ada kalori yang terbakar.

3. Mengurangi risiko penyakit jantung

Data observasi dari Cardiovascular Health Study (CHS) menunjukkan bahwa risiko kematian akibat penyakit jantung pada orang berusia 65 tahun ke atas lebih rendah apabila aktif bermain golf. Frekuensinya setidaknya 1 kali dalam sebulan.Partisipan dalam studi ini rata-rata berusia 72 tahun. Di akhir periode penelitian pada tahun 1999, evaluasi terhadap kesehatan jantung menunjukkan perbedaan. Dari 5.900 individu, 384 bermain golf. Prevalensi yang mengalami stroke sekitar 8,1% dan serangan jantung sekitar 9,8%.Namun, penelitian ini tidak menunjukkan dengan detail apakah partisipan bermain golf dengan berjalan kaki atau naik golf cart.

4. Wadah bersosialisasi

Ada hubungan erat antara bersosialisasi dengan kesehatan mental. Kabar baiknya, suasana yang tercipta saat main golf seperti berjalan kaki, berbicara, dan merasa rileks meski sedang berolahraga sangat cocok menjadi pilihan olahraga orang berusia lanjut.Bukan hanya itu, main golf adalah alternatif bagi orang berusia lanjut yang mungkin kapasitas tubuhnya tidak lagi memungkinkan beraktivitas fisik dengan intensitas tinggi.

Memaksimalkan manfaat main golf

Jika Anda sudah rutin atau baru akan mulai bermain golf, berikut ini beberapa catatan yang layak dicoba untuk memaksimalkan manfaatnya:
  • Ketika bermain golf, sebisa mungkin pilih berjalan ketimbang mengendarai golf cart agar lebih banyak kalori terbakar
  • Membawa sendiri stik golf (clubs) atau menggunakan pull-cart untuk membangun kekuatan dan daya tahan
  • Hindari kebiasaan buruk yang justru berlawanan dengan manfaat main golf seperti mengonsumsi camilan junk food di sela olahraga
Tentu yang paling penting dari berolahraga adalah konsistensinya. Bagi yang baru memulai, coba mulai dengan frekuensi rendah. Barulah ketika sudah terbentuk pola dan jadwalnya, tambahkan frekuensi main golf setiap bulannya.

Catatan dari SehatQ

Terlepas dari daftar manfaat main golf di atas, perlu ada kritisi pula bahwa olahraga yang satu ini belum tentu untuk semua orang. Golf adalah olahraga yang memerlukan biaya cukup tinggi.Artinya, orang yang bisa rutin melakukannya punya kondisi finansial lebih baik. Ketika kesejahteraan stabil, studi menunjukkan ini juga berkaitan dengan kondisi kesehatan lebih terjaga.Namun melihat dari perspektif lebih luas, main golf memiliki banyak manfaat. Bayangkan menghabiskan waktu berjam-jam di lapangan golf yang jauh dari polusi, dengan kehijauan sejauh mata memandang, ini saja sudah bisa mengusir stres akibat pekerjaan atau rutinitas, bukan?Penasaran ingin coba jenis olahraga lain dengan manfaat serupa tanpa intensitas terlalu tinggi? Anda bisa konsultasi langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.  
olahragahidup sehatpola hidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/health-news/golf-can-help-your-health
Diakses pada 29 Maret 2021
Verywell Fit. https://www.verywellfit.com/golf-increases-life-expectancy-2223786
Diakses pada 29 Maret 2021
Public Health Reports. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3863696/
Diakses pada 29 Maret 2021
Scandinavian Journal of Medicine & Science in Sports. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/18510595/
Diakses pada 29 Maret 2021
Science Daily. https://www.sciencedaily.com/releases/2020/02/200212084405
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait