Ragam Manfaat Budaya Hidup Sehat, Termasuk untuk Umur Panjang

(0)
30 May 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Budaya hidup sehat meningkatkan kesempatan untuk umur panjangBudaya hidup sehat meningkatkan kesempatan untuk umur panjang
Budaya hidup sehat sering dipromosikan banyak orang dan mulai menjadi tren positif untuk dijalankan. Anda pun mungkin saat ini mulai fokus untuk menjalani hidup sehat, seperti dengan olahraga teratur dan konsumsi makanan sehat. Namun, sebenarnya, kenapa sih kita perlu menjalani budaya hidup sehat? Apa manfaatnya?

5 Manfaat budaya hidup sehat, termasuk untuk umur panjang

Budaya hidup bukannya tanpa manfaat dan tujuan, ini yang akan Anda dapatkan:

1. Tubuh lebih berenergi

Anda mungkin malah merasa lesu setelah mengonsumsi makanan tak sehat. Hal ini terjadi karena tubuh tak mendapatkan gizi yang paling dibutuhkan. Menjalani budaya hidup sehat, termasuk dari konsumsi makanan bernutrisi, memberikan ‘bahan bakar’ yang dibutuhkan oleh tubuh kita – sehingga lebih berenergi dan bertenaga.Makanan sehat bukanlah makanan mahal. Kelompok makanan yang sehat, termasuk:
  • Biji-bijian utuh, bukan olahan atau rafinasi yang nutrisinya sudah hilang
  • Daging tanpa lemak
  • Produk susu rendah lemak
  • Buah-buahan
  • Sayuran
Energi juga sebenarnya didapatkan dari budaya hidup sehat lain, seperti berolahraga dan tidur yang cukup. Aktivitas fisik membantu agar oksigen dan nutrisi tersampaikan dengan baik ke jaringan tubuh. Olahraga pun membantu meningkatkan kualitas tidur.Kurang tidur atau kualitas tidur yang buruk pun dapat memicu beragam masalah kesehatan, termasuk menyebabkan lesu dan malas. Kurang beristirahat juga membuat mood menjadi buruk serta meningkatkan risiko penyakit.

2. Melawan penyakit

Menerapkan budaya hidup sehat, seperti rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat, dapat membantu menurunkan risiko berbagai penyakit, misalnya:
  • Penyakit jantung
  • Tekanan darah tinggi
  • Stroke
  • Sindrom metabolik
  • Diabetes
  • Depresi
  • Beberapa jenis kanker
  • Arthritis
Budaya hidup sehat juga diterapkan dengan mengecek kesehatan secara berkala. Anda bisa melakukan pemeriksaan berat badan, detak jantung, hingga tekanan darah. Melakukan tes urin dan tes darah juga akan bermanfaat untuk deteksi dini masalah kesehatan. Apabila dokter mengidentifikasi adanya masalah, penanganan dengan segera pun dapat diberikan.

3. Meningkatkan kualitas mood

Budaya hidup sehat tak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik. Kesehatan psikologis dan suasana hati pun memerlukan pola hidup sehat yang perlu kita jalani. Olahraga dan aktivitas fisik, misalnya, membantu merangsang produksi endorfin. Endorfin merupakan senyawa otak dan hormon yang membantu hati lebih rileks dan bahagia.Selain itu, mengonsumsi makanan sehat berpengaruh terhadap penampilan fisik yang lebih baik. Penampilan tubuh yang sehat meningkatkan rasa percaya diri – sehingga hati juga lebih gembira.Di samping olahraga dan konsumsi makanan sehat, Anda juga bisa melakukan kegiatan positif lain agar hati tetap gembira. Misalnya, menjadi relawan sosial, bergabung ke komunitas hobi tertentu, dan menghadiri kegiatan sosial lain. Berinteraksi sosial membantu meningkatkan mood dan fungsi mental lebih baik.

4. Mengendalikan berat badan

Rutin konsumsi makanan bernutrisi membantu kita terhindar dari berat badan berlebih, serta memeliharanya tetap sehat dan ideal. Tak hanya dari makanan, aktivitas fisik yang rutin dilakukan juga esensial untuk mencapai berat badan idaman.Untuk berolahraga dengan tingkat sedang, Anda bisa mengalokasikan waktu selama 150 menit setiap minggunya. Tak perlu langsung berolahraga yang ‘ribet’, Anda bisa mengawalinya dengan berjalan kaki atau lari.Sarapan pagi juga dilaporkan berpengaruh terhadap pengendalian berat badan. Mengawali hari dengan sarapan membantu kita terhindar dari lapar berlebih di siang harinya – yang kadang membuat banyak orang impulsif untuk membeli makanan cepat saji.

5. Memperpanjang umur

Menerapkan budaya hidup sehat memberi kita kesempatan untuk hidup lebih panjang. Misalnya, studi selama delapan tahun dari The American Council on Exercise melaporkan, orang yang berjalan kaki walau hanya 30 menit sehari menurunkan risiko kematian di usia muda.Mengonsumsi makanan sehat, seperti sayur dan buah-buahan, juga dilaporkan membantu mengurangi risiko kematian usia muda dan berpotensi memberikan umur panjang.

Contoh budaya hidup sehat yang perlu dijalani

Agar tujuan di atas bisa tercapai, berikut ini contoh budaya hidup sehat yang perlu Anda terapkan:
  • Sarapan pagi
  • Mencukupkan kebutuhan air putih
  • Bergerak dan berolahraga
  • Mengalokasikan waktu untuk absen dari media sosial
  • Mempelajari hal-hal baru, termasuk dari komunitas dan interaksi sosial
  • Berhenti merokok
  • Tidur yang cukup, yakni 7-9 jam dalam satu hari
  • Mengalokasikan waktu di luar rumah
  • Meditasi dan yoga

Catatan dari SehatQ

Budaya hidup sehat perlu dijalankan tak sekadar mengikuti tren saja. Hidup sehat berkaitan langsung dengan penurunan risiko penyakit, meningkatkan mood, hingga mengendalikan berat badan. Bahkan, bukan tak mungkin, hidup dan umur akan lebih panjang dengan budaya hidup sehat.
hidup sehatpola hidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/health/5-benefits-healthy-habits
Diakses pada 15 Mei 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/13-habits-linked-to-a-long-life
Diakses pada 15 Mei 2020
Help Guide. https://www.helpguide.org/articles/sleep/sleep-needs-get-the-sleep-you-need.htm
Diakses pada 15 Mei 2020
Web MD. https://www.webmd.com/fitness-exercise/ss/twelve-habits-super-healthy-people
Diakses pada 15 Mei 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait