Penyebab buah zakar bengkak sebelah adalah penumpukan cairan pada pelapis buah zakar
Buah zakar besar sebelah dapat mengindikasikan kondisi tertentu

Pernahkah Anda memeriksa atau memerhatikan bentuk normal buah zakar? Kemungkinan besar Anda akan menemukan ukuran buah zakar kiri dan kanan sedikit berbeda. Anda tidak perlu khawatir karena ini adalah kondisi yang normal. Rata-rata ukuran buah zakar adalah 4 x 3 x 2 cm, dan berbentuk oval dengan permukaan yang halus.

Buah zakar kiri biasa terletak lebih rendah daripada yang kanan. Buah zakar menggantung pada struktur seperti tali yang disebut spermatic cord, dan dibungkus oleh kantong yang disebut skrotum. Dalam keadaan tertentu, buah zakar dapat membesar melebihi ukuran normal, dan pembesaran dapat terjadi pada salah satu testis atau keduanya. Kondisi yang menyebabkan buah zakar membesar dapat bervariasi, dari kondisi yang dapat sembuh dengan sendirinya, sampai kondisi gawat darurat yang membutuhkan tindakan operasi segera.

Gejala dan Penyebab Buah Zakar Besar Sebelah

Gejala yang menyertai buah zakar besar sebelah yang membutuhkan penanganan segera di antaranya:

  • Nyeri tajam pada buah zakar atau jaringan sekitarnya
  • Buah zakar tampak kemerahan
  • Keluarnya cairan dari penis
  • Nyeri saat berkemih
  • Pembengkakan buah zakar

Sementara itu, terdapat beberapa hal yang menjadi penyebab buah zakar besar sebelah, di antaranya:

1. Torsio Testis

Suatu keadaan di mana spermatic cord terpuntir, sehingga mengganggu aliran darah ke buah zakar. Buah zakar dapat tampak besar sebelah, tergantung pada buah zakar yang terpengaruh, dan disertai dengan nyeri hebat yang muncul tiba-tiba. Torsio testis membutuhkan tindakan operasi segera untuk mengembalikan aliran darah. Jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat, torsio testis dapat menyebabkan kemandulan.

2. Hidrokel

Buah zakar yang bengkak sebelah dapat disebabkan oleh penumpukan cairan pada pelapis buah zakar. Pada anak-anak, hidrokel berhubungan dengan kelainan bawaan berupa terhubungnya skrotum dengan rongga perut. Sedangkan pada orang dewasa, hidrokel dapat disebabkan oleh trauma atau radang pada jaringan di sekitar buah zakar.

Pada umumnya, hidrokel dapat sembuh dengan sendirinya. Tindakan operasi dibutuhkan jika hidrokel terjadi bersamaan dengan hernia, di mana sebagian usus turun dari rongga perut dan masuk ke dalam skrotum. Operasi juga mungkin dibutuhkan jika hidrokel tidak menghilang dengan sendirinya setelah beberapa waktu.

3. Varikokel

Varikokel adalah pembesaran pembuluh darah balik vena pada testis, sama seperti varises yang sering ditemukan pada tungkai. Varikokel dapat memengaruhi kedua testis, tetapi lebih sering terjadi pada testis sebelah kiri. Derajat varikokel bervariasi dari kecil sampai besar. Pada umumnya, varikokel besar akan menyebabkan buah zakar besar sebelah. Penanganan meliputi tindakan operasi untuk mengikat varikokel. Kondisi ini sering dihubungkan dengan volume testis yang lebih kecil dan infertilitas.

4. Orkitis atau Epididimitis

Radang pada buah zakar atau epididimis juga dapat menyebabkan buah zakar besar sebelah. Penyebab orkitis yang paling umum adalah infeksi virus, seperti pada gondongan (mumps). Orkitis juga dapat disebabkan oleh penyakit menular seksual akibat infeksi bakteri. Sedangkan epididimitis paling sering disebabkan oleh infeksi bakteri. Pengobatan antibiotik dapat mengatasi orkitis dan epididimitis akibat bakteri dengan baik. Sementara pada infeksi virus, penting untuk mendapatkan istirahat yang cukup, dan melakukan pengobatan yang sesuai dengan anjuran dokter untuk mengurangi gejala.

5. Tumor Testis

Tumor pada testis juga dapat menyebabkan buah zakar besar sebelah. Tumor berhubungan dengan pertumbuhan sel abnormal, yang dapat bersifat jinak atau ganas. Pembesaran testis akibat tumor testis biasanya berlangsung perlahan, tidak disertai rasa nyeri, dan sering hanya berdampak pada salah satu testis saja. Penanganan tumor testis mencakup operasi, radiasi, dan kemoterapi

Penting untuk melakukan pemeriksaan buah zakar secara rutin, agar Anda dapat mengetahui bentuknya yang normal seperti apa, dan segera mengetahui jika terjadi perubahan. Jangan ragu untuk segera berkonsultasi dengan dokter, jika dari pemeriksaan yang Anda lakukan menemukan kondisi buah zakar besar sebelah.

Healthline. https://www.healthline.com/health/mens-health/average-testicle-size
Diakses pada Mei 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321234.php
Diakses pada Mei 2019

American Family Physician. https://www.aafp.org/afp/1999/0215/p817.html
https://emedicine.medscape.com/article/2036003-overview
Diakses pada Mei 2019

Mayoclinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/hydrocele/symptoms-causes/syc-20363969
Diakses pada Mei 2019

Medscape. https://emedicine.medscape.com/article/1016840-overview
Diakses pada Mei 2019

American Family Physician. https://www.aafp.org/afp/1999/0215/p817.html
Diakses pada Mei 2019

Mayoclinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/testicular-cancer-care/diagnosis-treatment/drc-20352991
Diakses pada Mei 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed