Bukan Cuma Varises, Ini Penyebab Urat Tangan Menonjol Lainnya

(0)
03 May 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Ada berbagai penyebab urat tangan menonjolUrat tangan menonjol tidak hanya disebabkan varises saja
Urat tangan menonjol bisa membuat sebagian orang tidak nyaman karena dianggap mengganggu penampilan. Kondisi ini biasanya tidak berbahaya dan tidak memengaruhi fungsi tangan penderitanya. Namun, dalam kasus yang langka, urat menonjol bisa mengindikasikan adanya gangguan kesehatan, seperti varises di tangan atau trombosis vena.

Berbagai penyebab urat tangan menonjol

Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab urat tangan menonjol, mulai dari kondisi yang biasa saja hingga yang perlu segera diperiksakan ke dokter.

1. Terlalu kurus

Urat tangan menonjol dapat terjadi karena kurangnya lemak di tangan. Saat kadar lemak di tangan bertambah, urat tangan bisa semakin samar. Maka dari itu, semakin kurus diri Anda, maka urat menonjol di tangan bisa semakin terlihat.

2. Pertambahan usia

Kulit akan mengalami penipisan dan kehilangan elastisitas seiring bertambahnya usia. Kondisi ini bisa menyebabkan urat tangan menonjol.Selain itu, penuaan juga dapat membuat katup di pembuluh darah melemah dan menyebabkan darah menumpuk pada pembuluh darah dalam jangka waktu yang lebih lama. Kondisi ini memicu pelebaran vena dan urat menonjol di tangan.

3. Faktor genetik

Faktor keturunan atau genetik juga bisa menjadi kemungkinan penyebab urat tangan menonjol. Jika Anda memiliki orangtua dengan urat tangan yang menonjol, kemungkinan Anda mengalaminya juga lebih tinggi.

4. Olahraga

Olahraga dapat membuat tekanan darah meningkat dan pembuluh darah terdorong sementara.Rutin berolahraga, terutama yang melibatkan otot tangan, dapat membuat urat tangan menonjol secara permanen sehingga terlihat seperti varises di tangan. Khususnya, jika Anda sering melakukan latihan kekuatan seperti angkat beban.

5. Cuaca panas

Cuaca panas dapat memengaruhi cara kerja pembuluh vena. Kondisi ini akan membuat katup vena bekerja lebih berat sehingga pembuluh darah mengalami pembesaran dan menyebabkan urat tangan menonjol.

6. Varises di tangan

Varises adalah kondisi yang terjadi saat katup vena melemah sehingga menyebabkan pembuluh darah menonjol. Kondisi ini biasanya terjadi di betis atau bagian kaki lainnya, tapi bisa juga muncul varises di tangan.Pembuluh darah yang terkena varises di tangan bisa terlihat berkelok-kelok, membesar, dan terasa nyeri. Kondisi ini bahkan mampu menyebabkan penderitanya sulit beraktivitas.

7. Phlebitis

Phlebis adalah kondisi peradangan pembuluh darah vena. Kondisi ini dapat disebabkan infeksi, trauma, atau penyakit autoimun.Phlebis bisa memicu sejumlah kondisi, salah satunya adalah urat tangan menonjol dan membengkak.

8. Trombosis

Trombosis adalah gumpalan bekuan darah yang biasanya terjadi karena cedera pembuluh darah. Kondisi ini dapat menyebabkan peradangan pembuluh darah vena superfisial yang dikenal dengan sebutan tromboflebitis superfisial.Jika trombosis terletak jauh di dalam pembuluh darah, kondisi ini dapat menyebabkan peradangan dan pembengkakan yang disebut deep vein thrombosis (DVT) atau trombosis vena dalam.Kondisi ini sifatnya serius karena rombosis dapat terus terdorong hingga ke paru-paru sehingga bisa mengancam jiwa penderitanya.

Cara menghilangkan urat tangan menonjol

Skleroterapi
Skleroterapi adalah cara menghilangkan urat menonjol akibat varises
Cara menghilangkan urat yang menonjol di tangan dapat berbeda-beda berdasarkan penyebabnya. Biasanya, perawatan yang diberikan sifatnya cenderung kosmetik ketimbang medis.
Perawatan ini umumnya juga sama dengan cara menghilangkan varises di tangan, di antaranya:

1. Skleroterapi

Skleroterapi adalah proses menyuntikkan larutan kimia pada pembuluh darah tertarget sehingga menyebabkan jaringan parut yang akan menutup pembuluh darah.

2. Phlebotomy

Phlebotomy adalah prosedur pengambilan darah. Sayatan kecil akan dilakukan di sekitar vena untuk mengangkat bagian pembuluh yang ditargetkan. Prosedur ini memerlukan pembiusan lokal.

3. Terapi ablasi endovena

Terapi ablasi endovena, yang juga dikenal sebagai terapi laser, adalah terapi menggunakan cahaya atau gelombang radio yang diperkuat untuk menutup vena penyebab urat tangan menonjol.

4. Ligasi dan pengupasan vena

Ligasi dan pengupasan vena adalah prosedur menutup dan mengikat vena yang lebih besar untuk menutup pasokan darah menuju vena tertarget yang lebih kecil sehingga vena akan kehilangan pasokan darah dan tonjolan memudar. Prosedur ini membutuhkan anestesi umum.Urat tangan menonjol yang disebabkan oleh kondisi lebih serius dapat diberikan perawatan medis yang lebih spesifik. Dokter juga dapat meresepkan obat-obatan yang dibutuhkan sesuai masing-masing kondisi pasien.Meskipun umumnya kondisi urat tangan menonjol tidak berbahaya, tidak ada salahnya untuk memeriksakan diri ke dokter. Apalagi jika Anda merasakan gangguan kesehatan yang mengganggu atau merasa khawatir dengan keberadaan tonjolan yang mirip varises di tangan.Jika Anda punya pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
penyakit tanganvarises
Healthline. https://www.healthline.com/health/hand-veins#treatment
Diakses 19 April 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/deep-venous-thrombosis
Diakses 19 April 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/326494#causes
Diakses 19 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait