Bukan Komentar Orang Lain, Berapa Usia Ideal Hamil yang Tepat Jadi Patokan?


Sejak pubertas, seorang perempuan sudah bisa hamil. Namun, ini bukan usia ideal hamil karena fisiknya belum siap mengandung. Waktu paling tepat adalah akhir usia 20-an hingga awal usia 30-an.

(0)
13 Apr 2021|Azelia Trifiana
Usia ideal untuk hamil adalah akhir usia 20 hingga awal usia 30Usia ideal untuk hamil adalah akhir usia 20 hingga awal usia 30
Sejak pubertas, seorang perempuan sudah bisa hamil. Namun, ini bukan usia ideal hamil karena fisiknya belum siap mengemban tugas mengandung selama 9 bulan. Dalam rentang usia produktif antara 12-51 tahun, waktu paling tepat adalah akhir usia 20an hingga awal usia 30an.Bukan hanya untuk ibu saja, pertimbangan usia ini juga meliputi kesehatan janin. Namun, tentu bukan hanya usia yang harus menjadi pertimbangan untuk siap hamil. Ada yang tak kasat mata namun tak kalah penting: kesiapan mental.

Kapan usia ideal hamil?

Secara alami, kesuburan bisa menurun ketika seseorang bertambah tua. Artinya, kemungkinan memiliki keturunan – bagi yang menginginkannya – pun bisa jadi lebih sulit. Selain itu, kehamilan di usia 40 tahun ke atas juga bisa berisiko lebih tinggi.Menurut para pakar, usia ideal hamil adalah antara akhir usia 20-an hingga awal 30an. Sebuah studi yang mempertimbangkan kesehatan serta kondisi kronis, usia paling tepat untuk melahirkan anak pertama adalah 30,5 tahun.Lebih jauh lagi, peluang hamil semakin menurun seiring dengan bertambahnya usia seseorang. Berdasarkan studi tahun 2012, peluang hamil pada siklus selanjutnya setelah 3 bulan percobaan akan berubah menjadi:
  • Usia 25 tahun: 18%
  • Usia 30 tahun: 16%
  • Usia 35 tahun: 12%
  • Usia 40 tahun: 7%
Faktor-faktor lain juga bisa berpengaruh terhadap kemungkinan hamil, seperti kebiasaan merokok, perawatan kanker, dan infeksi panggul. Namun demikian, peluang hamil ini tidak serta merta terbukti pada setiap orang.

Hubungan usia dan kesuburan

Selain peluang hamil pada siklus bulan keempat, ada pula keterkaitan antara sel telur, usia, dan kemungkinan memiliki keturunan. Semua perempuan terlahir dengan sel telur sebanyak 2 juta. Dari tahun ke tahun, jumlahnya kian menurun.Ketika mencapai usia 37 tahun, tersisa 25.000 sel telur. Kemudian saat sudah 51 tahun, sel telur yang tersisa adalah 1.000. Secara kuantitas mungkin ini terlihat banyak, namun kualitas dari semua sel telur itu tentu juga menurun seiring dengan bertambahnya usia.Berdasarkan faktor itu, kesuburan perempuan secara alami akan menurun pada usia 32 tahun. Lebih lanjut, pada usia antara 35-37 tahun, kesuburan mulai turun lebih cepat.

Catatan dari SehatQ

Usia hanyalah satu dari begitu banyak faktor yang perlu menjadi pertimbangan ketika akan hamil. Ketika mengandung, itu bukan hanya sekadar membawa janin selama 9 bulan dan melahirkan saja. Ada peran baru yang mengikat seumur hidup yaitu untuk membesarkan buah hati.Artinya, kesiapan mental tak kalah penting dibandingkan dengan kesehatan fisik. Ini juga yang perlu menjadi pertimbangan ketika memantapkan hati untuk hamil. Bukan ikut-ikutan, bukan karena gerah dengan pertanyaan orang, dan bukan karena faktor eksternal lainnya.Jika sudah benar-benar siap baik secara fisik maupun mental, tentu ke depannya perjalanan bisa lebih lancar. Bukan mulus, namun setidaknya ada kesiapan menghadapi naik turunnya peran baru sebagai ibu, lengkap dengan support system yang esensial.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar kesuburan, kesiapan mental, dan kondisi fisik, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
hamilkehamilanmerencanakan kehamilan
Healthline. https://www.healthline.com/health/womens-health/childbearing-age
Diakses pada 29 Maret 2021
PLOS One. https://journals.plos.org/plosone/article?id=10.1371/journal.pone.0046544
Diakses pada 29 Maret 2021
Academic OUP. https://academic.oup.com/sf/article-abstract/81/1/315/2234500
Diakses pada 29 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait