logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Kehamilan

Ragam Buah yang Bagus untuk Ibu Hamil dan Bayi dalam Kandungan

open-summary

Buah yang bagus untuk ibu hamil sebaiknya mengandung vitamin, folat, serat, dan nutrisi penting lainnya. Memilih buah yang tepat tak hanya bisa meredakan mual dan memenuhi kebutuhan nutrisi, tapi juga menjaga kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan


close-summary

16 Agt 2022

| Atifa Adlina

Ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri

buah yang bagus untuk ibu hamil

Buah-buahan yang dapat menambah nutrisi penting selama kehamilan

Table of Content

  • Ragam pilihan buah yang bagus untuk ibu hamil 
  • Apakah ada pantangan buah untuk ibu hamil?

Saat hamil, Anda dianjurkan makan makanan bergizi demi  memenuhi kebutuhan gizi Anda dan buah hati di dalam kandungan. Nah, buah menjadi salah satu makanan yang bagus untuk dikonsumsi ibu hamil.

Advertisement

Selain punya rasa yang enak, buah juga mengandung banyak vitamin, mineral, hingga serat yang sangat berguna selama masa kehamilan. Anda sebaiknya memilih buah yang mengandung nutrisi yang baik untuk ibu hamil dan perkembangan janin, seperti beta karoten, vitamin C, kalium, dan asam folat.

Apa saja pilihan buah-buahan yang bagus untuk ibu hamil? Simak lengkapnya di sini.

Ragam pilihan buah yang bagus untuk ibu hamil 

Pilih buah yang segar karena bagus untuk hamil
Buah yang bagus untuk ibu hamil sebaiknya juga tinggi air untuk memenuhi kebutuhan cairan ibu hamil

Makanan yang masuk ke dalam tubuh ibu hamil tentu perlu diperhatikan secara saksama. Sebab, nutrisi ini juga akan dikonsumsi oleh janin di dalam kandungan.

Selain sayur, telur, atau daging, buah pun perlu Anda konsumsi, untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian ibu hamil.

Dalam The American College of Obstetricians and Gynecologists diijelaskan bahwa Anda boleh makan buah segar, kalengan, atau kering. Meski begitu, makan buah segar tentu jadi opsi yang lebih baik ketimbang jus atau olahan buah lainnya.

Buah yang bagus untuk ibu hamil sebaiknya mengandung berbagai macam vitamin, mineral, serta serat yang bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah sembelit saat hamil.

Berikut adalah berbagai buah yang bagus untuk ibu hamil pada trimester pertama, kedua, maupun ketiga:

1. Pisang

Pisang menjadi buah yang bagus untuk ibu hamil karena menjadi sumber kalium. Selain itu, ada kandungan nutrisi lainnya, seperti vitamin B6, vitamin C, dan serat.

Kalium bekerja sama dengan natrium untuk menjaga keseimbangan cairan, tekanan darah, dan mencegah nyeri, rasa sakit, dan juga kram. Ini tentu sangat berguna bagi ibu hamil, khususnya yang mereka yang berisiko mengalami preeklamsia.

Selain itu, pisang juga tinggi serat yang membuatnya bagus jadi buah untuk mencegah sembelit saat hamil.

Ditambah dengan kandungan vitamin B6 pada buah pisang yang dapat membantu redakan mual, dan, muntah pada trimester pertama kehamilan.

2. Jeruk

Jeruk juga jadi salah satu buah yang direkomendasikan untuk ibu hamil. Ini karena kandungan air di dalam jeruk tergolong tinggi sehingga bisa membantu mencukupi kebutuhan cairan Anda. 

Selain itu, jeruk juga menjadi sumber asam folat, yaitu turunan vitamin B yang berperan penting dalam membantu mencegah cacat otak dan sumsum tulang belakang (cacat tabung saraf).

Kandungan vitamin C untuk ibu hamil di dalam jeruk juga berguna bagi kesehatan ibu hamil karena mengandung antioksidan, sehingga membantu mencegah kerusakan sel dan membantu tubuh menyerap zat besi dan mencegah anemia pada ibu hamil. Rasanya yang sedikit masam juga dapat membantu meredakan mual pada ibu hamil di awal masa kehamilan.

3. Mangga

Salah satu manfaat mangga untuk ibu hamil adalah sebagai sumber vitamin C. Satu cangkir buah mangga diketahui dapay memenuhi 100% asupan vitamin C harian.

Ada juga kandungan vitamin A yang bermanfaat untuk perkembangan sel, tulang, kulit, dan mata bayi dalam kandungan.

Selain itu, asupan vitamin A yang cukup dan tepat dapat mencegah komplikasi kehamilan. Apalagi, buah mangga juga jadi salah satu buah yang bagus untuk meredakan mual pada ibu hamil. Namun, mengingat kandungan gulanya cukup tinggi, Anda mungkin perlu sedikit waspada jika memiliki riwayat diabetes.

Baca Juga

  • Bolehkah Makan Buah di Malam Hari? Ini Penjelasannya
  • Apakah Hamil Muda Boleh Berhubungan Seksual? Ketahui Keamanannya
  • Terlalu Sering Tidur di Lantai Tingkatkan Risiko Penyakit Berbahaya

4. Pir

Buah pir juga bagus untuk ibu hamil karena mengandung serat, kalium, dan folat. Kalium bermanfaat untuk merangsang regenerasi sel janin dalam kandungan.

Selain itu, kalium juga bermanfaat untuk kesehatan jantung ibu hamil dan juga bayi.

5. Alpukat

Ada berbagai manfaat alpukat untuk ibu hamil, salah satunya tinggi kandungan folat. Alpukat diklaim sebagai buah yang mengandung lebih banyak kandungan folat daripada jenis buah lainnya, sehingga bagus untuk ibu hamil.

Ada pula kandungan vitamin C, vitamin B, vitamin K, serat, kolin, magnesium, dan kalium. Kandungan kolin dalam alpukat juga diketahui baik untuk perkembangan otak janin, khususnya pusat memori otak.

Asupan kolin yang cukup selama kehamilan juga bermanfaat menurunkan risiko cacat tabung saraf pada bayi.

6. Jambu biji

Buah jambu biji adalah salah satu buah yang tinggi kandungan vitamin C yang baik dikonsumsi untuk ibu hamil. Selain itu, ada pula kandungan vitamin E, polifenol, karotenoid, isoflavonoid, dan folat.

Kombinasi nutrisi yang bervariasi dalam jambu biji itu tergolong ideal untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan bayi.

Anda bisa merasakan berbagai manfaat seperti membantu mengendurkan otot yang tegang saat hamil, melancarkan pencernaan, dan mengurangi sembelit.

7. Anggur

Berbagai jenis anggur juga bagus untuk ibu hamil, karena bisa meningkatkan asupan vitamin C, vitamin K, antioksidan, folat, serat, dan pektin.

Kandungan antioksidan berupa flavonol, tanin, linalool, anthocyanin, dan geraniol yang dapat melawan radikal bebas, infeksi, serta menambah kekebalan tubuh pada ibu hamil. Sebab, ibu hamil termasuk ke dalam kelompok orang yang punya daya tahan tubuh lebih rendah.

Sedangkan vitamin K pada anggur untuk ibu hamil berperan besar dalam pembekuan darah. Misalnya, mencegah perdarahan berlebih akibat cedera atau pada saat melahirkan.

8. Apel

Apel adalah buah yang tinggi kanungan serat sehingga bagus untuk mencegah sembelit pada ibu hamil. Selain itu, apel juga mengancung vitamin C yang dapat membantu penyerapan zat besi sehingga meminimalisir kemungkinan anemia pada ibu hamil.

Nutrisi lain dalam buah apel yang juga baik untuk ibu hamil adalah vitamin A, kalium, dan pektin. Pektin adalah prebiotik yang berfungsi untuk memberi makan bakteri baik di usus dan menjaga kesehatan pencernaan.

Untuk mendapatkan nutrisi dan gizi terbaik, makanlah apel saat hamil beserta kulitnya. Namun, jangan lupa membersihkannya dengan baik untuk mencegah bakteri masuk.

9. Lemon

Mungkin tak semua orang menyukai buah lemon karena rasanya yang sangat asam. Padahal, lemon juga jadi salah satu buah yang bagus untuk ibu hamil, karena dapat membantu meredakan rasa mual saat hamil.

Selain itu, ada juga kandungan vitamin C dalam buah lemon untuk ibu hamil, yang dapat membantu merangsang sistem pencernaan untuk meredakan sembelit saat hamil.

Cukup konsumsi 1-2 sendok makan air lemon ke dalam satu gelas air hangat atau menambahkannya ke dalam teh. Namun, berhati-hatilah kalau Anda memiliki riwayat GERD. Sebab, konsumsi makanan asam seperti lemon bisa meningkatkan risiko naiknya asam lambung.

10. Buah beri

Kelompok buah beri juga bagus untuk ibu hamil, seperti seperti blueberry, stroberi, raspberry, blackberry, hingga goji berry.

Berbagai kandungan dalam buah beri yang baik untuk ibu hamil, antara lain:

  • Karbohidrat
  • Vitamin C
  • Serat
  • Folat
  • Flavonoid
  • Anthocyanin

Karbohidrat saat hamil bermanfaat untuk menambah energi yang sangat dibutuhkan ibu hamil dan juga bayi dalam kandungan. Ini tergolong karbohidrat kompleks padat nutrisi. Buah beri ini juga bisa jadi camilan untuk ibu hamil yang menyehatkan.

11. Delima

Mungkin delima bukan jenis buah yang sering dikonsumsi orang Indonesia. Namun, delima atau pomegranate juga bagus untuk ibu hamil.

Dalam buah delima terdapat kandungan vitamin K, kalsium, folat, zat besi, protein, dan juga serat. Kalsium tak hanya bermanfaat untuk ibu, tetapi juga dapat membantu pertumbuhan tulang dan gigi bayi dalam kandungan.

Sedangkan zat besi berfungsi untuk mencegah kelelahan serta membantu membawa oksigen yang dibutuhkan ibu hamil dan juga bayi.

Apakah ada pantangan buah untuk ibu hamil?

Mengenai buah yang dilarang untuk ibu hamil, secara umum tidak ada buah yang menjadi pantangan. Lebih penting memperhatikan porsi buah ketimbang mencari jenis buah pantangan untuk ibu hamil.

Beberapa jenis buah memiliki kandungan gula yang cukup tinggi, sehingga perlu dibatasi konsumsinya.

Anda juga disarankan untuk membeli buah organik, agar terbebas dari risiko asupan pestisida dan bahan berbahaya lainnya. Agar buah yang dikonsumsi lebih aman, perhatikan juga hal-hal berikut ini:

  • Buang bagian buah yang terlihat busuk, karena bagian ini berisiko mengandung bakteri.
  • Jika menyimpan buah di kulkas, letakkan di area yang terpisah dari daging mentah.
  • Sebaiknya jangan mengonsumsi melon yang sudah dikupas sejak dibeli di supermarket.
  • Saat mengonsumsi jus buah, pastikan dalam keadaan steril.
  • Cuci bersih buah sebelum dikonsumsi.

Apabila sebelum hamil Anda mempunyai alergi buah tertentu, hindari pula mengonsumsinya saat hamil untuk mencegah risiko yang tidak diinginkan.

Banyaknya pilihan buah yang bagus untuk ibu hamil, Anda tentu tidak perlu bingung lagi untuk memasukkannya ke dalam menu harian. Selain buah, jangan lupa juga menyantap makanan sehat dan bergizi untuk ibu hamil, sekaligus menerapkan pola makan sehat.

Ingin mengetahui lebih lanjut mengenai buah yang baik untuk ibu hamil? Tanyakan langsung pada dokter di aplikasi Kesehatan keluarga SehatQ.

Download sekarang di App store dan Google Play.

Advertisement

menjaga kehamilannutrisi ibu hamilkehamilannutrisimakanan untuk hamilhidup sehatbuah dan sayuran

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 24 Jam

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2023. All Rights Reserved