Bersifat Anti-Inflamasi dan Antioksidan, Ini Dia Buah untuk Sakit Pinggang yang Wajib Anda Coba


Buah yang disebut dapat berguna untuk mengatasi sakit pinggang mempunyai kandungan antiinflamasi. Beberapa buah tersebut antara lain semangka dan buah beri. Umumnya, sakit pinggang disebabkan oleh adanya peradangan (inflamasi). Itu sebabnya, buah yang mengandung antiinflamasi disebut baik.

0,0
buah untuk sakit pinggangBuah untuk sakit pinggang memiliki kandungan antiinflamasi
Banyak hal bisa menyebabkan sakit pinggang. Radang sendi hingga masalah tulang menjadi penyebab paling umum. Makanan yang mengandung antioksidan dan memiliki efek anti-inflamasi sangat dianjurkan, termasuk buah-buahan. Kenali ragam buah untuk sakit pinggang yang bisa mengurangi gejalanya berikut ini.

Pilihan buah untuk membantu redakan sakit pinggang

Buah merupakan salah satu bahan pangan yang baik untuk kesehatan. Kandungan vitamin, mineral, serat, dan antioksidan yang terkandung di dalamnya sangat penting untuk mendukung kesehatan dan mencukupi kebutuhan tubuh. Konsumsi 2 jenis buah setiap hari sangat dianjurkan untuk menunjang kesehatan.Banyak buah dengan segudang manfaat, seperti buah untuk menurunkan berat badan, buah untuk asam lambung, hingga buah untuk sakit pinggang.Meski begitu, buah-buahan yang akan dibahas berikut ini bukan secara ajaib bisa membuat sakit pinggang atau permasalahan kesehatan yang Anda alami hilang dalam sekejap.Kandungan nutrisi tertentu di dalamnya hanya membantu meredakan gejala yang muncul. Anda tetap disarankan periksa ke dokter jika sakit tak kunjung hilang atau malah memburuk.Ini dia beberapa jenis buah yang diklaim dapat mengurangi gejala sakit pinggang:

1. Buah bit

Kandungan antiinflamasi dalam buah bit bisa untuk redakan sakit pinggang
Kandungan antiinflamasi dalam buah bit bisa untuk redakan sakit pinggang
Salah satu penyebab sakit pinggang yang utama adalah munculnya peradangan Jika dibiarkan, peradangan bisa menyebar bahkan hingga ke tulang belakang. Itulah sebabnya makanan mengandung anti-inflamasi atau antiradang bisa membantu meredakan sakit pinggang.Bit termasuk buah yang punya kandungan antiinflamasi sehingga disebut baik untuk mengatasi sakit pinggang. Tak hanya sakit pinggang, buah bit juga bisa membantu mengurangi kekakuan. 

2. Buah beri

Buah beri diketahui sebagai buah super yang baik untuk kesehatan, utamanya kesehatan jantung, saraf, dan baik untuk penderita obesitas. Buah beri merupakan sumber fitokimia antiradang yang sangat baik, yaitu antosianin. Antosianin bekerja dengan dua cara, yakni mengurangi sel yang memicu pperadangan dan meningkatkan molekul anti-inflamasi.Buah beri juga mengandung antioksidan yang baik untuk mengurangi peradangan di jaringan tubuh. Oleh karena kandungan antiradang inilah buah beri disebut dapat membantu meredakan sakit pinggang.

3. Ceri

Sama halnya dengan buah beri, ceri juga termasuk buah yang mengandung efek anti-inflamasi dan antioksidan. Tidak heran jika ceri masuk ke dalam daftar buah untuk sakit pinggang. Sakit pinggang yang disebabkan oleh peradangan di tubuh biasanya dipicu oleh adanya stres oksidatifAntioksidan dapat mengurangi radikal bebas penyebab stres oksidatif. Nah, buah yang kaya akan antioksidan dapat membantu mengurangi kerusakan dan peradangan sel atau jaringan di tubuh. 

4. Anggur

Anggur juga jadi salah satu buah untuk sakit pinggang
Anggur juga jadi salah satu buah untuk sakit pinggang
Anggur juga mengandung senyawa antosianin yang bisa mengurangi peradangan. Antosianin adalah pigmen tumbuhan yang memberikan warna merah dan biru pada buah dan sayur, termasuk anggur. Itulah sebabnya, anggur sangat cocok dikonsumsi untuk mengurangi gejala sakit pinggang.

5. Semangka

Semangka merupakan buah rendah kalori yang bisa mengurangi gejala sakit pinggang. Selain mengandung beragam vitamin dan mineral, semangka juga memiliki efek anti-inflamasi dan sumber antioksidan tinggi. Kandungan senyawa anti-inflamasi dan antioksidan dalam semangka berasal dari likopen dan vitamin C yang mampu mengurangi peradangan dan kerusakan oksidatif, yang dapat menyebabkan sakit pinggang 

6. Alpukat

Alpukat juga tergolong buah yang baik dikonsumsi untuk mengatasi sakit pinggang. Selain memiliki efek anti-inflamasi dan antioksidan, alpukat juga kaya akan kandungan lemak baik, yaitu omega-3. Kandungan omega-3 inilah yang juga membantu menangkal respons peradangan pada tubuh. 

7. Nanas

Satu lagi buah untuk sakit pinggang yang menyegarkan adalah nanas. Nanas memiliki kandungan bromelain, yakni enzim yang juga memiliki sifat anti-inflamasi.Bromelain telah menunjukkan efek anti peradangan yang signifikan dalam mengurangi pembengkakan dan radang sendi. Enzim ini juga digunakan untuk mengobati rheumatoid arthritis dan mempercepat perbaikan jaringan. 

Adakah cara lain untuk mengatasi sakit pinggang?

Selain buah, minum obat juga bisa menghilangkan sakit pinggang
Selain buah, minum obat juga bisa menghilangkan sakit pinggang
Daftar buah untuk sakit pinggang di atas tidak serta-merta dapat mengatasi sakit pinggang yang Anda alami. Ragam buah tersebut hanya bersifat membantu mengurangi gejala dan mempercepat pemulihan. Dikutip dari Mayo Clinic, berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi sakit pinggang. Sebelum itu, pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan diagnosis dan tindakan yang tepat. Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi sakit pinggang:
  1. Minum obat. Dokter mungkin akan meresepkan obat-obatan pereda nyeri, relaksan otot, hingga obat antidepresan untuk meredakan gejala. Beberapa obat untuk menghilangkan nyeri sakit pinggan, antara lain ibuprofen
  2. Terapi fisik. Terapi fisik bertujuan menghindari gejala nyeri yang menyebar, meningkatkan fleksibilitas, memperkuat otot, dan memperbaiki postur tubuh. 
  3. Tindakan medis. Pada kondisi serius, dokter mungkin akan merencanakan tindakan berupa suntikan kortison, neurotomy radiofrequency, hingga operasi tulang belakang jika sakit pinggang karena kelainan tulang belakang.
  4. Chiropractic. Tindakan memanipulasi tulang belakang untuk mengurangi rasa sakit.
  5. Akupunktur. Menusukkan jarum khusus pada titik tertentu untuk mengobati sakit pinggang.
  6. Pijat. Pijat mungkin dilakukan untuk mengurangi ketegangan otot dan mengurangi nyeri. Pijat perlu dilakukan oleh terapis ahli agar tidak terjadi kesalahan yang membuat nyeri bertambah parah.
  7. Yoga. Latihan postur pada gerakan yoga beserta teknik pernapasan dan relaksasi dapat meregangkan dan memperkuat otot, serta menghindari perburukan gejala sakit pinggang. Anda perlu menyampaikan kepada instruktur yoga supaya gerakan yang diberikan bisa menyesuaikan.

Catatan dari SehatQ

Beberapa buah-buahan kaya antioksidan dan senyawa anti-inflamasi bisa Anda konsumsi untuk meringankan sakit pinggang. Mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat juga bisa menjadi cara untuk mengurangi peradangan termasuk sakit pinggang. Jika dengan pola hidup sehat dan makanan kaya anti-inflamasi tidak cukup mengatasi gejala sakit pinggang Anda, segera konsultasikan ke dokter. Dokter akan memastikan diagnosis dan penyebab sakit pinggang, sekaligus tindakan yang tepat untuk Anda.Jika masih ada pertanyaan seputar buah untuk sakit pinggang atau tindakan lain untuk mengatasinya, Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasinya di App Store dan Google Play sekarang!
saraf tulang belakangsakit pinggangcedera saraf tulang belakang
Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/news/can-good-diet-fight-back-pain/
Diakses pada 12 Oktober 2021
Health Central. https://www.healthcentral.com/slideshow/best-food-for-back-pain
Diakses pada 12 Oktober 2021
Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/multiple-sclerosis/anti-inflammatory-foods-ms/
Diakses pada 12 Oktober 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/watermelon-health-benefits
Diakses pada 12 Oktober 2021
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/back-pain/diagnosis-treatment/drc-20369911
Diakses pada 12 Oktober 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait