Bukan Cuma Hospital Bag, Pijat Perineum Juga Penting Dilakukan Jelang Persalinan

Pijat perineum bisa dilakukan ketika usia kehamilan menginjak trimester ketiga hingga waktu jelang persalinan
Melakukan pijat perineum jelang persalinan akan membantu Anda mempersiapkan diri untuk proses melahirkan

Selama hamil, banyak ibu yang menghindari pijat karena takut membahayakan janin. Namun sebenarnya, pijat ibu hamil boleh dilakukan asalkan kehamilannya tidak bermasalah. Salah satu pijat yang penting dilakukan jelang persalinan adalah pijat perineum.

Pijat perineum adalah memberikan stimulasi pada bagian perineum (kulit tipis antara anus dan vagina) untuk menghindari robekan perineum saat melahirkan.

Melakukan pijat perineum merupakan salah satu tips melahirkan tanpa jahitan. Artinya, selain mempersiapkan rencana persalinan hingga tas untuk dibawa ke rumah sakit, pijat perineum juga perlu dipersiapkan.

Seberapa penting pijat perineum?

Pijat perineum bisa dilakukan ketika usia kehamilan menginjak trimester ketiga hingga waktu jelang persalinan. Memijat perineum dapat melembutkan kulit tipis antara anus dan vagina. Bagian ini termasuk yang meregang paling banyak saat proses persalinan.

Tak hanya menghindari robekan jalan lahir, pijat perineum juga membuat proses pemulihan usai persalinan lebih cepat. Setidaknya jika ruptur perineum terjadi, hanya di tingkat 1 atau robekan kulit yang bisa pulih dengan cepat.

Jika masih asing dengan istilah perineum, ini adalah area jaringan antara vagina dan anus. Pada perineum, melekat otot-otot yang berperan besar dalam organ reproduksi, termasuk dasar panggul.

Cara melakukan pijat perineum

Sama seperti pijat vagina, pijat perineum bisa dilakukan sendiri di rumah. Cara melakukannya adalah dengan bantuan satu atau dua jari ke dalam perineum sehingga jaringannya sudah lebih siap meregang saat persalinan.

Terlebih, perineum merupakan area yang ikut meregang untuk memberikan ruang bagi keluarnya kepala dan tubuh bayi lewat persalinan normal. Jari yang masuk ke dalam perineum kemudian memberikan pijatan lembut ke beberapa arah sehingga area ini bisa meregang maksimal saat persalinan.

Saat melakukan pijatan, sesekali tahan di posisi tertentu untuk melatih peregangan otot perineum. Jika sudah terbiasa melakukan pijatan perineum, rasa tidak nyaman saat otot meregang lama-lama tidak akan terasa mengganggu.

Tak hanya bermanfaat untuk jaringan di perineum, pijat perineum juga membantu calon ibu melatih pernapasan ketika perineum meregang. Sensasi yang terasa ketika perineum meregang adalah sensasi seperti terbakar.

Semakin familiar seorang perempuan dengan sensasi ini, maka tidak akan terkejut lagi dengan apa yang dirasakan saat persalinan. Artinya, bisa membuat calon ibu merasa lebih percaya diri dan rileks.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan pijat perineum:

  • Pastikan jari dan tangan benar-benar bersih
  • Potong kuku yang masih panjang
  • Posisikan tubuh dengan nyaman untuk mencapai perineum (bisa dari depan atau belakang)
  • Eksplorasi beberapa posisi hingga menemukan yang paling nyaman
  • Jari masuk 2-3 cm ke dalam vagina 
  • Untuk pijat perineum awal, gunakan cermin untuk tahu apakah posisinya sudah tepat

Pijat perineum bisa dilakukan satu atau dua kali seminggu ketika usia kehamilan menginjak 34 minggu. Hanya perlu waktu tidak lebih dari 5 menit untuk melakukannya. Jika tidak bisa melakukannya sendiri, minta pasangan untuk membantu.

Manfaat pijat perineum

Alasan pijat perineum penting karena jaringan ini sangat tidak fleksibel dan sulit meregang. Akibatnya, ada kemungkinan terjadi trauma atau robekan saat persalinan.

Wajar ketika pijat perineum terasa aneh atau bahkan terasa sakit, ketika baru pertama kali dilakukan. Namun semakin sering dilatih, akan semakin mudah dan nyaman pengaplikasiannya.

Beberapa manfaat pijat perineum di antaranya:

  • Mencegah robekan jalan lahir atau ruptur perineum
  • Melatih pernapasan saat otot perineum meregang dan menimbulkan rasa sakit
  • Membuat proses pemulihan pasca-persalinan menjadi lebih cepat
  • Membuat jalan lahir lebih fleksibel saat persalinan normal
  • Melatih pikiran dan tubuh rileks saat otot perineum meregang

Pijat perineum adalah metode efektif yang perlu dilakukan sebelum persalinan. Memang bukan berarti calon ibu yang rajin melakukan pijat perineum pasti tidak akan mengalami robekan jalan lahir, namun setidaknya bisa mengurangi sensasi tidak nyaman saat proses persalinan terjadi.

Healthline. https://www.healthline.com/health/pregnancy/perineal-massage#how-to
Diakses 15 Maret 2020

American Pregnancy. https://americanpregnancy.org/first-year-of-life/perineal-massage-pregnancy/
Diakses 15 Maret 2020

Baby Centre. https://www.babycentre.co.uk/x1955/what-is-perineal-massage-and-how-is-it-done
Diakses 15 Maret 2020

Artikel Terkait