6 Buah yang Bagus untuk Mata

(0)
06 Aug 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Buah yang bagus untuk mata, mulai dari mangga hingga pepaya!Buah yang bagus untuk mata sangat beragam, salah satunya jeruk.
Buah yang bagus untuk mata, seperti mangga dan pepaya, sangat mudah dicari di pasar maupun swalayan dekat rumah kita. Berbagai macam nutrisi dan zat mineral yang dikandungnya tidak hanya berdampak baik untuk mata saja, tapi juga menyehatkan berbagai organ tubuh lainnya.

Buah yang bagus untuk mata

Dengan menjalani pola makan sehat, berbagai macam penyakit mata di bawah ini dapat dicegah:
  • Katarak, yang menyebabkan penglihatan kabur
  • Degenerasi makula, yang dapat membatasi penglihatan hingga kebutaan
  • Glaukoma
  • Mata kering
  • Rabun senja
Ada banyak makanan yang dapat dikonsumsi untuk menyehatkan mata kita, salah satunya adalah buah-buahan. Mari mengenal berbagai buah yang bagus untuk mata ini, supaya mata terhindar dari penyakit.

1. Jeruk

Si buah yang menyegarkan tenggorokan dengan rasa asam dan manisnya ini ternyata mampu menyehatkan mata. Sebab, jeruk mengandung vitamin C yang dipercaya dapat mencegah katarak.Vitamin C juga menyehatkan pembuluh darah di mata, sehingga dapat mencegah berbagai penyakit datang.
Tidak hanya itu, jeruk merupakan salah satu buah yang mengandung banyak air, sehingga kelembapan mata akan terjaga. Dengan kata lain, mata kering pun ogah mendekat.

2. Aprikot

Sama seperti jeruk, aprikot mengandung berbagai macam nutrisi yang dapat mencegah penyakit mata. Sebut saja beta-karoten, yang dikenal secara turun-temurun dapat mencegah penuaan pada mata.Aprikot juga mengandung zinc, tembaga, vitamin C dan E. Ketika mereka bekerja sama, degenerasi makula dapat dikalahkan.

3. Alpukat

Tahukah Anda mengapa alpukat masuk dalam golongan buah yang bagus untuk mata? Buah berwarna hijau dengan biji berukuran besar ini dipercaya mampu menyehatkan mata karena mengandung lutein dan zeaxanthin.Kedua komponen ini dipercaya dapat membantu mata melihat lebih baik di malam hari, serta menjaganya dari sinar ultraviolet atau UV.

4. Pepaya

Tidak hanya baik untuk sistem pencernaan, pepaya juga baik untuk kesehatan mata, lho! Sebab, pepaya mengandung zat mineral, antioksidan, dan enzim yang dapat menyehatkan mata secara keseluruhan.

5. Mangga

Mangga
Mangga, si buah yang bagus untuk mata
Buah yang bagus untuk mata ini “laris manis” di lidah orang Indonesia. Selain mudah ditemukan, mangga juga sangat lezat untuk dimakan.Ia mengandung vitamin A, yang bertindak sebagai antioksidan untuk menjaga mata dari bakteri serta infeksi.
Perlu diketahui, kekurangan vitamin A dapat menyebabkan mata kering dan terlihat buram. Keduanya dapat meningkatkan risiko penyakit mata lainnya.

6. Blueberry

Blueberry
Buah yang bagus untuk mata, salah satunya blueberry
Buah berukuran kecil ini sangat lezat dimakan dalam keadaan dingin. Siapa sangka, blueberry dapat menyehatkan mata?Blueberry mengandung banyak komponen anti-inflamasi yang dapat menyehatkan pembuluh darah di mata. Selain itu, senyawa antioksidan yang disebut antosianin yang dikandungnya juga bisa mencegah terhambatnya pembuluh darah di retina mata.

Nutrisi penting untuk mata

Berbagai jenis buah yang bagus untuk mata mengandung nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan mata kita. Untuk lebih jelasnya, kenalilah berbagai nutrisi penting untuk mata dan rekomendasi asupan hariannya ini.
  • Vitamin C: 500 miligram per hari
  • Vitamin E: 400 IU per hari
  • Lutein: 10 miligram per hari
  • Zeaxanthin: 2 miligram per hari
  • Zinc oxide: 80 miligram per hari
  • Copper oxide: 2 miligram per hari
Dengan memenuhi berbagai macam nutrisi penting untuk mata ini, mata Anda akan terhindar dari berbagai jenis penyakit. Dengan begitu, penglihatan Anda akan terjaga fungsinya.

Kebiasaan yang bisa menyehatkan mata

Selain mengonsumsi makanan dan buah yang bagus untuk mata, kenali juga berbagai kebiasaan yang bisa dilakukan untuk menyehatkan mata kita ini.
  • Menggunakan kacamata hitam saat terik matahari menyerang
  • Berhenti merokok
  • Rajin memeriksakan mata di rumah sakit
  • Menggunakan pelindung mata saat berurusan dengan iritan atau bahan kimia
  • Mencuci tangan sebelum memasang lensa kontak
  • Tidak menggunakan kontak lensa melebihi jangka waktu yang sudah ditentukan dokter
  • Tidak menatap layar komputer atau ponsel terlalu lama (setiap 20 menit palingkan mata dari layar)
Dengan mengonsumsi buah yang bagus untuk mata dan menjalani pola hidup sehat, kesehatan mata Anda akan terjaga.Untuk lebih berjaga-jaga, datanglah ke dokter mata secara rutin untuk mengontrol kesehatan mata Anda. Siapa tahu ada penyakit mata yang selama ini tak terdeteksi.
makanan sehatkesehatan matahidup sehatbuah dan sayuran
Healthline. https://www.healthline.com/health/eye-health/best-foods-for-eyes
Diakses pada 27 Juli 2020
Food NDTV. https://food.ndtv.com/food-drinks/eye-health-eat-these-6-fruits-to-keep-your-vision-strong-2038686
Diakses pada 27 Juli 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321226#daily-recommendations
Diakses pada 27 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait