Bukan Mesra di Medsos, Ini Tanda Relationship Goals Sesungguhnya

Relationship goals adalah ketika suatu hubungan yang dijalani oleh dua pihak menjadi stabil
Relationship goals dapat ditandai dengan saling percaya satu sama lain

Apa relationship goals menurut Anda? Saling mengunggah foto mesra bersama pasangan di media sosial? Makan malam mewah dengan kekasih? Atau liburan romantis berdua dengan pacar? 

Faktanya, relationship goals bukan sesuatu yang dapat diukur dengan material atau patut dipamerkan di media sosial. Relationship goals adalah ketika suatu hubungan yang dijalani oleh dua pihak menjadi stabil dan saling memenuhi kebutuhan satu sama lain. Bagaimana tanda-tanda relationship goals?

Apa itu relationship goals?

Setiap pasangan tentu memiliki prioritas kebutuhan yang berbeda. Tidak semuanya dapat ditentukan dengan sudut pandang yang sama. Maka dari itu, relationship goals tidak dapat ditiru oleh setiap orang. 

Seiring bertambahnya usia, kebutuhan untuk menjalin hubungan cinta yang serius tentu menjadi sebuah keharusan bagi setiap pasangan. Usia yang sudah tidak lagi remaja menuntut Anda untuk berpandangan jauh ke depan demi memiliki hubungan percintaan yang langgeng dan bahagia. 

Nah, hubungan seperti inilah yang diidamkan oleh banyak pasangan yang tidak jarang dikenal sebagai relationship goals

Tanda-tanda Anda dan pasangan sudah mencapai relationship goals

Berikut adalah tanda-tanda Anda dan pasangan sudah berada di jalan relationship goals yang benar:

1. Komunikasi yang terjalin baik

Salah satu tanda relationship goals adalah komunikasi terjalin dengan baik
Anda dan pasangan dapat saling membicarakan hal apa pun bersama

Salah satu tanda-tanda relationship goals adalah Anda dan pasangan menjalani komunikasi yang baik. 

Anda dan pasangan dapat saling memahami cara untuk berbicara mengenai perasaan atau pikiran masing-masing dan menyelesaikan masalah tanpa menyakiti satu sama lain. 

Anda dan pasangan dapat saling membicarakan hal apa pun bersama. Mulai dari hal yang ringan, seperti masalah sehari-hari hingga topik yang serius, seperti politik dan keuangan. 

2. Saling menghargai

Tanda relationship goals selanjutnya adalah saling menghargai. Saling menghargai bukan berarti Anda jadi iya-iya saja atau selalu setuju dengan semua yang pasangan katakan atau lakukan. 

Saling menghargai artinya Anda dan pasangan saling mengagumi satu sama lain, memiliki hubungan yang stabil, saling percaya atas keputusan yang diambil oleh masing-masing pihak, dan saling mendukung baik di saat suka maupun duka.

3. Saling percaya

Saling percaya adalah salah satu tanda relationship goals
Anda dan pasangan saling percaya satu sama lain

Kepercayaan adalah salah satu karakteristik yang paling penting dalam menjalin suatu hubungan. Tanpa kepercayaan maka tidak ada dasar yang kuat dalam membangun keintiman emosional dan risiko Anda untuk tersakiti atau terluka bisa semakin besar. 

Nah, tanda relationship goals berikutnya adalah kepercayaan Anda dan pasangan menjadi lebih baik dan kuat. 

Anda dan pasangan tidak saling menyembunyikan rahasia. Anda pun memercayai pasangan tidak akan berbohong atau berselingkuh di belakang Anda

Atas dasar saling percaya tersebut, Anda merasa aman dan nyaman saat bersama pasangan serta meyakini bahwa ia tidak akan menyakiti Anda baik secara fisik atau emosional. Selain itu, dengan adanya saling percaya, Anda dan pasangan dapat saling menghargai pilihan satu sama lain. 

4. Saling mendukung

Saling mendukung juga menjadi tanda relationship goals. Anda dan pasangan layaknya sebuah tim, di mana Anda siap mendukung atau membantu pasangan ketika ia tengah melewati masa-masa sulitnya. Serta begitu pula sebaliknya.  

5. Tidak memojokkan satu sama lain saat bertengkar

Adu argumentasi bahkan bertengkar merupakan hal yang wajar dalam menjalani suatu hubungan. Namun, yang paling penting adalah bagaimana Anda dan pasangan saling menyelesaikan konflik yang tengah melanda. 

Jika Anda dan pasangan membicarakan perbedaan dengan sopan, jujur, dan saling menghargai maka bisa dikatakan kalian berdua berada pada tanda relationship goals yang benar. 

Pasangan yang saling menyelesaikan konflik tanpa memojokkan satu sama lain biasanya akan lebih sering menemukan solusi yang terbaik. 

6. Tetap memiliki ruang sendiri

Meski telah menjalani jalinan percintaan yang cukup lama, hubungan yang telah mencapai tahap relationship goals tetap harus saling memahami betapa pentingnya memiliki waktu sendiri. 

Ya, walaupun sudah memiliki pasangan, ternyata setiap orang tetap perlu untuk memiliki dan menikmati waktu sendiri. Entah itu untuk bersantai, menekuni hobi, berkumpul dengan teman-teman dan anggota keluarga masing-masing, atau sekadar untuk menenangkan diri. 

Oleh karena itu, jika pasangan Anda meminta waktu untuk sendiri dulu, berikan mereka sedikit “ruang”, ya. 

7. Memberikan apresiasi

Memberikan apresiasi adalah tanda relationship goals
Memberikan apresiasi pada pasangan bisa dimulai dari hal yang sederhana

Memang ini terlihat sepele, tetapi memberi apresiasi pada pasangan penting sebagai tanda relationship goals. Setiap orang tentu merasa senang apabila merasa dihargai dan dicintai. 

Anda dapat memberikan apresiasi pada pasangan mulai dari hal-hal yang sederhana, seperti mengucapkan terima kasih atas apa yang ia lakukan untuk Anda, atau bahkan pada hal-hal besar, termasuk pencapaiannya dalam pendidikan atau karir. 

Dengan demikian, akan dapat memberi pengaruh positif bagi Anda dan pasangan. Sebuah hasil penelitian menyebutkan bahwa memberikan apresiasi dapat membuat Anda merasa lebih bahagia dan aman saat bersama pasangan. Akibatnya, hubungan Anda dan pasangan menjadi langgeng dan bisa mencapai relationship goals

Kini, Anda sudah tahu bahwa relationship goals tercermin bukan hanya pada rentetan foto mesra di media sosial atau hal-hal yang berkaitan dengan kemewahan. 

Setelah mengetahui tanda-tanda relationship goals di atas, silakan dilihat lagi bagaimana jalinan hubungan yang Anda dan pasangan, sudahkah menunjukkan tanda relationship goals?

Healthline. https://www.healthline.com/health/healthy-relationship#characteristics

Diakses pada 22 April 2020

Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/us/blog/friendship-20/201812/what-does-healthy-relationship-look

Diakses pada 22 April 2020

Artikel Terkait