Buang yang Negatif, Coba 7 Cara Redakan Stres dengan Energi Positif


Energi positif sebaiknya selalu Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk mengendalikan emosi Anda. Cara meredakan stres lewat energi positif bisa melalui musik, buku, ataupun meditasi.

0,0
10 Dec 2020|Azelia Trifiana
Mendengarkan musik untuk dapatkan energi positifMendengarkan musik dapat mengusir energi negatif
Saat seseorang secara terus menerus berpikir secara negatif, melihat dunia dari sudut pandang pesimistis hanya akan membuat stres semakin menjadi-jadi. Hal-hal yang membuat hidup stres memang tidak dapat dihindari. Namun kita dapat meresponnya dengan baik sehingga membangun energi positif di dalam diri.
Dengan membangun energi positif Anda akan dapat mengurangi rasa stres.

Cara membangun energi positif

Menciptakan energi positif perlu upaya yang tidak mudah. Hasilnya pun tidak instan. Mulai dari energi, perasaan, hingga orang-orang di sekitar harus berada di frekuensi yang sama.Beruntungnya, energi ini bisa diperoleh dari hal-hal sepele yang mungkin kerap luput diperhatikan. Apa saja?

1. Menyalakan musik

seorang wanita mendengarkan musik lewat hp
Dengarkan musik untuk mengembalikan semangat
Lihat aplikasi pemutar musik langganan Anda, lalu pilih jenis musik yang membangkitkan mood menjadi lebih semangat. Ini adalah stimulus sederhana namun tepat sasaran untuk membangun positive self-talk.Bahkan jika ada lirik inspiratif yang terus menerus tertanam di benak hingga berhari-hari, bisa saja menjadi soundtrack bagaimana mental seseorang bekerja. Cara ini ampuh menangkal komplain, kritik, hingga pikiran negatif yang membatasi kemampuan diri.

2. Membaca buku inspiratif

perempuan sedang baca buku sambil tersenyum
Kembalikan energi positif dengan membaca buku inspiratif
Buku-buku motivasi bisa menjadi sumber inspirasi untuk mengubah pola pikir seseorang terhadap diri sendiri. Jadi, ketimbang memenuhi pikiran dengan hal-hal negatif, ganti dengan konsep lain yang ada di dalam buku.Siapa tahu, ada ilmu baru dari buku yang belum pernah disadari sebelumnya. Jenis buku yang cocok untuk meredakan stres biasanya dapat membangkitkan motivasi dan memberikan pendekatan positif.

3. Berkumpul dengan orang-orang positif

kumpul dengan teman
Biarkan energi positif orang lain menular ke Anda
Salah satu cara terpenting dan jangan sampai terlewat adalah selalu berkumpul dengan orang-orang berpikiran positif. Perbanyak interaksi dengan mereka. Dengan demikian, pola pikir pun juga akan tertular kental akan energi positif.Tak hanya untuk interaksi sosial biasa, sosok orang-orang positif ini juga penting saat ingin berbagi keluh kesah. Mereka bisa memberikan saran yang mencerahkan namun tetap realistis.Cara memilah apakah orang-orang di sekitar termasuk positif atau negatif, perhatikan bagaimana perasaan Anda saat berada di dekat mereka. Jika mereka tidak mendukung dan justru membuat mood swing, ada baiknya mencari lingkaran pertemanan lain yang lebih positif.

4. Berlatih afirmasi

Sesering mungkin, berikan afirmasi positif pada diri sendiri. Fokuslah pada peluang yang masih terbuka, bukan pada hal-hal yang membatasi. Tak hanya itu, fokuslah pada solusi dan bukan masalah. Cara-cara ini dapat menurunkan kadar stres karena merasa lebih bisa mengendalikan situasi.

5. Meditasi

meditasi
Meditasi mampu meredakan stres
Tidak berlebihan bahwa jenis meditasi dapat meredakan stres lewat energi positif yang mengalir ke jiwa raga. Lakukan meditasi loving-kindness yang dapat meningkatkan rasa empati, kemampuan memaafkan orang lain, serta perasaan terhubung dengan orang lain.Dalam meditasi ini, energi positif difokuskan pada diri sendiri. Barulah kemudian disebarkan ke orang-orang terdekat, teman, rekan kerja, lingkaran komunitas, bahkan hingga penjuru dunia.

6. Mengubah pola pikir

Ketimbang menghabiskan waktu dengan memberi ruang bagi energi negatif dan pengalaman di masa lalu, coba ubah pola pikir ke arah hal-hal proaktif. Tentunya, fokusnya adalah apa yang bisa dilakukan untuk mencari solusi atas suatu masalah.Jika seseorang tanpa sadar terus menerus fokus pada hal negatif, coba alihkan ke aspek positif. Cara ini dapat membuat stres mereda. Tak hanya itu, ingat pula bahwa pola pikir negatif hanya akan membuat tubuh dan pikiran merasa lebih lelah.

7. Bersyukur

perempuan tersenyum
Syukuri dan nikmati apa yang Anda miliki
Ada lagi cara sederhana namun ampuh untuk mengumpulkan energi positif. Bersyukur atas apa saja yang dimiliki, bahkan hal yang paling sepele sekalipun. Anda bisa melakukannya dengan menuliskan di jurnal, di ponsel, atau sekadar membayangkannya saja sudah membuat perasaan jadi tentram.Menghitung apa saja hal baik yang sudah terjadi pada diri sendiri akan membuat seseorang merasa lebih puas pada kehidupannya. Tak melulu harus membandingkan dengan kehidupan orang lain, tapi cukup dengan merunut hal-hal yang patut disyukuri.

Biasakan diri melakukan hal ini. Pilih waktu yang paling tepat. Bisa saat pagi hari ketika baru terbangun, di siang hari saat jeda dari rutinitas, hingga malam hari saat akan beristirahat.Manfaat energi positif terhadap pengelolaan stres sangatlah signifikan. Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar bagaimana pikiran negatif memperburuk stres seseorang, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kesehatan mentalstrespola hidup sehat
Verywell Mind. https://www.verywellmind.com/reduce-stress-positive-energy-3144815
Diakses pada 26 November 2020
Shape. https://www.shape.com/lifestyle/mind-and-body/how-to-de-stress-positive-energy
Diakses pada 26 November 2020
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/stress-management/in-depth/positive-thinking/art-20043950
Diakses pada 26 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait