logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Sex & Relationship

Bukan di Malam Hari, Ini Waktu yang Baik untuk Berhubungan Suami Istri

open-summary

Waktu yang baik untuk berhubungan suami istri ternyata bukan di malam hari. Menurut studi, ada empat waktu yang direkomendasikan untuk berhubungan seksual, yakni sore hari, di masa subur wanita, di masa ovulasi wanita, dan di malam hari.


close-summary

13 Jan 2021

| Aby Rachman

Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari

Waktu yang baik untuk berhubungan suami istri dapat disesuaikan berdasarkan tujuannya

Ada beberapa waktu yang baik untuk berhubungan suami istri

Table of Content

  • Waktu yang baik untuk berhubungan suami istri
  • Berapa lama durasi berhubungan seksual yang disarankan?
  • Pesan dari SehatQ

Kebanyakan pasangan suami istri (mungkin Anda salah satunya) biasanya melakukan hubungan seksual di malam hari. Di samping minim gangguan dari berbagai faktor, berhubungan seks di malam hari umumnya lebih khidmat karena suasananya yang hening. Namun, tahukah Anda ada waktu yang baik untuk berhubungan suami istri?

Advertisement

Yang dimaksud dengan baik di sini dapat didefinisikan dalam dua aspek, yakni secara performa dan kemungkinan untuk hamil yang lebih baik. Kapan saja waktu yang direkomendasikan untuk berhubungan intim?

Baca Juga

  • 9 Resep Membuat Hubungan Lebih Romantis dan Dekat
  • Hamil Tanpa Gejala Umum, Apakah Normal?
  • Hamil 13 Minggu, Apa Saja Perkembangan Bayi dan Keluhan yang Wajib Diwaspadai?

Waktu yang baik untuk berhubungan suami istri

Ada beberapa waktu yang dianggap lebih baik untuk melakukan hubungan suami istri. Waktu ini dapat berarti periode tertentu dalam hari dan saat wanita mengalami sejumlah kondisi.

1. Sore hari

Berdasarkan laporan dari Men's Health, sore hari, tepatnya di sekitar pukul 15:00, adalah waktu yang paling baik untuk berhubungan seks karena saat inllah laki-laki dan perempuan dianggap paling sinkron.

Meski puncak performa laki-laki biasanya ada di awal sampai pertengahan pagi karena peningkatkan testosteron, titik tertinggi hormon estrogen mereka ada di sore hari. Berhubungan seks dalam periode ini dapat membuat laki-laki lebih selaras secara emosional dengan pasangannya.

Sementara dari sisi wanita, hormon kortisol mencapai puncaknya di sekitar pukul 15:00 sehingga membantu menambah energi dan kewaspadaan mereka. Laporan tersebut juga menambahkan bahwa kombinasi ini dapat membuat laki-laki lebih terasa 'kehadirannya' secara emosional dan lebih memungkinkan untuk fokus pada kebutuhan serta kepuasan wanita saat berhubungan seks.

2. Pagi hari

Apabila Anda dan pasangan sulit melakukan seks di sore hari, waktu yang baik untuk berhubungan suami istri lainnya adalah pagi hari. Sebuah penelitian yang melibatkan 1.000 orang mengungkapkan bahwa waktu terbaik untuk berhubungan seks adalah sekitar pukul 07:30 pagi, sekitar 45 menit setelah waktu bangun tidur yang optimal untuk mengatur jam biologis tubuh dengan sempurna.

Para peneliti menyimpulkan bahwa seks di pagi hari dapat melepaskan endorfin yang dapat menurunkan tekanan darah dan meredakan stres sehingga Anda dapat mengawali hari dengan baik.

3. Di masa subur perempuan

Jika Anda dan pasangan mengincar kehamilan, cobalah untuk berhubungan seks saat perempuan memasuki masa suburnya. Anda atau pasangan biasanya memiliki satu minggu masa subur dalam setiap bulannya yang dapat meningkatkan peluang untuk hamil jika Anda berhubungan seks dalam periode ini.

Masa subur biasanya dimulai 2-3 hari sebelum Anda atau pasangan mengalami ovulasi. Waktu yang terbaik untuk berhubungan suami istri dalam periode ini adalah di hari-hari sebelum ovulasi terjadi.

4. Di masa ovulasi wanita

Sama dengan poin sebelumnya, waktu yang baik untuk berhubungan suami istri jika kehamilan menjadi tujuannya adalah di saat Anda atau pasangan mengalami ovulasi, yang ditandai dengan keluarnya banyak lendir dari serviks atau leher rahim.

Lendir serviks merupakan salah satu jenis keputihan yang tidak berbahaya dan bentuknya mirip dengan putih telur. Lendir ini biasanya keluar pada beberapa hari menjelang ovulasi. Jika Anda sudah mengetahui seperti apa bentuknya, lendir ini sangat mudah dikenali.

Lendir serviks berguna dalam meningkatkan motilitas (pergerakan) sperma dan membantunya bertahan hidup. Semakin banyak sperma hidup dan bergerak menuju tempat sel telur dilepaskan (tuba falopi), semakin tinggi kemungkinan pembuahan terjadi.

Berapa lama durasi berhubungan seksual yang disarankan?

Durasi berhubungan seksual pada setiap pasangan bisa berbeda-beda. Ada banyak faktor yang memengaruhinya, seperti situasi, usia, kesehatan, hingga pilihan personal masing-masing orang.

Menurut studi yang dilakukan pada 500 pasangan di seluruh dunia, perbedaan durasi berhubungan intim memiliki perbedaan waktu yang cukup tinggi. DIkutip dari dailymail.co.uk, durasi waktu terendah seseorang berhubungan seksual adalah 33 detik dan tertinggi adalah 44 menit.

Lantas apakah berhubungan sampai 3 jam atau lebih memungkinkan? Menurut studi, pria kemunkinan akan merasakan kesakitan jika terus mendorong penis masuk setelah ejakulasi. Ini juga membuat mereka berisiko membuang air maninya sendiri, sehingga sangat jarang terjadi.

Pesan dari SehatQ

Itulah beberapa waktu yang direkomendasikan untuk mendapatkan kepuasan seks yang maksimal dan meningkatkan peluang terjadinya kehamilan.

Jika Anda punya pertanyaan lain seputar persalinan seks, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.

Advertisement

tips seksmerencanakan kehamilan

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2023. All Rights Reserved