Bukan Hanya Pisang, Ini Daftar Buah yang Mengandung Kalium


Kalium merupakan mineral yang berfungsi mengatur keseimbangan cairan, kontraksi otot, hingga mengatur sinyal saraf. Mengonsumsi buah seperti melon hingga semangka dapat memenuhinya.

(0)
17 Jan 2021|Azelia Trifiana
Mengonsumsi pisang akan memenuhi kebutuhan kalium AndaPisang kaya akan zat kalium
Kalium atau potasium merupakan mineral yang paling penting untuk tubuh. Fungsinya mulai dari mengatur keseimbangan cairan, kontraksi otot, hingga mengatur sinyal saraf. Itulah mengapa penting mengonsumsi buah yang mengandung kalium jika asupan tak tercukupi dari makanan saja.Tak hanya itu, potasium juga membantu menurunkan tekanan darah serta tertahannya cairan dalam tubuh. Mineral ini juga melindungi dari stroke, osteoporosis, dan terbentuknya batu ginjal.

Buah yang mengandung kalium

Kekurangan kalium bisa menyebabkan seseorang mengalami tekanan darah tinggi hingga tubuh terasa lesu. Kabar baiknya, hampir tidak mungkin seseorang mengalami overdosis kalium yang diperoleh dari sumber-sumber alami.Beberapa jenis buah dengan kandungan kalium cukup tinggi adalah:

1. Alpukat

alpukat
Dalam satu buah alpukat, terdapat 975 mg potasium atau kalium. Ini sudah memenuhi 21% dari kebutuhan harian. Selain itu, alpukat juga merupakan buah dengan sumber lemak baik, vitamin K, dan tentu saja folat. Satu buah alpukat mengandung dua kali lipat lebih banyak kalium dibandingkan dengan pisang.Lebih jauh lagi, alpukat juga bermanfaat bagi orang dengan tekanan darah tinggi karena membantu menurunkan tekanan darah. Orang dengan hipertensi aman mengonsumsi alpukat karena kandungan sodiumnya hanya sekitar 7 mg.

2. Semangka

semangka
Buah dengan kandungan air paling tinggi ini mengandung 640 mg kalium, hanya dari dua irisannya saja. Lebih jauh lagi, kandungan kalorinya adalah sekitar 172, dengan 44 gram karbohidrat, 3,4 gram protein, serta 2,2 gram serat yang diperlukan tubuh.Kelebihannya lagi, semangka merah mengandung vitamin A, vitamin C, dan juga magnesium.

3. Aprikot kering

Bagi yang suka buah yang telah dikeringkan, aprikot bisa jadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan kalium. Sebanyak 6 aprikot kering saja mengandung 488 mg kalium, sama dengan 10% dari kebutuhan harian.Aprikot juga merupakan sumber serat, vitamin A, dan juga vitamin E. Anda bisa mengonsumsinya dengan dicampurkan dalam salad atau dimakan langsung.

4. Buah bit

buah bit
Tak hanya merupakan buah dengan kandungan karbohidrat tinggi, buah bit juga mengandung kalium sekitar 518 mg dalam tiap 170 gram bit yang telah direbus. Ini telah memenuhi 11% kebutuhan harian.Tak hanya itu, buah bit juga mengandung nitrat yang bisa mengoptimalkan fungsi pembuluh darah dan menyehatkan jantung. Ini juga merupakan sumber folat yang telah memenuhi 34% rekomendasi harian.

5. Delima

Buah delima atau pomegranate adalah sumber kalium yang fantastis, sekitar 666 mg pada tiap buahnya. Ini sudah mencukupi 14% dari kebutuhan harian. Tak hanya itu, delima juga mengandung vitamin C, vitamin K, folat, dan juga protein. Kandungan protein di dalamnya lebih tinggi dari buah lain yaitu sekitar 4,7 gram.Namun, perlu diingat bahwa pomegranate mengandung kalori dan gula alami lebih banyak ketimbang buah-buahan lain. Namun, serat sebanyak 11 gram di dalamnya dapat membantu proses cerna sekaligus membuat rasa kenyang bertahan lebih lama.

6. Jambu merah

Dalam satu cangkir jambu merah, terdapat 688 mg kalium. Ini sudah memenuhi 15% kebutuhan harian orang dewasa. Tak hanya itu, jambu merah juga dapat membantu menurunkan gula darah, menyehatkan jantung, hingga berdampak positif untuk kulit.

7. Kiwi

Buah dengan rasa segar ini mengandung 562 mg kalium pada tiap cangkirnya. Ini sudah memenuhi 11% kebutuhan harian. Di dalamnya juga terdapat nutrisi berupa vitamin C, vitamin E, vitamin K, dan juga folat. Tak hanya itu, kiwi pun bisa menjadi sumber antioksidan.

8. Pisang

pisang
Mudah ditemukan dengan harga terjangkau, pisang termasuk buah yang populer karena kandungan potasium atau kalium di dalamnya. Dalam satu cangkir pisang, terdapat 537 mg kalium atau setara dengan 11% kebutuhan harian.Tak hanya itu, pisang juga memberikan asupan vitamin B6, vitamin C, serat, dan juga karbohidrat. Namun dibandingkan dengan buah-buahan tropis lainnya, pisang mengandung kalori dan gula alami lebih banyak.

9. Melon

melon
Dalam satu cangkir melon, terdapat 473 mg kalium atau setara dengan 10% kebutuhan harian orang dewasa. Bukan hanya menyegarkan karena kandungan airnya banyak, melon juga bisa membuat kulit lembut dan cerah karena menghidrasi.Tak hanya itu, melon juga mengandung nutrisi penting seperti vitamin A dalam bentuk betakaroten, vitamin B, dan juga vitamin C yang diperlukan tubuh. Buah ini juga termasuk yang rendah kalori.

Meskipun memiliki banyak sekali manfaat, orang dengan masalah ginjal sebaiknya tidak terlalu banyak mengonsumsi makanan atau buah yang mengandung kalium. Alasannya, organ ginjal tidak maksimal menyaring kelebihan kalium dan bisa memicu terjadinya hyperkalemia.Untuk berdiskusi lebih lanjut tentang bagaimana mencukupi kebutuhan kalium harian tanpa berlebihan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
makanan sehatmenjaga kesehatanpola hidup sehat
WebMD. https://www.webmd.com/diet/foods-rich-in-potassium#1
Diakses pada 2 Januari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/what-does-potassium-do
Diakses pada 2 Januari 2021
My Food Data. https://www.myfooddata.com/articles/high-potassium-fruits.php
Diakses pada 2 Januari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/foods-loaded-with-potassium#TOC_TITLE_HDR_1
Diakses pada 2 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait