Penduduk Blue Zone memiliki rata-rata umur panjang dibandingkan orang biasa
Pola hidup dan makan yang sehat dapat memperpanjang umur Anda

Panjangnya umur seseorang memang tidak ada yang tahu. Ada orang yang berumur panjang dan ada juga orang berumur pendek. Tentunya, jika boleh memilih, sebagian besar dari kita ingin memiliki umur panjang.  Dan tentunya disertai kesehatan yang prima. Umur panjang tanpa badan yang sehat rasanya malah terdengar sia-sia.

Meski umur seseorang tidak dapat diprediksi, ternyata ada rahasia yang bisa Anda lakukan untuk memiliki umur panjang.

Caranya? Ubah pola hidup dan makan Anda.

Mengenal Penduduk Blue Zone

Di tahun 2003, pengarang Dan Buettner berkolaborasi dengan beberapa ahli genetik, ahli diet, ahli antropologi, sejarawan, dan tim ahli lainnya melakukan perjalanan keliling dunia untuk menemukan orang-orang dengan umur terpanjang. Dari hasil perjalanannya tersebut ia dan tim berhasil memetakan lima wilayah di dunia yang penduduknya memiliki umur yang lebih panjang dari rata-rata masyarakat dunia. Dan dan tim-nya menyebut daerah tersebut “Blue Zone” atau Zona Biru.

Hasil temuannya ini sempat dipublikasikan dalam majalah National Geographic (2005) dan ditulis dalam buku The Blue Zones: Lessons for Living Longer from the People Who've Lived the Longest (2008).

5 daerah tersebut adalah Ikaria (Yunani), Ogliastra (Pulau Sardinia, Italia), Okinawa (Jepang), Semenanjung Nicoya (Kosta Rika), Loma Linda (California, Amerika Serikat). Dari penduduk wilayah tersebut Dan Buettner menyimpulkan bahwa gaya hidup dan pola makan yang sehat dalah rahasia umur panjang.

Rahasia umur panjang menurut penduduk Blue Zone

Berikut persamaan rahasia umur panjang dari para penduduk Zona Biru:

  • Tidak makan berlebihan atau tidak makan setelah matahari terbenam
  • Mengonsumsi makanan harian yang mengandung kacang-kacangan, biji-bijian dan sayuran.
  • Memiliki kebiasaan tidur siang atau waktu untuk beristirahat sebentar dari aktivitas.
  • Kesempatan untuk melakukan aktivitas fisik seperti hiking, menggembala ternak, berkebun, berladang.
  • Memiliki tujuan hidup dan ikatan emosional dengan orang-orang di sekitarnya.
  • Tergabung dalam sebuah kelompok keagamaan.

Meski memiliki kesamaan dalam hal menjalankan pola hidup dan makan yang sehat, penduduk dari Zona Biru ini memilik penerapan yang berbeda-beda. Berikut penjelasannya.

  • Ikaria, Yunani

Penduduk pulau Ikaria di Yunani sangat bangga dengan komunitasnya. Mereka memiliki keakraban satu sama lain. Digabungkan dengan kebiasaan mereka untuk tidur siang dan menjalankan diet Mediterania (mengonsumsi diet buah, biji-bijian, kacang-kacangan, minyak zaitun, kentang, dan sayur-sayuran) yang ketat, ketiga hal ini menjadi rahasia mengapa 1 dari 3 orang penduduk Ikaria bisa berumur di atas 90 tahun.

  • Ogliastra,Pulau Sardinia, Italia

Ogliastra adalah salah satu provinsi Italia yang terletak di Pulau Sardinia. Provinsi ini merupakan tempat tinggal dari pria-pria berusia panjang. Rahasia umur panjang dari penduduknya adalah kegiatan fisik, hubungan emosional yang kuat dengan keluarga, dan meminum anggur merah.

Sebagian besar penduduk Ogliastra adalah petani dan penggembala sehingga mereka hampir setiap hari memiliki kegiatan fisik seperti berjalan jauh saat menggembala dan juga bekerja di ladang. Kebanyakan anak-anak perempuan di Ogliastra juga mau merawat orang tua mereka sehingga hal ini berkontribusi pada kesehatan fisik dan kesehatan mental para penduduk yang berumur panjang. Di samping itu orang-orang di Ogliastra juga rajin meminum anggur merah setiap hari dengan takaran secukupnya.

  • Okinawa, Jepang

Kebalikan dengan penduduk Sardinia, Okinawa merupakan wilayah tempat tinggal bagi wanita-wanita tertua di dunia. Penduduk Okinawa umumnya mengonsumsi makanan berupa biji-bijian seperti kedelai dan berlatih tai chi untuk meditasi. Selain dari aktivitas fisik dan makanan sehat, rahasia umur panjang para wanita-wanita di Okinawa adalah tradisi moai.

Moai adalah sebuah budaya orang Okinawa dalam membentuk sebuah grup yang berisi sekelompok sahabat seumur hidup atau orang-orang dekat yang akan selalu mendukung dan membantu dalam pasang surut kehidupan, baik dalam hal finansial, sosial, hingga ketertarikan dalam hal-hal kerohanian dan spiritual. Kelompok moai ini adalah rahasia para penduduk Okinawa mengatasi stres dan depresi sehingga menimbulkan kesehatan mental bersama.

  • Semenanjung Nicoya, Kosta Rika

Penduduk yang tinggal di wilayah semenanjung Nicoya ini sering menjalani diet nicoyan yang hanya mengonsumsi tortilla kacang dan jagung. Penduduk di wilayah ini juga secara teratur melakukan pekerjaan fisik hingga usia lanjut untuk menjaga stamina tubuh.

  • Loma linda, California

Hampir sebagian besar penduduk Loma Linda adalah anggota dari Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh. Kelompok ini mengikuti diet berdasarkan Alkitab yang menyarankan untuk mengonsumsi kacang-kacangan, biji-bijian, serta buah dan sayuran. Penduduk Loma Linda juga dilarang merokok dan minum alkohol. Penduduk di Loma Linda memiliki hubungan komunitas yang erat di mana mereka selalu beribadah bersama di hari Sabat. Hal ini mengurangi stres dan menjadi sarana terbentuknya support group bagi anggotanya.

Sebuah studi menemukan bahwa genetika hanya berpengaruh sekitar 20%-30% terhadap umur panjang. Dari penjelasan diatas, dapat kita simpulkan bahwa penduduk Blue Zone umumnya mengonsumsi 95% makanan nabati. Meskipun ada sebagian besar kelompok yang bukan vegetarian, namun mereka hanya mengonsumsi daging sekitar lima kali per bulan.

Beberapa penelitian juga menunjukan bahwa menghindari konsumsi daging dapat secara signifikan mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung, kanker, dan penyakit kronis lainnya.

Jenis makanan sehat yang dapat meningkatkan harapan hidup

  • Sayuran

Sayuran merupakan sumber serat, kaya akan vitamin, dan mineral yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung, kanker, penyakit kronis lainnya.

  • Kacang-kacangan

Kacang-kacangan kaya akan serat dan protein yang baik untuk pencernaan dan kesehatan. Dengan mengonsumsi kacang-kacangan dapat dikaitkan dengan mortalitas yang lebih rendah.

  • Biji-bijian

Asupan biji-bijian yang tinggi juga dapat mengurangi tekanan darah tinggi, menghindari risiko penyakit jantung, dan kanker.

Rahasia umur panjang lainnya yang dapat Anda coba adalah dengan sering mengonsumsi ikan seperti penduduk Icaria dan Sardinia. Ikan merupakan sumber omega-3 yang baik untuk menjaga kesehatan jantung dan otak. Mengonsumsi ikan juga dapat dikaitkan dengan penurunan otak yang lebih lama di usia tua.

Catatan dari SehatQ

Selain mengonsumsi makanan di atas, Anda juga perlu melakukan kebiasaan baik untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Seperti menerapkan pembatasan kalori setiap harinya, pembatasan kalori dalam jangka panjang dapat membantu meningkatkan harapan hidup. Hal ini dikarenakan makan 30% kalori yang lebih sedikit dapat membuat tubuh lebih sehat dan terhindar dari penyakit.

Rutin berolahraga juga dapat mengurangi risiko kematian sekitar 20% lebih rendah daripada mereka yang jarang melakukan aktivitas fisik. Jadi, jangan lupa untuk melakukan cara di atas untuk memulai hidup sehat dan agar terhindar dari risiko penyakit berbahaya.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/blue-zones#section5

Diakses pada 24 Maret 2020

Web MD. https://www.webmd.com/special-reports/anti-aging-science/20170404/super-ager-secrets

Diakses pada 24 Maret 2020

National Geographic. https://www.nationalgeographic.com/news/2015/04/150412-longevity-health-blue-zones-obesity-diet-ngbooktalk/

Diakses pada 24 Maret 2020

Blue Zones. https://www.bluezones.com/2018/08/moai-this-tradition-is-why-okinawan-people-live-longer-better/

Diakses pada 24 Maret 2020

Artikel Terkait