11 Buah yang Bikin Gemuk Ini Buat Badan Lebih Berisi

Pisang dan alpukat menjadi segelintir buah yang bisa bikin gemuk.
Buah yang bikin gemuk sangat beragam, mulai dari pisang hingga aprikot.

Buah yang bikin gemuk mungkin bisa menjadi opsi bagi Anda yang ingin membuat badan berisi, tapi ragu atau takut mencoba obat-obatan penggemuk badan, apalagi yang belum teruji. Selain aman, buah-buahan ini juga mengandung banyak sekali nutrisi.

Buah yang bikin gemuk untuk badan lebih berisi

Walaupun kebanyakan berkalori rendah, tapi sebagian buah mengandung karbohidrat dan lemak tinggi, lho. Penasaran dengan buah yang bikin gemuk ini?

1. Pisang

Selain lezat, pisang yang sangat menyehatkan ini juga menjadi buah yang bikin gemuk. Tidak heran, buah berwarna kuning ini mengandung banyak karbohidrat dan kalori. Satu buah pisang berukuran sedang dengan berat 118 gram mengandung 105 kalori, 0,4 gram lemak, dan 27 gram karbohidrat.

2. Alpukat

Alpukat merupakan buah "ajaib" yang tidak hanya enak jadi camilan, tapi juga menyehatkan tubuh. Tidak hanya itu, alpukat juga mampu jadi buah yang bikin badan gemuk.

Satu buah alpukat berukuran sedang dengan berat 100 gram, mengandung 161 kalori, 15 gram lemak, dan 8,6 gram karbohidrat. Selain itu, alpukat juga mengandung nutrisi penting seperti kalium, vitamin K, C, B5, dan B6.

3. Kelapa

Daging buah kelapa yang berwarna putih juga bisa membantu Anda menggemukkan badan. Sekitar 28 gram porsi daging kelapa, bisa mengandung 99 kalori, 9,5 gram lemak, dan 4,3 karbohidrat.

4. Mangga

Buah mangga
Buah mangga mengandung kalori yang tinggi

Sama seperti pisang, mangga juga menjadi buah yang bikin gemuk, karena mengandung kalori serta karbohidrat. Sekitar 165 gram mangga, mengandung 99 kalori, 0,6 gram lemak, dan 25 gram karbohidrat. Si manis yang kulitnya berwarna hijau ini mengandung banyak vitamin B, A, dan E.

5. Anggur

Buah “mewah” yang satu ini ternyata bisa membuat badan berisi. Sekitar 1 cangkir anggur segar mengandung 104 kalori, yang bisa membantu Anda mencapai berat badan ideal.

Buah anggur yang menyehatkan dengan segudang jenis ini memiliki banyak manfaat kesehatan, seperti mencegah kanker hingga menjaga kesehatan jantung.

6. Nanas

Buah yang menyegarkan ini mengandung 83 kalori. Tidak heran kalau nanas masuk dalam daftar buah yang bikin gemuk. Satu cangkir nanas juga mengandung 78,9 miligram (mg) vitamin C, yang membuatnya bisa meningkatkan kesehatan sistem imun tubuh.

7. Kurma

Buah kurma
Buah kurma

Buah yang sering dijadikan makanan wajib saat bulan Ramadan ini ternyata mengandung 66,5 kalori, 0,1 gram lemak, dan 18 gram karbohidrat. Kurma menjadi sumber zat besi dan vitamin B6 yang baik, lho.

Cobalah mencampurkan kurma dengan mentega kacang almon atau potongan buah kelapa, untuk menambah jumlah kalorinya.

8. Aprikot

Di lidah orang Indonesia, mungkin aprikot masih asing. Namun, buah ini patut dicoba untuk membuat badan berisi. Di swalayan, banyak aprikot kering yang dijual. Satu porsinya (28 gram), mengandung 67 kalori, 0,1 gram lemak, dan 18 gram karbohidrat.

Di samping itu, aprikot mengandung beta-karoten, lutein, dan zeaxanthin yang bisa menyehatkan mata Anda.

9. Tin

Buah tin atau yang dikenal dengan sebutan buah ara, juga bisa menjadi buah yang bikin gemuk. Buah ini bisa disajikan segar ataupun kering. Satu porsi buah tin (28 gram) mengandung 70 kalori, 0,3 gram lemak, dan 18 gram karbohidrat.

Untuk Anda yang tidak suka buah kering, coba saja rebus buah tin selama 10 menit sampai teksturnya lembut.

10. Kismis

Sejatinya, kismis adalah buah anggur yang dikeringkan. Sekitar 28 gram kismis, mengandung 85 gram kalori, 0,1 gram lemak, dan 22 gram karbohidrat. Cukup mengagetkan, bukan? Itulah sebabnya, kismis dianggap sebagai buah penggemuk badan.

Kismis merupakan sumber magnesium, mangan, dan banyak vitamin B. Selain bikin badan berisi, kismis juga menyehatkan.

11. Zaitun

Buah yang sering dikenal dalam bentuk minyaknya ini ternyata memiliki kalori yang tinggi, dan bisa membantu Anda mencapai badan berisi. Setidaknya, buah zaitun hitam seberat 100 gram mengandung 10,9 g lemak, 116 kalori, dan 6,04 g karbohidrat.

Buah yang warnanya beragam ini juga menjadi sumber kalsium, zat besi, magnesium, kalium, hingga zinc, lho!

Tips menambah berat badan lainnya

Selain mengonsumsi buah yang bisa bikin gemuk di atas, masih ada beberapa tips menambah berat badan lain yang bisa dicoba.

  • Olahraga

Berolahraga, terutama latihan berat di gym, dapat membantu Anda meningkatkan massa otot. Otomatis, berat badan akan menambah. Berolahraga juga bisa meningkatkan nafsu makan.

  • Gunakan piring yang lebih besar

Menggunakan piring yang lebih besar membuat Anda bisa menambah lebih banyak kalori ke dalam menu makan. Sebab, piring kecil membuat asupan makan Anda jadi lebih sedikit.

  • Tidur yang cukup

Kalau sudah berolahraga untuk meningkatkan massa otot, dapatkanlah jam tidur yang cukup. Jika Anda kurang tidur, maka pertumbuhan otot akan terganggu, sehingga rencana menaikkan berat badan jadi gagal. Anda disarankan untuk tidur 7-9 jam per hari.

  • Menghindari rokok

Perokok cenderung memiliki badan yang lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak merokok. Berhenti merokok bisa membantu Anda menaikkan berat badan.

Mengombinasikan buah yang bisa bikin gemuk di atas dengan beberapa aktivitas seperti olahraga, bisa memuluskan jalan Anda untuk mendapatkan berat badan ideal. Namun ingat, sebelum memasang target berat badan, tanyakan dulu kepada dokter mengenai berat badan ideal Anda.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/high-calorie-fruits#fresh-fruits
Diakses pada 27 Februari 2020

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/271156#benefits
Diakses pada 27 Februari 2020

Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/diet-nutrition/8-reasons-eat-pineapple/
Diakses pada 27 Februari 2020

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/expert-answers/underweight/faq-20058429
Diakses pada 27 Februari 2020

Artikel Terkait