logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Penyakit

10 Buah untuk Penderita Diabetes yang Wajib Dikonsumsi Setiap Hari

open-summary

Buah untuk diabetes sebaiknya yang memiliki indeks glikemik rendah, seperti apel, ceri, jeruk, hingga aprikot. Sementara itu, sebaiknya hindari atau batasi konsumsi buah yang kandungan gula dan karbohidratnya tinggi, seperti pisang, semangka, dan nanas.


close-summary

22 Jan 2021

| Dina Rahmawati

Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari

Buah untuk diabetes yang direkomendasikan salah satunya jeruk

Jeruk merupakan salah satu buah untuk penderita diabetes

Table of Content

  • Pilihan buah untuk penderita diabetes
  • Pantangan buah untuk penderita diabetes
  • Catatan dari SehatQ

Asupan yang dikonsumsi oleh penderita diabetes harus sangat diperhatikan. Sebab, beberapa makanan tertentu justru bisa membuat gula darah meningkat dan membahayakan kondisi mereka, tak terkecuali buah.

Advertisement

Buah-buahan memang menyediakan vitamin dan mineral yang baik bagi kesehatan tubuh. Sayangnya, tidak semua buah baik untuk dikonsumsi jika Anda punya kencing manis.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada sejumlah buah untuk diabetes yang aman untuk dikonsumsi. Apa saja itu? Berikut informasinya!

Pilihan buah untuk penderita diabetes

Buah untuk diabetesi (orang dengan diabetes) sebaiknya yang memiliki indeks glikemik (IG) yang rendah. Indeks glikemik menunjukkan seberapa cepat makanan yang mengandung karbohidrat diubah menjadi gula dan meningkatkan kadarnya di dalam darah. 

Berikut adalah pilihan buah yang aman untuk diabetes:

1. Apel

no caption
Apel memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga cocok untuk penderita diabetes

Apel termasuk buah yang aman untuk diabetes. Tidak hanya rendah indeks glikemik, buah ini juga kaya akan serat dan vitamin C yang baik untuk pencernaan. 

Selain itu, kulit apel juga mengandung antioksidan yang bisa membantu melindungi jantung Anda. Rasa apel yang lezat dan renyah tentunya sangat menggiurkan.

2. Buah-buahan beri

Stroberi, blueberry, dan buah beri lainnya juga cocok untuk dikonsumsi orang dengan penyakit diabetes. Pasalnya, indeks glikemik dari buah ini juga tergolong rendah karena indeks glikemiknya rendah. 

Buah untuk penyakit gula ini juga mengandung antioksidan dan serat yang tinggi, juga rendah karbohidrat. Anda bisa mengonsumsinya secara langsung atau bersama dengan yogurt tanpa lemak sebagai camilan untuk diabetes.

3. Ceri

no caption
Ceri juga buah yang indeks glikemiknya rendah

Buah yang aman untuk penderita diabetes selanjutnya adalah ceri. Buah ini memiliki indeks glikemik dan karbohidrat yang rendah sehingga aman bagi penderita penyakit gula atau diabetes. 

Sebaiknya Anda mengonsumsi buah ceri segar daripada yang kaleng. Umumnya, buah kalengan mengandung gula tambahan yang bisa meningkatkan kadar gula darah Anda.

4. Grapefruit

Grapefruit atau jeruk bali merah gedang mungkin terdengar asing di telinga. Namun, buah yang satu ini memiliki IG yang rendah sekaligus kaya akan vitamin C dan antioksidan

Mengonsumsi grapefruit secara rutin bisa meningkatkan kekebalan tubuh, melindungi sel tubuh dari kerusakan, dan membantu proses penyembuhan luka. Hal ini tentu sangat berguna mereka yang juga mengalami luka diabetes.

Namun, Anda harus berhati-hati karena buah ini dapat memengaruhi kerja obat-obatan tertentu. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter terlebih dulu.

5. Anggur 

Mengonsumsi anggur juga direkomendasikan bagi penderita diabetes. Walaupun rasanya manis, indeks glikemiknya masih tergolong aman untuk Anda yang menderita diabetes. 

Selain mengendalikan gula darah, anggur juga memiliki sederet manfaat lainnya, seperti melindungi sel tubuh dari kerusakan, meningkatkan fungsi otak, hingga mencegah penyakit jantung. Pastikan Anda mengonsumsi anggur dengan kulitnya.

6. Jeruk

no caption
Tidak hanya mengendalikan gula darah, jeruk juga memiliki banyak manfaat lainnya

Buah untuk diabetes selanjutnya adalah jeruk. Pasalnya, buah ini memiliki indeks glikemik dan karbohidrat yang rendah sehingga tidak akan memicu gula darah tinggi (hiperglikemia) pada penderita diabetes. 

Kandungan folat dan kalium dalam jeruk juga dianggap mampu mengendalikan tekanan darah. Jadi, buah ini juga cocok untuk Anda yang menderita hipertensi. 

7. Persik

Bagi Anda yang memiliki penyakit diabetes, tidak ada salahnya untuk mencoba buah persik. Buah ini memiliki IG yang rendah sehingga mengonsumsinya dapat membantu mengendalikan gula darah di dalam tubuh. 

8. Pir

Bukan hanya rasanya yang manis dan lembut, buah pir kaya akan serat yang bisa membantu mengendalikan gula darah. 

Buah ini memiliki banyak nutrisi yang berasal dari kulitnya, jadi pastikan Anda tidak mengupas kulitnya. Pir dapat dikonsumsi secara langsung atau ditambahkan ke dalam salad.

9. Kiwi

no caption
Buah kiwi rendah karbohidrat sehingga tidak akan memicu kenaikan gula darah secara signifikan

Di balik kulit cokelatnya yang berbulu, kiwi mengandung kalium, vitamin C, dan serat yang baik bagi penderita diabetes. 

Tidak hanya itu, buah ini juga rendah karbohidrat sehingga tak akan memicu kenaikan gula darah secara drastis.

10. Aprikot

Aprikot menjadi salah satu pilihan buah untuk diabetes yang bisa Anda konsumsi. Buah berwarna jingga keemasan ini rendah karbohidrat, tinggi akan serat dan vitamin A, sehingga bisa membantu mengendalikan gula darah Anda. 

Selain itu, aprikot juga mengandung nutrisi lainnya yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh secara umum, seperti tembaga dan vitamin E. 

Baca Juga

  • Vitamin C, Sumber Manfaat Lobak Putih dan Nanas untuk Nyeri Asam Urat
  • Manfaat Daun Ketumbar Tidak Sebatas Bumbu Masakan Saja
  • Apa Manfaat Bawang Putih dan Madu yang Dicampur dan Dikonsumsi Bersamaan?

Pantangan buah untuk penderita diabetes

Meski demikian, ada sejumlah pantangan buah untuk penderita diabetes yang sebaiknya Anda hindari. Mengonsumsi buah-buahan ini disebut justru dapat meningkatkan kadar gula darah Anda. 

Pasalnya, buah-buahan ini mengandung lebih banyak gula atau mungkin karbohidrat dibandingkan dengan jenis buah-buahan di atas. Namun perlu diingat, pantangan bukan berarti Anda tidak boleh sama sekali mengonsumsi buah. Anda hanya perlu membatasinya.

Berikut ini adalah pantangan buah untuk penderita diabetes:

1. Pisang

Pisang mengandung banyak karbohidrat sehingga perlu dibatasi orang diabetes
Pisang untuk penderita diabetes harus dibatasi konsumsinya

Pisang merupakan salah satu pantangan buah untuk diabetes karena kandungan karbohidratnya yang cukup tinggi.

Karbohidrat telah lama diketahui sebagai jenis asupan yang memang harus dibatasi penderita diabetes karena bisa membuat kadar gula darah mereka melewati batas normal jika dikonsumsi berlebihan,

2. Mangga

Mangga memang jadi salah satu buah manis favorit banyak orang. Maka tidak heran, jika Anda bisa menghabiskan satu buah mangga seorang diri.

Sayangnya, buah berwarna kekuningan ini mengandung karbohidrat dan gula yang cukup tinggi sehingga menjadi pantangan buah untuk penderita diabetes. 

Dalam satu buah mangga, terkandung karbohidrat sebanyak kurang lebih 30 gram. Sementara itu, kandungan gulanya mencapai sekitar 26 gram.

3. Nanas

Nanas buah pantangan diabetes
Nanas juga mengandung cukup banyak gula

Tidak banyak orang tahu, buah nanas sebenarnya termasuk salah buah pantangan yang harus dibatasi oleh orang diabetes. Ini karena nanas mengandung kadar glukosa tinggi. 

4. Semangka

Satu potong buah semangka juga mengandung sekitar 17 gram gula. Sehingga, meski buah ini mengandung banyak air yang membuatnya terasa segar dan nikmat, batasi mengonsumsinya sebanyak satu atau dua potong saja sekali makan.

5. Buah fig (tin)

Buah fig pantangan diabetes
Konsumsi buah fig sebaiknya dibatasi penderita diabetes

Buah tin atau buah fig adalah pantangan untuk diabetes selanjutnya. Dua buah tin berukuran sedang bisa menyumbangkan sekitar 16 gram gula ke dalam asupan harian Anda.

Itu sebabnya, untuk Anda yang membatasi gula, khususnya orang diabetes, batasi konsumsinya menjadi hanya 1 buah untuk sekali makan.

6. Jus

Bagi para penderita diabetes, konsumsi jus buah juga sebaiknya dibatasi. Sebab, meski tidak ditambahkan gula, efek jus buah terhadap kenaikan kadar gula darah tetaplah besar.

Sebagai contoh, 250 ml jus apel tanpa tambahan gula, dan 250 ml soda, sama-sama mengandung gula, sebanyak kurang lebih 24 gram. Lebih banyak lagi, sekitar 250 ml jus anggur mengandung gula sebanyak 32 gram.

Sementara itu, jus buah dengan tambahan gula, sama seperti minuman manis lainnya, juga mengandung fruktosa dalam jumlah banyak. Fruktosa adalah jenis gula yang dapat membuat Anda obesitas, dan terkena penyakit jantung.

7. Buah kering

Buah kering juga sebaiknya dihindari oleh penderita diabetes. Pasalnya, proses pengeringan yang telah dilalui, akan membuat kandungan nutrisi di dalam buah tersebut akan semakin terkonsentrasi, sehingga jumlahnya pun akan semakin tinggi. Hal ini berlaku juga untuk kandungan gulanya.

Catatan dari SehatQ

Menderita penyakit diabetes memang mau tidak mau membuat Anda harus benar-benar mengatur pola makan. Setelah mengetahui apa saja buah untuk diabetes yang baik dan apa saja pantangan buah untuk penderita diabetes, Anda jadi bisa lebih bijak lagi dalam mengatur konsumsi buah setiap hari karena biar bagaimanapun, mengonsumsi buah setiap hari sangat dianjurkan agar kesehatan tubuh tetap terjaga.

Selain itu, jangan lupa juga untuk menjalani pengobatan diabetes secara rutin agar kondisi gula darah tetap stabil.

Jika Anda ingin bertanya lebih lanjut mengenai perawatan diabetes,  Anda bisa tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasi SehatQ sekarang di App Store dan Google Play.

Advertisement

diabetesgula darahhidup sehatbuah dan sayuran

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved