10 Buah untuk Penyakit Gula yang Direkomendasikan


Buah untuk penyakit gula sebaiknya yang memiliki indeks glikemik rendah, seperti apel, ceri, jeruk, hingga aprikot.

(0)
04 Feb 2021|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Buah untuk penyakit gula yang direkomendasikan salah satunya jerukJeruk merupakan buah yang cocok untuk penderita gula
Asupan yang dikonsumsi oleh penderita diabetes harus sangat diperhatikan. Sebab, beberapa makanan tertentu justru bisa membuat gula darah meningkat dan membahayakan kondisi mereka, tak terkecuali buah yang umumna dianggap menyehatkan.Padahal buah-buahan menyediakan vitamin dan mineral yang baik bagi kesehatan tubuh Anda. Sayangnya, tidak semua buah baik untuk dikonsumsi jika Anda terkena diabetes. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada sejumlah buah untuk penyakit gula yang tetap bisa dikonsumsi.

Pilihan buah untuk penyakit gula

Penderita diabetes disarankan untuk memilih buah yang memiliki indeks glikemik rendah. Indeks glikemik (IG) menunjukkan seberapa cepat makanan yang mengandung karbohidrat memengaruhi gula darah. Berikut adalah pilihan buah untuk penyakit gula yang sebaiknya Anda konsumsi:

1. Apel

Apel kaya akan antioksidan
Apel termasuk buah untuk penyakit gula yang direkomendasikan. Tidak hanya rendah indeks glikemik, buah ini juga kaya akan serat dan vitamin C yang baik untuk pencernaan. Kulit apel bahkan juga mengandung antioksidan yang bisa membantu melindungi jantung Anda. Rasa apel yang lezat dan renyah tentunya sangat menggiurkan.

2. Buah-buahan beri

Stroberi, blueberry, dan buah beri lainnya juga cocok untuk dikonsumsi orang dengan penyakit gula karena indeks glikemiknya rendah. Buah untuk penyakit gula ini juga mengandung antioksidan dan serat yang tinggi, juga rendah karbohidrat. Anda bisa mengonsumsinya secara langsung atau bersama dengan yogurt tanpa lemak.

3. Ceri

Ceri rendah indeks glikemik
Ceri tinggi akan kalium dan antioksidan yang bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh Anda. Selain rendah indeks glikemik, buah ini rendah karbohidrat sehingga aman bagi penderita penyakit gula atau diabetes. Anda bisa mengonsumsi buah ceri kalengan atau yang dikeringkan, tapi sebelumnya pastikan buah ini tidak mengandung gula tambahan.

4. Grapefruit

Grapefruit atau jeruk limau gedang mungkin terdengar asing di telinga. Namun, buah yang satu ini memiliki IG yang rendah sekaligus kaya akan vitamin C dan antioksidanMengonsumsi grapefruit secara rutin bisa meningkatkan kekebalan tubuh, melindungi sel tubuh dari kerusakan, dan membantu proses penyembuhan luka. Namun, Anda harus berhati-hati karena buah untuk penyakit gula ini dapat memengaruhi kerja obat-obatan tertentu.

5. Anggur 

Mengonsumsi anggur juga direkomendasikan bagi penderita diabetes. Buah ini merupakan sumber antioksidan dan vitamin B6 yang baik dan aman untuk dikonsumsi. Selain melindungi sel tubuh dari kerusakan, anggur juga bisa mengendalikan gula darah, meningkatkan fungsi otak, hingga mencegah penyakit jantung. Pastikan Anda mengonsumsi anggur dengan kulitnya.

6. Jeruk

Jeruk mengandung vitamin c yang tinggi
Bukan rahasia lagi jika jeruk mengandung serat dan vitamin C tinggi yang bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, buah ini memiliki indeks glikemik dan karbohidrat yang rendah. Kandungan folat dan kalium dalam jeruk juga dianggap mampu mengendalikan tekanan darah. 

7. Persik

Bagi Anda yang memiliki penyakit gula, tidak ada salahnya untuk mencoba buah persik. Buah ini mengandung berbagai vitamin, terutama vitamin A dan C, yang bermanfaat dalam menunjang kesehatan. Selain itu, buah persik juga memiliki IG yang rendah sehingga membantu mengendalikan gula darah. Anda bisa mengonsumsi buah untuk penyakit gula ini dengan menjadikannya sebagai smoothie.

8. Pir

Bukan hanya rasanya yang manis dan lembut, pir kaya akan serat yang bisa membantu mengendalikan gula darah. Buah ini memiliki banyak nutrisi yang berasal dari kulitnya, jadi pastikan Anda tidak mengupas kulitnya. Pir dapat dikonsumsi secara langsung atau ditambahkan ke dalam salad.

9. Kiwi

Buah kiwi rendah karbohidrat
Di balik kulit cokelatnya yang berbulu, kiwi mengandung kalium, vitamin C, dan serat yang baik bagi penderita diabetes. Tidak hanya itu, buah ini juga rendah karbohidrat sehingga tak akan memicu kenaikan gula darah secara drastis.

10. Aprikot

Aprikot menjadi salah satu pilihan buah untuk penyakit gula yang bisa Anda konsumsi. Buah berwarna jingga keemasan ini rendah karbohidrat, tinggi akan serat dan vitamin A, serta bisa memmbantu mengendalikan gula darah Anda. Selain itu, aprikot juga mengandung nutrisi lainnya yang dibutuhkan tubuh, seperti tembaga dan vitamin E. Selain buah-buahan di atas, pisang, alpukat, dan plum juga dipercaya baik untuk penderita penyakit gula. Meski demikian, ada sejumlah buah pantangan diabetes yang sebaiknya Anda hindari, seperti nanas dan semangka. Mengonsumsi buah-buahan ini dapat meningkatkan gula darah Anda. Peningkatan ini dikhawatirkan bisa memicu terjadinya komplikasi.Supaya tidak keliru, Anda bisa berkonsultasi pada ahli gizi untuk membuat daftar makanan yang sebaiknya dikonsumsi untuk penderita diabetes.Selain itu juga harus melakukan pola hidup sehat dan jika sudah mengalami diabetes diharapkan rajin meminum obat.Jika Anda ingin bertanya lebih lanjut mengenai penyakit gula, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
diabetesgula darahhidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/health/diabetes/low-glycemic-fruits-for-diabetes#dried-apricots
Diakses pada 21 Januari 2021
Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/type-2-diabetes/best-fruits-for-diabetes/
Diakses pada 21 Januari 2021
Web MD. https://www.webmd.com/diabetes/fruit-diabetes
Diakses pada 21 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait