4 Buah untuk Panas Dalam yang Bisa Anda Konsumsi


Buah untuk panas dalam, seperti semangka, delima, manggis, atau pisang dapat membantu meredakan masalah tersebut karena mudah ditelan dan memberi efek yang menyegarkan.

(0)
05 Mar 2021|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Buah untuk panas dalam misalnya semangkaSemangka bantu redakan panas dalam
Panas dalam digambarkan sebagai sensasi panas di tenggorokan yang terasa tidak nyaman. Kondisi ini dianggap bisa diatasi dengan larutan penyegar, Di sisi lain, ada pula buah untuk panas dalam yang bisa Anda coba. Buah-buah ini bersifat mendinginkan sehingga dipercaya mampu meredakan panas dalam.

Berbagai buah untuk panas dalam

Panas dalam umumnya terjadi akibat konsumsi makanan tertentu yang bersifat panas, misalnya makanan pedas, makanan berminyak, durian, cokelat, dan daging merah. Selain itu, penyebab panas dalam lainnya, yakni infeksi dan peradangan juga bisa menjadi pemicu. Tak jarang, kondisi ini menyebabkan timbulnya gejala panas dalam berupa sulit menelan, muncul sariawan, bibir pecah-pecah, hingga nafsu makan berkurangJika panas dalam terasa mengganggu, cobalah konsumsi buah untuk panas dalam berikut ini:
  • Semangka

Semangka memiliki kandungan air yang sangat banyak sehingga membantu Anda tetap terhidrasi. Mengonsumsi buah ini bisa menyegarkan tenggorokan yang panas. Maka tidak mengherankan jika semangka disebut sebagai buah untuk panas dalam. Semangka juga rasanya manis karena mengandung gula alami. Selain itu, terdapat berbagai vitamin, mineral, dan antioksidan di dalamnya yang baik untuk kesehatan tubuh Anda.
  • Delima

Delima mengandung banyak antioksidan
Buah delima dapat membantu menangkal infeksi dan mengurangi peradangan yang menyebabkan panas dalam karena kandungan antioksidannya. Anda bisa menjadikan buah ini sebagai jus yang lezat dan menyegarkan.Kadar antioksidan dalam jus delima bahkan tiga kali lebih banyak daripada teh hijau. Namun, bagi Anda yang menggunakan obat-obatan tertentu, konsultasikan pada dokter sebelum mengonsumsi minuman panas dalam ini untuk memastikan keamanannya.
  • Manggis

Manggis memiliki daging buah yang lembut dan berair sehingga memudahkan Anda untuk menelannya. Selain itu, rasanya yang menyegarkan juga cocok untuk meredakan panas dalam.Sebuah tinjauan menyatakan bahwa buah manggis juga kaya akan serat dan antioksidan yang bisa memberi efek antiradang. Dengan begitu, konsumsi buah untuk panas dalam ini secara rutin dapat membantu Anda untuk segera pulih dari sakit.
  • Pisang

Pisang bertekstur lembut dan mudah ditelan
Pisang memiliki tekstur yang lembut sehingga mudah ditelan. Buah ini juga dapat memberi efek mendinginkan yang bermanfaat sebagai cara mengatasi panas dalam. Pisang juga mengandung banyak serat dan beberapa antioksidan yang bisa membantu mempercepat penyembuhan. Anda bisa mengonsumsinya secara langsung atau dijadikan smoothie.Selain menikmati buah untuk panas dalam, ada berbagai asupan lainnya yang bisa Anda konsumsi, seperti sup ayam, madu, jahe, yogurt, dan cincau, untuk menyegarkan tenggorokan yang panas.

Pantangan panas dalam

Ada beberapa pantangan panas dalam yang sebaiknya Anda patuhi supaya kondisi ini bisa segera disembuhkan. Beberapa makanan pantangan panas dalam, di antaranya:
  • Makanan yang bertekstur keras

Kerupuk, roti kering, dan kacang-kacangan memiliki tekstur yang keras sehingga sulit ditelan. Jika Anda memaksa untuk mengonsumsi makanan ini ketika mengalami panas dalam, tenggorokan Anda bisa semakin terasa tidak nyaman.
  • Buah sitrus

Meski terlihat menyegarkan, ebaiknya Anda tidak mengonsumsi buah-buahan sitrus saat mengalami panas dalam. Jeruk, lemon, jeruk nipis, maupun buah sitrus lainnya bisa mengiritasi permukaan tenggorokan sehingga memperburuk panas dalam yang Anda derita.
  • Makanan pedas atau asinan

Makanan pedas bisa memperparah panas dalam
Mengonsumsi makanan pedas harus dihindari saat panas dalam karena bisa memperparah peradangan. Selain itu, makanan yang dibuat dengan cuka atau garam, misalnya acar, juga sebaiknya tidak dikonsumsi dahulu.
  • Tomat asam

Jus dan saus tomat asam merupakan asupan yang harus dihindari oleh penderita panas dalam. Asam yang ditimbulkan makanan ini dapat mengiritasi tenggorokan sehingga terasa semakin panas dan tidak nyaman.
  • Alkohol

Alkohol dapat memberi efek panas pada tenggorokan dan tubuh Anda. Akibatnya, panas dalam yang Anda derita pun akan sulit sembuh jika mengonsumsi minuman ini.Apabila panas dalam yang Anda alami tidak juga membaik atau semakin parah, sebaiknya periksakan diri Anda ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.Nah, bagi Anda yang ingin bertanya lebih lanjut seputar panas dalam, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
sakit tenggorokanhidup sehatpanas dalam
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/315937#avoid
Diakses pada 19 Februari 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/266886#benefits
Diakses pada 19 Februari 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/318385#Bottom-line
Diakses pada 19 Februari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/mangosteen#TOC_TITLE_HDR_4
Diakses pada 19 Februari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/11-proven-benefits-of-bananas#TOC_TITLE_HDR_7
Diakses pada 19 Februari 2021
Health Hub. https://www.healthhub.sg/live-healthy/800/Heaty-and-cooling-09Nov2015-NHG
Diakses pada 19 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait