11 Buah yang Mengandung Protein yang Bisa Anda Santap Setiap Hari

(0)
18 Jan 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Ada banyak buah yang mengandung protein, salah satunya jeruk!Jeruk menjadi salah satu buah yang mengandung protein.
Telur dan daging mungkin menjadi sumber alami protein yang paling dikenal. Namun, ternyata ada banyak buah yang juga mengandung protein yang bisa Anda santap, mulai dari jambu, nangka, hingga alpukat. Kenali berbagai buah yang mengandung protein ini guna mencukupi kebutuhan protein harian Anda.

11 buah yang mengandung protein

Protein adalah nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk membentuk fondasi organ, otot, kulit, hingga hormon. Nutrisi ini juga diperlukan untuk menjaga dan memperbaiki jaringan tubuh.Tidak hanya itu, studi juga membuktikan kalau protein bisa menurunkan berat badan, mengurangi lemak perut, meningkatkan kekuatan serta massa otot. Untuk meraih berbagai manfaat dan fungsi protein tersebut, mari konsumsi berbagai buah yang mengandung protein ini.

1. Jambu biji

Jambu biji adalah buah yang mengandung protein tinggi
Rasanya lezat, jambu biji juga mengandung protein tinggi!
Jambu biji merupakan buah yang mengandung protein tinggi. Di dalam satu cangkir jambu biji, Anda bisa mendapatkan 4,2 gram protein. Selain itu, buah yang sering dijadikan jus ini juga mengandung vitamin C dan serat yang sangat dibutuhkan tubuh.

2. Alpukat

Tidak berlebihan rasanya jika alpukat dipercaya sebagai salah satu buah paling menyehatkan. Di dalam satu cangkir saja, alpukat sudah mengandung 3 gram protein beserta nutrisi penting lainnya. Selain itu, buah ini juga mengandung lemak baik, serat, hingga kalium yang sangat menyehatkan.

3. Nangka

Tahukah Anda kalau nangka merupakan buah yang mengandung protein tinggi? Di dalam satu cangkir buah nangka, terdapat 2,8 gram protein untuk membantu Anda memenuhi angka kecukupan gizi (AKG) harian Anda.

4. Kiwi

Kiwi merupakan buah yang kandungan proteinnya tidak boleh diremehkan. Buah yang rasanya asam dan manis ini mengandung 2 gram protein di setiap satu cangkirnya. Selain itu, kiwi juga menjadi buah yang mudah dikonsumsi. Anda hanya perlu membersihkan buah ini dengan air mengalir sebelum menyantapnya langsung.

5. Aprikot

Meski tidak populer di Indonesia, aprikot merupakan buah yang kandungan proteinnya cukup tinggi. Satu cangkir berisikan potongan aprikot sudah mengandung 2,3 gram protein. Selain itu, Anda juga bisa menjadikan buah ini sebagai salad.

6. Blackberry

Blackberry adalah buah berukuran kecil yang memiliki manfaat besar untuk kesehatan. Salah satu kandungan nutrisi yang dimiliki buah ini adalah protein. Di dalam satu cangkir buah blackberry, terdapat 2 gram protein di dalamnya.

7. Raspberry

Sama seperti blackberry, raspberry juga memiliki ukuran yang kecil dan kaya protein. Di dalam satu cangkir saja, buah ini mengandung 1,5 gram protein. Raspberry juga cocok dijadikan sebagai camilan sehat.

8. Kismis

Kismis adalah buah anggur yang dikeringkan. Rasanya manis dan sering dijadikan topping di atas kue. Selain itu, kismis juga mengandung protein yang baik untuk tubuh Anda. Setiap 60 butir kismis mengandung 1 gram protein.

9. Pisang

Pisang adalah buah yang mengandung protein tinggi
Pisang merupakan buah yang mengandung protein
Pisang adalah buah bernutrisi tinggi yang baik dikonsumsi. Selain kaya akan kalium, pisang juga mengandung protein. Satu buah pisang berukuran sedang diperkirakan mengandung 1,3 gram protein.Selain itu, sebuah studi juga membuktikan bahwa mengonsumsi pisang saat berolahraga dapat memberikan tenaga yang setara dengan mengonsumsi minuman olahraga.

10. Grapefruit

Grapefruit merupakan buah-buahan sitrus yang mengandung vitamin C tinggi. Tidak hanya itu, di dalam sebuah grapefruit berukuran sedang juga terdapat 1,6 gram protein.

11. Jeruk

Masih dari keluarga buah-buahan sitrus, kini ada jeruk. Buah berwarna oranye dengan rasa asam dan manis ini ternyata juga mengandung protein. Sebuah jeruk berukuran sedang mengandung 1,2 gram protein yang baik untuk kesehatan.

Kebutuhan harian protein sesuai jenis kelamin dan usia

Kebutuhan harian protein setiap orang berbeda-beda, tergantung dari jenis kelamin dan usianya.
  • Bayi: 10 gram per hari
  • Anak sekolah: 19-34 gram per hari
  • Remaja laki-laki: 52 gram per hari
  • Remaja perempuan: 46 gram per hari
  • Pria dewasa: 56 gram per hari
  • Wanita dewasa: 46 gram per hari
  • Wanita hamil dan menyusui: 71 gram per hari.
Dengan memahami kebutuhan protein sehari-hari Anda, usahakan untuk penuhi kebutuhan harian protein dengan mengonsumsi berbagai buah yang mengandung protein di atas dan sumber-sumber protein lainnya.Jika Anda merasa khawatir mengenai kadar protein di dalam tubuh Anda, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga!
proteinmakanan sehathidup sehatbuah dan sayuran
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/20-delicious-high-protein-foods
Diakses pada 3 Januari 2020
Web MD. https://www.webmd.com/diet/ss/slideshow-fruits-with-most-protein
Diakses pada 3 Januari 2020
Web MD. https://www.webmd.com/food-recipes/protein
Diakses pada 3 Januari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait