Bukan Hanya Diare, Waspadai Efek Samping Buah Pepaya Jika Dikonsumsi Berlebihan

(0)
06 Sep 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Salah satu efek samping buah pepaya jika dikonsumsi berlebihan adalah menyebabkan gangguan pencernaanBila Anda berlebihan dalam mengonsumsi pepaya, buah ini dapat memberikan efek samping seperti gangguan kesuburan
Pepaya merupakan salah satu buah populer dengan rasa yang amat legit. Buah ini juga kaya dengan nutrisi dan menawarkan beragam manfaat kesehatan. Namun, seperti buah-buah lain, pepaya juga memiliki risiko efek samping tertentu jika dikonsumsi berlebihan. Efek samping buah pepaya tersebut termasuk gangguan pencernaan, masalah kesuburan, dan risiko masalah pada ibu hamil.

Bahaya dan efek samping buah pepaya jika dikonsumsi berlebihan

Berikut ini beberapa efek samping buah pepaya jika dikonsumsi berlebihan dan tak bijak:

1. Gangguan pencernaan

Sebagai salah satu jenis buah-buahan, pepaya mengandung serat yang cukup mengesankan. Satu buah pepaya kecil berukuran 157 gram menyediakan serat sebesar 2,7  gram. Jumlah ini bisa memenuhi kebutuhan harian serat hingga 10%. Kadar serat pangan tersebut tentunya dianggap positif. Namun, jika Anda mengonsumsinya terlalu melebihi takaran sajinya, pepaya dapat menimbulkan efek samping berupa rasa tak nyaman pada perut serta diare. Apabila feses Anda menjadi berair setelah konsumsi pepaya, pertimbangkan untuk mengurangi asupannya.

2. Gangguan pada kesuburan

Efek samping buah pepaya lainnya adalah risiko gangguan pada kesuburan. Pepaya mengandung enzim papain yang dapat menyehatkan sistem pencernaan jika dikonsumsi dengan cukup. Namun, enzim tersebut juga dapat mengganggu kesehatan reproduksi.Dalam kadar yang berlebih, pepaya dapat melemahkan hormon progesteron. Buah ini juga berisiko menurunkan jumlah sperma dan memicu gangguan kesuburan.

3. Masalah pada kehamilan

Pepaya yang masih muda atau belum matang mengandung lateks dalam kadar yang tinggi. Lateks dalam pepaya tersebut dapat berbahaya bagi ibu hamil karena dapat memengaruhi uterus (rahim) dan siklus haid.Secara spesifik, lateks dalam pepaya dapat memicu kontraksi akibat konsumsi berlebih buah pepaya - terutama buah yang belum matang. Efek samping buah pepaya ini dapat berbahaya bagi ibu hamil – karena berisiko memicu persalinan prematur. Untuk itu, jika Anda tengah mengandung, Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum konsumsi buah pepaya. 

Peringatan reaksi alergi

Selain efek samping buah pepaya di atas, konsumsi buah pepaya juga harus memerhatikan peringatan reaksi alerginya. Apabila Anda memiliki alergi terhadap lateks, besar kemungkinan bahwa Anda juga alergi terhadap buah pepaya. Beberapa gejala jika seseorang mengalami alergi lateks, yaitu:
  • Gatal-gatal
  • Hidung tersumbat
  • Mengi
  • Dada sesak
Pada kasus yang parah, alergi pepaya dapat menimbulkan sesak napas. 

Manfaat buah pepaya jika dikonsumsi dengan wajar

Selain efek samping buah pepaya, ternyata ada sejumlah manfaat yang bisa didapatkan tubuh jika mengonsumsi buah ini dalam porsi wajar
Mengonsumsi buah pepaya dalam jumlah wajar akan memberikan manfaat bagi kesehatan
Jika dikonsumsi dengan bijak dan wajar, efek samping buah pepaya tentu dapat kita hindari. Malahan, buah pepaya menawarkan beberapa manfaat kesehatan yang amat menggiurkan. Manfaat buah pepaya untuk kesehatan, termasuk:
  • Mengendalikan radikal bebas dan melindungi sel, berkat kandungan antioksidannya
  • Berpotensi melawan sel kanker, berkat kandungan likopennya
  • Berpotensi menyehatkan jantung karena mengandung vitamin C dan likopen
  • Melawan peradangan berkat antioksidannya
  • Menyehatkan sistem pencernaan, karena kandungan enzim papain serta serat
  • Memelihara kesehatan kulit berkat vitamin C dan likopennya
  • Berpotensi untuk menyehatkan mata karena mengandung lutein, zeaxanthin, vitamin C dan vitamin E
  • Berpotensi untuk kendalikan gula darah
  • Menyehatkan sistem imun
  • Berpotensi untuk turunkan risiko penyakit Alzheimer

Catatan dari SehatQ

Bahaya dan efek samping buah pepaya dapat terjadi jika konsumsinya berlebihan. Apabila Anda tengah mengandung, Anda disarankan untuk berkonsultasi pada dokter sebelum mengonsumsi buah pepaya selama kehamilan.Pada konsumsi yang wajar, buah pepaya dapat menyehatkan tubuh, termasuk jaga sistem imun, jantung, kulit, mata, bahkan turunkan risiko penyakit Alzheimer.
gangguan pencernaanmasalah kehamilanbuah dan sayuranpepaya
Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/diet-nutrition/diet/papayas-nutrition-benefits-risks-how-eat-more
Diakses pada 24 Agustus 2020
Live Strong. https://www.livestrong.com/article/403281-side-effects-of-eating-too-much-papaya
Diakses pada 24 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait