6 Buah untuk Menaikkan Trombosit, Seberapa Ampuh?


Terdapat buah-buahan yang disebut dapat menaikkan trombosit, sebut saja jus jambu biji dan jeruk. Hal ini karena tingginya kandungan vitamin C di dalam buah tersebut. Vitamin C sendiri diketahui berperan dalam proses pembentukan sel darah.

0,0
buah untuk menaikkan trombositBuah untuk menaikkan trombosit yang baik adalah yang kaya vitamin C
Banyak cara dilakukan untuk menaikkan trombosit, salah satunya dengan mengonsumsi beberapa jenis buah.
Trombosit adalah salah satu jenis sel darah yang membantu pembekuan darah. Kadar trombosit yang rendah atau trombositopenia dapat menyebabkan perdarahan hingga menjadi tanda kondisi yang lebih serius, seperti leukemia. Meski demikian, apakah benar ada buah untuk menaikkan trombosit? Jika iya, buah seperti apa yang perlu dimakan? Simak ulasan lengkapnya berikut ini. 

Pilihan buah untuk menaikkan trombosit

Meski tidak secara langsung menaikkan kadar trombosit (keping darah/platelet), ada buah-buah tertentu yang dapat membantu produksi sel darah. Itu sebabnya, buah-buah ini disebut dapat membantu meningkatkan trombosit.Kandungan folat, zat besi, vitamin B12, vitamin C, vitamin D, dan vitamin K dalam buah-buahan tertentulah yang berperan dalam meningkatkan jumlah trombosit. Berikut ini beberapa buah yang direkomendasikan untuk membantu produksi sel darah dan meningkatkan kadar trombosit

1. Jeruk

Kandungan vitamin C dalam buah jeruk membantu untuk menaikkan trombosit
Kandungan vitamin C dalam buah jeruk membantu untuk menaikkan trombosit
Jeruk dan buah citrus lainnya, seperti yuzu, merupakan pilihan buah yang tepat untuk menaikkan trombosit. Jeruk terkenal akan kandungan vitamin C tinggi yang berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh. Vitamin C juga membantu trombosit bekerja dengan benar dan meningkatkan kemampuan tubuh menyerap zat besi. Zat besi diketahui sebagai komponen penting dalam sel darah, termasuk sumber nutrisi bagi trombosit. 

2. Kiwi

Kiwi juga diketahui sebagai buah yang baik dikonsumsi untuk membantu meningkatkan trombosit. Meskipun sedikit asam, kiwi merupakan sumber vitamin C yang baik bagi tubuh. Sebagaimana penjelasan sebelumnya, vitamin C berperan penting dalam penyerapan zat besi dan memaksimalkan kerja trombosit. 

3. Buah beri 

Satu lagi sumber vitamin C yang sayang untuk dilewatkan adalah buah beri, seperti stroberi, rasberi, blueberry, dan black chokeberry. Buah beri sudah dikenal luas sebagai buah super yang baik untuk pemulihan beragam penyakit karena kandungan antioksidannya yang kaya. Salah satu fungsi buah beri adalah membantu meningkatkan jumlah trombosit dengan menyumbangkan vitamin C untuk memaksimalkan kerja trombosit dan membantu penyerapan zat besi. Dalam jurnal Archives of Medical Science diketahui bahwa salah satu jenis buah beri, yakni chokeberry (Aronia melanocarpa) mengandung senyawa antosianin yang mampu menormalkan kadar trombosit dengan cara mengurangi reaktivitas trombosit darah. Itu sebabnya, buah beri bisa Anda konsumsi untuk meningkatkan trombosit.

4. Jambu biji 

Jus jambu biji dipercaya berguna untuk membantu menaikkan trombosit pada pasien DBD
Jus jambu biji dipercaya berguna untuk membantu menaikkan trombosit pada pasien DBD
Jus jambu biji bisa jadi salah satu jus buah paling favorit untuk menaikkan trombosit, terutama saat seseorang mengalami demam berdarah. Ya, pasalnya, penyakit demam berdarah memang membuat trombosit turun.Jambu biji merupakan buah yang kaya akan vitamin C. Kandungan vitamin C dalam jambu biji inilah yang bisa membantu memaksimalkan kerja trombosit dan membantu penyerapan zat besi.Dalam penelitian yang diterbitkan oleh Medical Journal of Lampung University menyatakan bahwa jambu atau Psidium guajava mengandung vitamin C, tanin,dan flavonoid yang mampu meningkatkan sistem imun, menghambat replikasi virus dengue, dan meningkatkan kadar trombosit. Itulah sebabnya, jus jambu untuk banyak dipercaya masyarakat untuk menaikkan trombosit, terutama akibat demam berdarah. Namun, perlu penelitian lebih lanjut terkait hubungan langsung konsumsi jus jambu dengan peningkatan kadar trombosit. Dikutip dari situs resmi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia,  Prof. Dr. dr. Sri Rejeki menyatakan bahwa jus jambu untuk menaikkan trombosit tidak sepenuhnya benar.Jus jambu bisa membantu meningkatkan trombosit tapi tidak secara langsung. Kandungan vitamin C dalam jus jambu membantu meningkatkan sistem imun. Ketika sistem imun meningkat, produksi sel darah dapat berjalan baik, maka trombosit pun akan naik. 

5. Kurma

Kurma atau Phoenix dactylifera L. merupakan salah satu buah yang diketahui mampu meningkatkan trombosit secara alami. Meski kandungan gulanya cukup tinggi, kurma mengandung beragam nutrisi, termasuk vitamin, mineral, serat, protein, flavonoid, dan fenol sehingga kaya akan antioksidan. Kurma mengandung semua vitamin dan mineral alami yang dibutuhkan untuk membantu produksi sel darah, termasuk trombosit, seperti  zat besi, vitamin B, vitamin C, dan vitamin K.

6. Alpukat

Alpukat juga kaya vitamin dan mineral yang baik untuk trombosit
Alpukat juga kaya vitamin dan mineral yang baik untuk trombosit
Alpukat memiliki ragam kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh, termasuk vitamin K. Dalam 100 gram alpukat mengandung 21 mikrogram alpukat, artinya cukup memenuhi 18% dari kebutuhan harian. Vitamin K diketahui memiliki peran penting dalam proses pembekuan darah. Dalam sebuah penelitian dikatakan bahwa konsumsi vitamin K dapat meningkatkan kadar trombosit dan mengatasi perdarahan. 

Cara lain meningkatkan trombosit 

Selain makan makanan penambah trombosit dan buah yang kaya akan vitamin dan mineral, meningkatkan trombosit juga bisa dilakukan dengan beberapa cara. Cara mengatasi trombosit yang rendah disesuaikan dengan penyebab dan tingkat keparahannya. Berikut ini beberapa cara yang direkomendasikan dokter untuk meningkatkan trombosit dan mencegah kondisi Anda semakin buruk. 
  • Konsumsi suplemen
  • Hindari alkohol dan pemanis buatan aspartam
  • Hindari olahraga berat
  • Hindari aktivitas yang meningkatkan risiko pendarahan atau memar
  • Hentikan penggunaan obat yang memengaruhi trombosit seperti aspirin dan ibuprofen, dokter mungkin akan menggantinya dengan obat lain
  • Transfusi trombosit
  • Pemberian steroid, globulin imun, atau kortikosteroid
  • Pemberian obat yang mampu menekan imun tubuh (imunosupresan)
  • Operasi pengangkatan limpa

Catatan dari SehatQ

Jika Anda mengalami trombositopenia, makan makanan atau buah yang mengandung vitamin dan mineral yang dapat meningkatkan trombosit mungkin bisa dilakukan. Menghindari alkohol atau pemanis buatan aspartam juga dapat memperbaiki kondisi Anda.  Akan tetapi, ini tentu tak bisa jadi cara utama. Apalagi, jika gejala trombosit rendah mulai tampak, seperti sakit kepala, mudah memar, sering mimisan, bahkan perdarahan yang tak kunjung berhenti. Anda harus segera memeriksakannya ke dokter.Dokter akan memastikan diagnosis dengan cek darah dan menentukan perawatan medis yang sesuai. Jika masih ada pertanyaan seputar buah untuk menaikkan trombosit dan cara lain yang relevan, Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasinya di App Store dan Google Play sekarang!
trombosittrombositopeniasel keping darah
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/thrombocytopenia/symptoms-causes/syc-20378293
Diakses pada 14 Oktober 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322937#foods-to-eat
Diakses pada 14 Oktober 2021
Archives of Medical Science. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3281331/
Diakses pada 14 Oktober 2021
Biomolecules & Therapeutics. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4354316/
Diakses pada 14 Oktober 2021
Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. https://juke.kedokteran.unila.ac.id/index.php/majority/article/view/522
Diakses pada 14 Oktober 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/thrombocytopenia#treatment
Diakses pada 14 Oktober 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/foods-high-in-vitamin-k#TOC_TITLE_HDR_2
Diakses pada 14 Oktober 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait