4 Buah yang Baik untuk Menyembuhkan Sariawan


Ada banyak pilihan buah untuk sariawan yang bisa dikonsumsi secara langsung atau diolah menjadi jus. Buah untuk mengobati sariawan di mulut, antara lain buah bit, apel, alpukat, hingga plum kering.

0,0
Buah untuk sariawan untuk hilangkan pedihBit sebagai buah untuk sariawan bisa dikonsumsi sebagai minuman jus
Ada banyak pilihan buah untuk sariawan (aphthous ulcer) di mulut. Selain penggunaan obat-obatan tertentu, konsumsi buah pereda sariawan bisa Anda coba di rumah. Berdasarkan penelitian yang dikemukakan pada jurnal The College of Family Physicians of Canada, sariawan bisa disebabkan oleh kekurangan vitamin B3, zat besi, asam folat (vitamin B9), zinc, atau vitamin B12.Selain itu, menurut American College of Gastroenterology, penyebab lain dari sariawan adalah infeksi bakteri Helicobacter pylori di mulut.Maka dari itu, makan buah bisa membantu mengobati sariawan dengan memenuhi asupan nutrisi serta meningkatkan imun untuk melawan infeksi.

Pilihan buah untuk sariawan yang baik dikonsumsi

Makan buah untuk mengobati sariawan agar cepat hilang adalah solusi yang mudah. Sebab, buah kaya akan vitamin dan mineral. Namun perlu diingat, tidak semua buah bisa untuk menyembuhkan sariawan. Banyak orang menganggap buah pereda sariawan bersifat asam. Padahal, buah-buahan asam, seperti jeruk, jeruk nipis, atau lemon dapat memperparah sariawan karena mengandung asam sitrat.Jika asam sitrat menyentuh sariawan, alih-alih sembuh, sariawan justru semakin sakit dan proses penyembuhannya pun tambah lama.Selain itu, "mata" alias bagian tengah berwarna putih pada sariawan biasanya berisi cairan yang bersifat sensitif. Jika terkena asam sitrat yang ada pada buah-buahan asam, jaringannya dapat terbu

1. Bit

Buah untuk sariawan adalah bit
Buah bit kaya akan asam folat untuk menyembuhkan sariawan
Bit adalah salah satu jenis buah untuk sariawan yang baik dikonsumsi karena kaya akan asam folat.Dalam satu sajian seberat 136 gram, asam folat yang terkandung bisa sebesar 148 mcg atau 0,148 mg.Berdasarkan angka kecukupan gizi (AKG) menurut Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, asupan asam folat per hari harus memenuhi 1,2 hingga 1,3 mg. Artinya, manfaat buah bit menyumbang 37% kecukupan asam folat harian.

2. Alpukat

Alpukat adalah buah untuk sariawan yang bisa dikonsumsi
Sumber zinc yang baik untuk sariawan ada pada alpukat
Alpukat juga digadang baik sebagai buah untuk sariawan agar cepat sembuh. Sebab, buah ini kaya akan zinc. Dalam satu buah alpukat, terdapat 0,8 miligram zinc.Artinya, alpukat mampu memenuhi 7% dari asupan zinc harian berdasarkan AKG, yaitu 11 miligram. Penelitian yang diterbitkan jurnal Annals of Nutrition and Metabolism menemukan, zinc dapat membantu memperbaiki dan menjaga keutuhan membran mukosa pada mulut bagian dalam.Dengan kata lain, alpukat baik sebagai buah pereda sariawan  karena kandungan zinc-nya membantu memperbaiki jaringan mulut yang rusak akibat sariawan.Alpukat juga memiliki kandungan vitamin B3 yang tinggi. Per 100 gram alpukat, ada 2,6 mg vitamin B3 atau niasin untuk memenuhi 16% dari kebutuhan niasin harian.Anda bisa mengonsumsi buah obat sariawan ini dengan cara mengonsumsinya secara langsung atau diolah sebagai jus. 

3. Plum kering

buah untuk sariawan lainnya adalah plum kering
Buah plum kaya akan zat besi untuk mengobati sariawan
Buah yang terlihat seperti kismis ini ternyata baik untuk mengobati sariawan. Sebab, buah plum kering kaya akan zat besi.Dalam satu sajian buah untuk sariawan ini mengandung 2,6 zat besi yang mampu memenuhi 14% dari kebutuhan harian.Kekurangan zat besi menyebabkan kadar mioglobin pun ikut rendah. Hal ini membuat lidah menjadi sakit dan bengkak.Selain itu, kekurangan mioglobin akan mengurangi jumlah protein yang berguna untuk menyusun otot pada lidah.

4. Apel

Apel adalah buah untuk sariawan berikutnya
Fenolik pada apel memperbaiki sel-sel yang rusak pada sariawan
Menurut penelitian yang dikemukakan Journal of Pharmacy and BioAllied Sciences, buah untuk mengobati sariawan satu ini kaya akan kandungan fenolik. Kandungan ini bekerja sebagai antioksidan tinggi.Fenolik mampu menangkal radikal bebas yang merusak sel-sel tubuh. Buah yang bisa mengobati sariawan ini juga memiliki sifat antimikroba yang bisa melawan penyakit yang diakibatkan infeksi, seperti sariawan yang diakibatkan infeksi bakteri Helicobacter pylori.Anda bisa mengonsumsi apel dengan cara dimakan langsung atau sebagai minuman jus untuk sariawan.

Catatan dari SehatQ

Buah yang bisa mengobati sariawan memang bisa dijadikan sebagai pilihan menghilangkan sariawan sebelum mengonsumsi obat. Buah obat sariawan bisa membantu menyembuhkan gejala karena memenuhi asupan gizi dan melawan bakteri penyebab sariawan.Namun, perlu diingat, jika sariawan berlangsung dalam waktu yang lama dan berkelanjutan, bahkan setelah mengonsumsi buah dan makanan penyembuh sariawan lainnya, segera temui dokter untuk mendapatkan pengobatan lebih lanjut.Jika Anda masih punya pertanyaan lebih lanjut seputar buah yang baik untuk sariawan, konsultasikan dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. 
Caranya, unduh sekarang melalui App Store dan Google Play.
kesehatan mulutsariawantanaman obat
The College of Family Physicians of Canada. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1479540/
Diakses pada 9 September 2020
American College of Gastroenterology. https://gi.org/topics/peptic-ulcer-disease/
Diakses pada 9 September 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/mouth-ulcers
Diakses pada 9 September 2020
USDA. https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/169145/nutrients
Diakses pada 9 September 2020
Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. http://bppsdmk.kemkes.go.id/pusdiksdmk/wp-content/uploads/2017/11/GIZI-DALAM-DAUR-KEHIDUPAN-FINAL-SC.pdf
Diakses pada 9 September 2020
My Food Data. https://tools.myfooddata.com/nutrition-facts.php?food=171705&serv=200cals&qty=1
Diakses pada 9 September 2020
Peraturan Kementerian Kesehatan. http://hukor.kemkes.go.id/uploads/produk_hukum/PMK_No__28_Th_2019_ttg_Angka_Kecukupan_Gizi_Yang_Dianjurkan_Untuk_Masyarakat_Indonesia.pdf
Diakses pada 9 September 2020
Annals of Nutrition and Metabolism. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/17726308/
Diakses pada 9 September 2020
Nutrition Data. https://nutritiondata.self.com/facts/fruits-and-fruit-juices/1843/2
Diakses pada 9 September 2020
Nutrition Data. https://nutritiondata.self.com/facts/fruits-and-fruit-juices/1961/2
Diakses pada 9 September 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/iron-deficiency-signs-symptoms
Diakses pada 9 September 2020
Journal of Pharmacy and BioAllied Science. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5731016/
Diakses pada 9 September 2020
Canker Sore Center. https://www.cankersorecenter.com/canker-sore-information/how-citric-acid-causes-canker-sores/
Diakses pada 9 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait