Bukan dengan Obat Anti-Jerawat, Ini 5 Cara Menghilangkan Fungal Acne yang Tepat

(0)
28 Sep 2020|Azelia Trifiana
Fungal acne adalah infeksi pada folikel rambut dan bisa muncul di bagian kulit manapunFungal acne terlihat seperti jerawat
Sekilas tampak sama seperti jerawat biasa, fungal acne adalah infeksi pada folikel rambut dan bisa muncul di bagian kulit manapun. Bukan hanya di wajah, fungal acne bisa muncul dengan bentuk dan ukuran beragam disertai rasa gatal. Cara menghilangkan fungal acne tidak bisa disamakan dengan mengatasi jerawat biasa.Fungal acne dapat menyebabkan munculnya whitehead hingga iritasi kulit. Ini terjadi karena jamur berkembang biak dalam jumlah terlalu banyak. Perlu identifikasi jenis infeksi ini secara akurat untuk mengetahui cara menghilangkan fungal acne dengan tepat.

Penyebab munculnya fungal acne

Berbeda dengan jerawat biasa yang muncul karena minyak dan bakteri terperangkap di pori-pori, fungal acne muncul karena jamur. Itulah mengapa nama lain dari fungal acne adalah Pityrosporum folliculitis atau Malassezia. Sebenarnya, jamur penyebab fungal acne selalu ada di kulit manusia. Normalnya tubuh bisa menyeimbangkan jumlah jamur ini secara alami. Namun ketika keseimbangan alami ini terganggu, maka jamur akan berkembang biak dalam jumlah terlalu banyak.Inilah yang menyebabkan folikel rambut mengalami infeksi dan terlihat mirip seperti jerawat.Selain itu, beberapa kondisi yang dapat merusak keseimbangan bakteri dan jamur di kulit adalah:
  • Kulit terlalu lembap

Mengenakan pakaian olahraga yang basah karena keringat dalam waktu lama bisa menyebabkan munculnya jamur. Selain itu, mengenakan kembali pakaian olahraga tanpa mencucinya juga dapat membuat kulit terpapar jamur yang mengendap di pakaian kotor.
  • Konsumsi obat

Mengonsumsi obat tertentu seperti antibiotik dapat mengurangi jumlah bakteri alami yang ada di kulit. Ini dapat merusak keseimbangan antara jamur dan bakteri.
  • Sistem kekebalan tubuh

Orang dengan masalah autoimun lebih rentan mengalami fungal acne. Salah satu jaringan yang paling umum terdampak masalah autoimun adalah kulit.
  • Perubahan pola makan

Menyeimbangkan asupan makanan manis dan tinggi karbohidrat dapat membantu meredakan pertumbuhan jamur berlebihan
  • Cuaca

Lingkungan dengan iklim panas dan membuat orang mudah berkeringat juga berisiko menyebabkan fungal acne

Cara menghilangkan fungal acne

Kesalahan paling umum terjadi dalam menerapkan cara menghilangkan fungal acne adalah memberikan obat anti-jerawat. Alhasil, fungal acne tidak akan sembuh karena memang berbeda dengan jerawat biasa.Sebelum tahu cara menghilangkan fungal acne, dokter akan menganalisis berapa lama jerawat ini muncul, pengobatan yang sudah dilakukan, termasuk gejala yang dialami.Selain itu, dokter juga bisa mengambil sampel kulit untuk melihat apakah terdeteksi jamur penyebab fungal acne. Beberapa cara menghilangkan fungal acne di antaranya:

1. Mandi lebih sering

Bagi orang yang sehari-hari berkeringat berlebih atau terpapar polusi, sebaiknya mandi lebih sering untuk menghilangkan potensi kelebihan jamur. Ingat bahwa jamur lebih banyak tumbuh di lingkungan yang hangat atau lembap seperti pakaian basah akan keringat atau baju olahraga.

2. Kenakan pakaian longgar

Pakaian yang terlalu ketat dapat menimbulkan gesekan dan aliran udara terbatas. Ini dapat memicu tumbuhnya jamur di kulit. Untuk itu, pilih pakaian longgar dengan bahan menyerap keringat agar sirkulasi udara tetap lancar.

3. Gunakan sabun atau sampo khusus

Sabun khusus dengan kandungan pyrithione zinc atau selenium sulfide dapat digunakan saat fungal acne muncul. Lakukan beberapa kali dalam seminggu dengan tetap melihat apakah kondisi fungal acne membaik atau tidak. Untuk hasil terbaik, diamkan sabun khusus atau sampo anti-ketombe ini selama beberapa menit sebelum membilasnya.

4. Obat antijamur

Apabila cara menghilangkan fungal acne tanpa obat kurang efektif, dokter bisa meresepkan obat antijamur untuk menghilangkan infeksi. Jenis obat oral ini bisa berupa itraconazole atau fluconazole.

5. Makan dengan pola seimbang

Jamur penyebab fungal acne mendapat asupan dari makanan tinggi karbohidrat dan gula. Untuk itu, seimbangkan pola makan dengan mengonsumsi buah, sayur, dan protein agar pertumbuhan berlebih jamur bisa mereda.Apabila cara menghilangkan fungal acne sudah dilakukan namun tak kunjung mereda hingga 3 minggu kemudian, konsultasikan dengan dokter spesialis kulit. Terkadang, obat anti-jamur yang diminum lebih efektif ketimbang obat oles. Konsultasikan terkait cara penggunaan obat anti jamur oral, serta efek sampingnya dengan dokter kulit Anda.Jangan samakan obat untuk mengatasi fungal acne dengan jerawat biasa karena tidak akan efektif. Mengidentifikasi jenis fungal acne yang dialami juga dapat mencegah kambuhnya infeksi fungal acne.
kulit dan kecantikan
Healthline. https://www.healthline.com/health/all-about-fungal-acne
Diakses pada 12 September 2020
Byrdie. https://www.byrdie.com/fungal-acne-4843813
Diakses pada 12 September 2020
Allure. https://www.allure.com/story/fungal-acne-pityrosporum-folliculitis-guide
Diakses pada 12 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait