10 Buah yang Mengandung Gula Tinggi


Ada beberapa buah yang mengandung gula tinggi. Bagi mereka yang membatasi asupan gula, ada baiknya selektif sebelum mengonsumsi buah tinggi gula. Contoh buahnya adahal apel, jeruk, mangga, hingga pisang.

0,0
28 Jul 2021|Azelia Trifiana
Jenis buah dengan kandungan gula tinggiJenis buah dengan kandungan gula tinggi
Ketika membahas tentang rekomendasi makan yang sehat buah-buahan pasti masuk dalam daftar. Menariknya, ada beberapa buah yang mengandung gula tinggi. Bagi mereka yang membatasi asupan gula, ada baiknya selektif sebelum mengonsumsi buah tinggi gula.Meski demikian, ini bukan berarti buah-buahan yang manis adalah pantangan. Selama dikonsumsi sewajarnya, tak ada masalah dan Anda tetap bisa mendapatkan nutrisinya.

Jenis buah tinggi gula

Pada dasarnya, gula memang memiliki kadar gula tinggi dibandingkan dengan bahan pangan lainnya. Namun, bukan berarti mengonsumsi buah yang mengandung gula tinggi dapat langsung memberikan dampak negatif terhadap metabolisme tubuh.Ini adalah sebuah miskonsepsi. Sebab, fruktosa yang biasanya terdapat dalam buah tinggi gula hanya akan berbahaya jika dikonsumsi dalam jumlah sangat banyak. Selain itu, cukup mustahil mengonsumsi fruktosa berlebihan hanya dari buah saja.Lalu, apa saja jenis buah yang mengandung gula tinggi?

1. Mangga

Ada sekitar 45 gram gula dalam sebutir mangga. Sementara kalorinya sekitar 99 kalori, sehingga orang yang sedang menjaga berat badan atau membatasi asupan gula, sebaiknya konsumsi sewajarnya dan tidak berlebihan.

2. Leci

buah leci
BUah leci terkenal dengan rasanya yang manis
Buah bulat berwarna daging putih dan kulit merah atau hijau ini mengandung 29 gram gula pada tiap cangkirnya. Oleh sebab itu, disarankan mengonsumsinya sewajarnya. Bukan hanya gulanya saja yang tinggi. Kalsium di dalamnya mencapai 136 miligram, jauh lebih tinggi dari rekomendasi asupan harian sebanyak 75 miligram.

3. Anggur

Secangkir anggur mengandung 23 gram gula. Terlebih, seseorang bisa saja tanpa terasa sudah mengonsumsi anggur cukup banyak tanpa terasa. Alternatifnya, coba iris anggur menjadi dua dan bekukan di freezer. Ini adalah strategi untuk mengonsumsinya secara perlahan dan sewajarnya.

4. Apel

apel
Selain manis, apel juga kaya akan serat
Buah apel yang berukuran sedang mengandung gula sekitar 19 gram. Namun, buah tinggi serat ini akan membuat orang yang mengonsumsinya merasa kenyang lebih lama. Jadi, tentu dapat membatasi asupan kalori agar tidak berlebih.

5. Ceri

Buah yang kerap menjadi hiasan cake ini mengandung 18 gram gula per cangkirnya. Dengan kandungan gula setinggi itu, tak heran banyak orang merasakan sensasi seperti makan permen saat mengonsumsinya. Selain itu, secangkir buah ceri juga mengandung 97 kalori dan 25 gram karbohidrat.

6. Jeruk

jeruk
Selain manis, juga kaya akan vitamin C
Buah yang mengandung gula tinggi berikutnya adalah jeruk. Dalam sebutir jeruk berukuran besar, ada 17 gram gula. Selain itu, juga terdapat antioksidan seperti vitamin C yang sudah memenuhi kebutuhan harian Anda. Jika ingin mengonsumsinya, sebaiknya pilih jeruk utuh ketimbang olahan berupa jus.

7. Pir

Buah pir mengandung 17 gram gula. Selain itu, juga terdapat 6 gram serat dalam buah berukuran sedang sehingga sama seperti apel, bisa memberikan rasa kenyang lebih lama. Di dalam buah pir juga terdapat 27 gram karbohidrat dan 101 kalori.

8. Nanas

buah nanas
Nanas juga kaya akan vitamin C
Mirip seperti buah pir, secangkir nanas mengandung gula sebanyak 16 gram. Selain itu, nanas juga memenuhi 131% kebutuhan vitamin C harian dan 76% kebutuhan mineral berupa mangan. Jika ingin mengolahnya menjadi jus selain dimakan langsung, maka tak perlu memberikan tambahan gula.

9. Semangka

Terdapat sekitar 17 gram gula dalam irisan semangka berukuran sedang. Seperti namanya, semangka mengandung banyak air dan mineral berupa elektrolit yang dapat mencukupi kebutuhan cairan tubuh.

10. Pisang

pisang
Selain manis juga mengandung potasium
Sebuah pisang berukuran sedang memiliki kadar gula sekitar 14 gram. Kalorinya pun sekitar 105. Menariknya, buah berwarna kuning ini juga mengandung serat, potasium, dan magnesium. Selain itu, ada juga kandungan antioksidan yang dapat meredakan peradangan.

Catatan dari SehatQ

Jangan lupakan bahwa buah-buahan dapat memberikan sensasi kenyang lebih lama. Sebab, kandungan serat dan air di dalamnya membuat indeks satiety lebih tinggi. Ini adalah indeks untuk mengukur seberapa besar kontribusi buah dalam memberikan rasa kenyang.Cara mengonsumsinya yang mengharuskan seseorang mengunyah cukup intens juga turut berperan.Dalam penelitian Department of Biochemistry University of Sydney, buah seperti apel dan jeruk termasuk yang indeks satiety paling tinggi. Bahkan, sensasi kenyang yang muncul jauh lebih tinggi ketimbang daging sapi dan telur.Namun tetap saja, konsumsi buah sebaiknya jangan berlebihan. Semua yang berlebihan tentu tidak baik. Oleh sebab itu, baik mengonsumsi buah tinggi gula maupun tidak, sebaiknya konsumsi sewajarnya saja.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar rekomendasi buah yang aman dikonsumsi setiap hari, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
makanan sehatmakanan dietpola hidup sehat
WebMD. https://www.webmd.com/diet/ss/slideshow-fruit-sugar
Diakses pada 14 Juli 2021
Women’s Health Mag. https://www.womenshealthmag.com/food/a19989522/high-low-sugar-fruits/
Diakses pada 14 Juli 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/is-fruit-good-or-bad-for-your-health
Diakses pada 14 Juli 2021
European Journal of Clinical Nutrition. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/7498104/
Diakses pada 14 Juli 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait