Bukan Sekadar Bikin Penampilan Kece, Kacamata Hitam Juga Penting untuk Kesehatan

Bukan hanya mencegah silau, menggunakan kacamata hitam dapat melindungi mata dari paparan sinar ultraviolet yang berbahaya
Menggunakan acamata hitam adalah pilihan tepat jika Anda sering menghabiskan waktu di luar ruangan

Bukan sekadar aksesori untuk menunjang penampilan, kacamata hitam dapat melindungi kesehatan mata. Fungsinya adalah melindungi mata dari sinar ultraviolet atau UV yang berbahaya.

Bahkan di luar negeri, orang diimbau mengenakan kacamata hitam tidak hanya saat musim panas saja. Nyatanya, pada musim dingin sekalipun dengan sedikit sinar matahari, paparan sinar ultraviolet tetap ada.

Manfaat memakai kacamata hitam

Lalu, apa saja manfaat memakai kacamata hitam selain untuk penampilan?

1. Melindungi mata

Kacamata hitam dapat melindungi mata dari pancaran sinar ultraviolet. Hal ini penting terutama jika sedang berada di dekat air. Saat berada di dekat air, sinar ultraviolet tak hanya dari matahari tapi juga mengalami refleksi dari air. Jika mata terkena paparan sinar ultraviolet berlebihan, bisa mengakibatkan kornea terbakar.

2. Melindungi kulit sekitar mata

Area kulit di sekitar mata sangat tipis dan sensitif. Sebut saja kelopak mata yang merupakan lapisan kulit paling tipis di tubuh manusia. Artinya, risiko mengalami kerusakan akibat paparan sinar ultraviolet juga besar. Memakai kacamata hitam dapat mengurangi kemungkinan itu.

Lebih jauh lagi, sinar ultraviolet juga bisa menyebabkan kanker kulit, terutama di kelopak mata. Jadi, sangat penting memakai kacamata hitam bagi orang yang memang memiliki riwayat keluarga yang menderita kanker kulit.

3. Melindungi dari “blue light”

Alasan kita bisa melihat warna langit biru adalah “blue light”, yaitu pancaran cahaya dari matahari. Ini adalah gelombang cahaya yang mendapatkan refleksi dan pantulan dari atmosfer Bumi. 

Dalam pancaran spektrum solar ini, tidak semuanya bisa terlihat mata telanjang. Hanya sekitar 50% yang bisa dilihat langsung. Memakai kacamata hitam dapat menghindari risiko degenerasi mata makula akibat blue light.

4. Melihat lebih nyaman

Ketika memakai kacamata hitam, orang tak perlu lagi memicingkan mata demi bisa melihat lebih jelas di tengah teriknya sinar matahari. Artinya, melihat pun menjadi lebih nyaman.

5. Beradaptasi dengan cahaya minim

Paparan sinar matahari berlebihan dapat menyebabkan penglihatan seseorang kesulitan beradaptasi ketika cahaya terbatas, seperti saat menyetir di malam hari. Dengan memakai kacamata hitam, maka adaptasi mata terhadap cahaya yang sedikit pun lebih mudah.

6. Mencegah katarak

Katarak adalah munculnya lapisan seperti awan di lensa mata, biasanya terjadi seiring dengan penuaan. Ternyata, memakai kacamata hitam dapat memperlambat terjadinya katarak dalam jangka panjang.

Dari beberapa manfaat memakai kacamata hitam di atas, penting mengingat bahwa retina di dalam mata harus sangat dilindungi. Seiring dengan penuaan, orang bisa mengalami degenerasi makula. Salah satu hal yang memicu terjadinya degenerasi ini adalah tidak melindungi jaringan saraf sensitif pada retina.

Bagaimana memilih kacamata hitam yang tepat?

Memilih kacamata hitam pun tidak bisa sembarangan. Sesuai dengan fungsi utamanya yang telah dijabarkan di atas, cari kacamata hitam yang benar-benar bisa melindungi.

Beberapa cara memilih kacamata hitam yang tepat adalah:

  • Kacamata hitam dengan 100% perlindungan dari sinar ultraviolet (UVA dan UVB)
  • Lensa polar kacamata dapat mengurangi refleksi cahaya masuk ke mata

Kacamata hitam adalah pilihan tepat – bahkan wajib – bagi orang yang sehari-hari menghabiskan waktu di luar ruangan. Tak hanya mengurangi refleksi cahaya yang menyilaukan, namun juga melindungi kesehatan mata dari paparan sinar ultraviolet.

Meski memakai kacamata hitam sekalipun, jangan pernah mencoba melihat matahari secara langsung. Tetap lindungi mata Anda dari sinar ultraviolet yang berbahaya.

Healthline. https://www.healthline.com/health/polarized-lenses#takeaway
Diakses 15 Maret 2020

Medicine Net. https://www.medicinenet.com/script/main/art.asp?articlekey=167712
Diakses 15 Maret 2020

GQ. https://www.gq.com/story/this-is-why-you-should-wear-sunglasses
Diakses 15 Maret 2020

Artikel Terkait