logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Parenting

9 Bentuk Kasih Sayang Orang Tua Kepada Anaknya

open-summary

Bentuk kasih sayang orang tua kepada anaknya dapat bermacam-macam, mulai dari berinteraksi tatap muka, berempati, menjadi pendengar, dan membantu anak menyelesaikan masalahnya.


close-summary

5

(3)

10 Mar 2020

| Asni Harismi

Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari

Mengajak anak bermain bersama merupakan contoh kasih sayang orangtua kepada anak

Sebuah keluarga sedang bermain bersama di pinggir pantai

Table of Content

  • 9 bentuk kasih sayang orangtua kepada anaknya
  • Mengapa anak harus merasakan kasih sayang orangtua?
  • Apa jadinya bila anak tak merasakan kasih sayang orangtua?
  • Bentuk kasih sayang anak kepada orangtua

Kasih sayang orangtua kepada anaknya tidak perlu diragukan lagi. Berbagai cara mereka lakukan untuk membuat anaknya merasa bahagia dan disayangi. Namun, ada juga orangtua yang mungkin belum tahu cara menunjukkan rasa cinta dan sayang pada buah hatinya.

Advertisement

Selain membelikan mainan atau mengajak anak ke restoran favoritnya, masih banyak bentuk kasih sayang orangtua kepada anaknya yang penting untuk diketahui. Apa saja?

9 bentuk kasih sayang orangtua kepada anaknya

gambar kasih sayang orang tua kepada anak
Gambar kasih sayang orang tua kepada anak

Mendapatkan kasih sayang dari orangtua adalah keinginan dari setiap anak. Maka dari itu, tak peduli berapa pun usianya, orangtua disarankan untuk terus menunjukkan rasa cintanya pada anak.

Dalam positive parenting atau pola pengasuhan positif, terdapat beberapa bentuk atau ungkapan kasih sayang orangtua kepada anak-anaknya, seperti:

1. Interaksi yang hangat dan mencintai anak

Setiap kali berinteraksi dengan anak, pastikan momen itu menjadi saat untuk merekatkan hubungan Anda dengan si kecil. Pastikan Anda melakukan kontak mata, tersenyum, atau memperlihatkan ekspresi tertentu, serta memperbanyak kegiatan fisik bersama anak.

2. Membuat batasan, aturan, dan konsekuensi

Sayang anak bukan berarti membebaskan anak untuk melakukan semua hal yang diinginkannya. Sebaliknya, kasih sayang orangtua di sini dapat berarti membuat aturan bagi dan mengomunikasikannya pada anak agar ia mengerti dan dapat menjalaninya dengan disiplin.

3. Mendengarkan dan berempati pada anak

Anak juga memiliki perasaan yang ingin dihargai. Oleh karena itu, orangtua sebaiknya meluangkan waktu untuk mendengarkan keluh kesah maupun ekspresi kebahagiaan anak untuk menunjukkan bahwa Anda peduli padanya.

4. Membantu anak menyelesaikan masalahnya

Ketika anak menemukan jalan buntu dalam masalah yang dihadapinya, jadilah orang pertama yang menawarkannya bantuan.

Kasih sayang orangtua di sini dilakukan dengan membantu anak menemukan solusi, bukan Anda yang mengambil alih tugasnya untuk memecahkan masalah tersebut.

5. Menciptakan rutinitas bersama anak

Memiliki rutinitas bersama anak adalah salah satu contoh kasih sayang orangtua kepada anaknya. Rutinitas ini tidak perlu mahal atau terlalu rumit.

Misalnya, Anda bisa rutin menceritakan dongeng pada anak pada anak sebelum tidur. Selain itu, Anda juga boleh memasak kue bersama anak.

Meski terkesan sepele, rutinitas ini dapat mempererat hubungan antara orangtua dan anaknya.

6. Melibatkan anak dalam membuat keputusan

Bentuk kasih sayang orang tua kepada anaknya dapat diciptakan dengan melibatkan si kecil dalam membuat keputusan. Dilansir dari Parents, keputusan yang dibuat tidak perlu terlalu berat.

Misalnya, mintalah anak untuk memutuskan makanan apa yang akan dimakan bersama-sama atau biarkan anak memilih tujuan tempat liburan bersama keluarga. Hal ini dapat membuat anak merasa dihargai dan dicintai oleh orangtuanya.

7. Lebih sering memeluknya

Salah satu bentuk kasih sayang orangtua kepada anaknya yang mudah untuk dilakukan adalah memeluk si kecil.

Dikutip dari Parents, kekuatan sentuhan fisik seperti memeluk dapat meningkatkan ikatan cinta antara orangtua dan anak pada setiap usia.

Saat anak sudah dewasa, jangan malu atau gengsi untuk memberikan sentuhan fisik seperti pelukan. Hal ini dapat membuat anak merasa dicintai oleh orangtuanya.

8. Membuat rutinitas bersama

Cinta orangtua kepada anak juga bisa ditunjukkan dengan cara membuat rutinitas bersama.

Rutinitas ini tidak perlu yang terlalu 'mewah'. Memasak bersama-sama di dapur, jalan kaki sambil berolahraga, atau berbincang tatap mata juga dianggap sebagai bentu kasih sayang orangtua kepada anaknya.

9. Melibatkan anak dalam membuat keputusan keluarga

Ternyata, melibatkan anak pada saat membuat keputusan keluarga juga dianggap termasuk sebagai bentuk kasih sayang orangtua yang dapat diberikan pada anaknya.

Hal ini dapat membuat anak semakin merasa 'menyatu' dengan keluarga dan ia pun dapat merasa nyaman serta aman.

Mengapa anak harus merasakan kasih sayang orangtua?

Kasih sayang orangtua merupakan pondasi yang membentuk kepribadian anak secara utuh, mulai dari kekuatan fisik, mental, emosional, hingga kemampuan mereka beradaptasi di lingkungan sosial.

Kasih sayang ini juga akan menentukan pola pikirnya dan pilihan hidup anak hingga jangka panjang. Manfaat keseluruhan dari kasih sayang orangtua terhadap anak adalah:

  • Anak akan merasa bahagia dan dapat menjalin hubungan yang harmonis dengan teman-temannya
  • Anak tidak mudah merasa stres dan bisa beradaptasi dengan situasi sulit yang dihadapinya
  • Merangsang pertumbuhan mental anak, begitu pula kemampuan emosional (EQ) dan keahlian linguistiknya
  • Membangun kepercayaan diri serta sikap optimistis dalam diri anak
  • Kasih sayang orangtua yang ditunjukkan setiap hari akan membantu anak meraih prestasi akademik
  • Anak memiliki kemampuan memecahkan masalah yang lebih baik.

Apa jadinya bila anak tak merasakan kasih sayang orangtua?

Masa kanak-kanak adalah saat yang krusial bagi perkembangan otaknya. Tanpa kasih sayang orangtua, anak kemungkinan besar bisa tumbuh menjadi pemurung, pemarah, tidak mandiri, maupun orang dewasa yang tidak fleksibel.

Dalam kasus yang ekstrem, kurang kasih sayang orangtua dalam hidup anak berpotensi membentuk karakter anak yang membangkang.

Ketika anak yang merasa kurang kasih sayang orangtua, mereka memiliki risiko tinggi untuk melakukan berbagai bentuk kenakalan remaja, seperti penyalahgunaan narkoba dan melakukan tindakan kriminal lainnya.

Bentuk kasih sayang anak kepada orangtua

Setelah mengetahui berbagai bentuk kasih sayang orangtua, anak pun perlu mengetahui bagaimana cara menyayangi kedua orangtuanya.

  • Berperilaku positif kepada orangtua

Salah satu contoh kasih sayang kepada orangtua yang perlu dipraktikkan oleh anak adalah berperilaku positif.

Misalnya, saat anak dan orangtua memiliki pandangan berbeda terhadap suatu hal, anak tetap perlu berperilaku positif dan hormat. Jangan sampai mengeluarkan kata-kata atau melakukan hal negatif yang bisa menyakiti hati ayah dan ibu.

  • Jangan mengungkit kesalahan orangtua di masa lalu

Contoh kasih sayang anak kepada orangtua yang perlu diingat adalah tidak mengungkit-ungkit kesalahan orangtua di masa lalu.

Contohnya, orangtua sering membentak anak di masa lalu ketika kesabaran mereka sudah habis. Jika ini kasusnya, jangan pernah mengungkit atau mengingatkan mereka akan hal tersebut karena dapat mengganggu hubungan anak dan orangtua.

  • Memprioritaskan orangtua

Anak adalah prioritas orangtua, mulai sejak lahir hingga dewasa. Maka dari itu, anak juga perlu memprioritaskan waktu dan tenaganya untuk orangtua.

  • Jangan menyepelekan pandangan dan opini orangtua

Ada kalanya anak dan orangtua memiliki opini atau pandangan yang berbeda terhadap isu-isu tertentu. Jika hal ini terjadi, cobalah untuk tetap menghormati pandangan orangtua.

Pengalaman hidup orangtua dengan anak tentunya berbeda. Maka dari itu, cobalah untuk melihat sesuatu dari kacamata mereka agar anak juga bisa mengerti apa yang mereka rasakan.

  • Menenangkan orangtua saat mereka marah

Kasih sayang anak kepada orangtua juga bisa ditunjukkan saat ayah dan ibu sedang marah. Kesabaran orangtua tentu ada batasnya. Jika mereka marah, jangan membalas amarah mereka dengan hal-hal yang negatif, misalnya berteriak.

Justru sebaliknya, bantulah orangtua untuk menenangkan diri ketika sedang marah agar permasalahan dapat diselesaikan dengan kepala dingin.

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan anak atau orang lanjut usia (lansia), jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga.

Advertisement

tips parentingtips mendidik anak

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved