Inilah 7 Manfaat Buah Pala Si Bumbu Dapur yang Berguna

(0)
06 Nov 2019|Anita Djie
Manfaat buah pala sangat berguna untuk kesehatanManfaat buah pala tidak hanya sebagai bahan hidangan gulai ataupun kari semata
Buah pala merupakan salah satu bumbu dapur khas Indonesia yang sering digunakan untuk berbagai macam hidangan Nusantara, seperti kari, gulai, semur, dan sebagainya. Akan tetapi, bumbu dapur yang satu ini menyimpan berbagai khasiat untuk kesehatan.Manfaat buah pala tidak kalah dari bawang putih, jahe, dan bumbu dapur lainnya yang memiliki segudang khasiat bagi kesehatan. Manfaat buah pala bukan hanya sebagai peningkat cita rasa, tetapi juga untuk menjaga kesehatan Anda.

Manfaat buah pala yang mengejutkan

Buah pala yang ditambahkan ke dalam hidangan akan memberikan aroma yang kuat dan meningkatkan kehangatan saat dikonsumsi. Namun, siapa sangka, Anda tidak hanya menambahkan cita rasa dan kehangatan, tetapi juga manfaat buah pala bagi kesehatan.
  • Meningkatkan libido

Meskipun baru dilakukan riset pada hewan, tetapi buah pala berpotensi untuk meningkatkan libido atau hasrat seksual. Meskipun demikian belum diketahui secara pasti apa yang membentuk manfaat buah pala yang satu ini.Saat ini, peneliti berspekulasi bahwa senyawa tertentu dalam buah pala mampu memberikan dampak pada sistem saraf.
Manfaat buah pala adalah berpotensi mengatur gula darah
  • Mengatur kadar gula darah 

Manfaat buah pala dalam mengatur kadar gula darah ditemukan dalam studi pada tikus. Penelitian tersebut mendapati bahwa terdapat penurunan kadar gula darah dan meningkatkan fungsi organ pankreas pada tikus.Namun, riset mengenai manfaat buah pala dalam mengatur kadar gula darah memerlukan penelitian lebih lanjut, khususnya efeknya pada manusia.
  • Melindungi organ jantung

Mengonsumsi buah pala dalam bentuk suplemen diketahui dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung, seperti kolesterol tinggi, dan sebagainya. Akan tetapi masih diperlukan studi lebih lanjut pada manusia.
  • Mengurangi peradangan

Peradangan merupakan salah satu respon alamiah tubuh saat terdapat gangguan dalam badan Anda. Namun, peradangan berlebih dapat menimbulkan kondisi medis yang serius, seperti artritis, diabetes, dan sebagainya.Buah pala mengandung antoksidan dan senyawa antiradang monoterpene yang berperan dalam mengurangi inflamasi dalam tubuh.
  • Kaya akan antioksidan

Buah pala memang berukuran kecil tetapi jangan anggap sepele kandungan antioksidan di dalamnya. Manfaat buah pala dalam menjaga kesehatan sangat didukung dengan antioksidannya yang mampu membantu menangkal radikal bebas yang menjadi pemicu penyakit kronis, seperti kanker, penyakit jantung, dan sebagainya.
Manfaat buah pala ditemukan mampu mengurangi depresi
  • Meningkatkan suasana hati 

Penemuan mengejutkan menemukan manfaat buah pala dalam mengatasi depresi pada tikus. Hal ini dikarenakan efek antidepresan yang dimiliki oleh buah pala. Akan tetapi, penelitian ini baru dilakukan pada hewan saja.
  • Melawan infeksi bakteri

Manfaat buah pala dalam melawan infeksi bakteri dikarenakan senyawa antibakteri yang terdapat di dalamnya. Buah pala ditemukan mampu mengatasi bakteri Aggregatibacter actinomycetemcomitans dan Streptococcus mutans yang menjadi penyebab penyakit gusi dan lubang di gigi.Tidak hanya bakteri penyebab gusi dan lubang di gigi, buah pala juga diyakini mampu melawan bakteri E.coli yang mematikan jika beredar di dalam darah.Meskipun manfaat-manfaat buah pala di atas telah didasarkan oleh riset, tetapi masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan dan menelaah manfaat buah pala bagi kesehatan manusia.
Buah pala bisa dicampurkan ke dalam berbagai masakan

Bagaimana mengelola dan menyimpan buah pala? 

Bila Anda ingin mendapatkan manfaat buah pala, Anda tidak perlu bingung mencampurkannya dengan hidangan apa. Pada dasarnya, buah pala bisa dimasukkan ke beragam masakan dan digabungkan dengan rempah-rempah lainnya, seperti cengkeh, kayu manis, dan sebagainya.Buah pala juga bisa dipadukan dengan oatmeal, yogurt, kudapan penutup, ataupun buah. Anda bahkan bisa menambahkan buah pala ke dalam minuman, seperti smoothie, cokelat hangat, dan sebagainya.Jika Anda menggunakan buah pala utuh, Anda perlu memarutnya terlebih dahulu. Namun, Anda juga bisa mendapatkan bubuk buah pala di supermarket. Sayangnya, aroma dan cita rasa bubuk buah pala cepat hilang.

Hal yang harus diperhatikan sebelum mengonsumsi buah pala

Di balik manfaat buah pala yang melimpah, terdapat beberapa efek samping dari buah pala yang berpotensi membahayakan manusia.  Anda tidak boleh mengonsumsi buah pala secara berlebih karena dapat menimbulkan kehilangan koordinasi otot dan halusinasi.Jangan konsumsi buah pala sebanyak lebih dari 120 miligram per hari dalam jangka waktu yang panjang. Apabila Anda sedang hamil atau menyusui, memiliki kondisi medis atau mengonsumsi obat-obatan tertentu, konsultasikanlah terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi buah pala.Jadi, meskipun buah pala merupakan salah satu rempah yang bermanfaat dan baik untuk kesehatan, jangan sembarangan mengonsumsinya, ya. Pastikan Anda selalu menjaga takaran konsumsinya untuk tidak berlebihan. Tentunya, segala sesuatu yang berlebihan tidak baik, bukan?
makanan sehat
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/nutmeg-benefits
Diakses pada 06 November 2019
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/31063201
Diakses pada 06 November 2019
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1187868/
Diakses pada 06 November 2019
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/16579733
Diakses pada 06 November 2019
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1187868/
Diakses pada 06 November 2019
Verywell Health. https://www.verywellfit.com/nutmeg-benefits-side-effects-and-preparations-4178878
Diakses pada 06 November 2019
WebMD. https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-788/nutmeg-and-mace
Diakses pada 06 November 2019
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait