7 Buah untuk Melancarkan BAB pada Ibu Hamil


Buah untuk melancarkan BAB pada ibu hamil banyak tersedia di pasaran. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi tubuh agar manfaatnya optimal.

(0)
05 Dec 2020|Dedi Irawan
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Apel termasuk buah untuk melancarkan BAB pada ibu hamilSalah satu buah untuk melancarkan BAB pada ibu hamil adalah apel
Jika sembelit alias konstipasi melanda ibu hamil, mengonsumsi buah bisa dijadikan salah satu solusi. Adapun, buah untuk melancarkan BAB pada ibu hamil sebaiknya disesuaikan dengan pola makan dan gaya hidupnya. Dengan ini, pencernaan calon ibu tidak kaget dengan perubahan asupan makanan tersebut.Kondisi konstipasi sendiri tentu tidak sama pada setiap orang. Tapi secara umum, seseorang dianggap mengalaminya jika buang air besar kurang dari tiga kali per minggu akibat adanya penurunan pergerakan usus. Salah satu gejalanya yang paling umum tinja yang keras, kering, atau menggumpal.Pada ibu hamil, konstipasi biasa muncul karena hormon kehamilan yang memperlambat kinerja sistem pencernaan. Bila mengalami sembelit sejak sebelum hamil, kondisi ini bisa saja menjadi kelanjutan dari masalah yang ada atau peningkatan keparahannya. Sebagai langkah awal untuk mengatasinya, menambah konsumsi serat berupa buah dapat dilakukan.

Berikut buah untuk melancarkan BAB pada ibu hamil

Untuk melancarkan konstipasi yang diderita oleh ibu hamil, konsumsilah beberapa buah di bawah ini:
  • Apel

Buah yang kandungan seratnya tinggi salah satunya adalah apel. Dalam 128 gram apel, menawarkan 4,4 gram serat. Jumlah tersebut serata dengan sekitar 17 persen dari asupan harian yang direkomendasikan. Jadi wajar saja bila apel termasuk buah untuk melancarkan BAB pada ibu hamil.Sebagian besar serat larut dalam buah apel berbentuk pektin atau serat makanan. Pektin cepat difermentasi oleh bakteri dalam usus lalu dibentuk menjadi asam lemak rantai pendek. Senyawa ini bertugas menyerap air ke usus besar.Kehadiran air di usus besar sangat penting untuk melunakkan tinja dan mengurangi waktu perhentian tinja di usus.
  • Pir

Buah lain yang juga kaya akan serat dan baik untuk meredakan konstipasi adalah pir. Setidaknya ada 5,5 gram serat dalam buah berukuran sedang.Jumlah tersebut setara dengan 22 persen dari asupan serat harian yang disarankan. Buah pir juga kaya akan fruktosa dan sorbitol.Fruktosa berperan membawa air ke usus besar dan merangsang pergerakan usus. Adapun kandungan sorbitol berperan sebagai pencahar alami. Sama dengan fruktosa, sorbitol juga baik dalam membawa air ke usus besar.
kiwi termasuk jenis buah untuk melancarkan BAB pada ibu hamil
Kiwi termasuk jenis buah untuk melancarkan BAB pada ibu hamil
  • Jeruk

Dalam satu jeruk manis alias orange dengan berat sekitar 131 gram, terdapat 3,1 gram serat. Angka ini setara dengan 13 persen asupan serat harian yang disarankan.Sementara limau gedang (grapefruit) dengan berat 236 gram akan memberkan 2,6 gram serat. Jumlah serat ini memenuhi 10 persen asupan kebutuhan harian.Jeruk juga kaya akan pektin dan flavanol (dalam bentuk naringenin). Keduanya memiliki efek positif bagi penderita sembelit.Sebuah penelitian pada hewan menunjukkan bahwa naringenin meningkatkan pengeluaran cairan ke usus besar, sehingga berperan sebagai pencahar. Hanya saja, masih butuh banyak studi pada manusia guna membuktikannya.
  • Kiwi

Kiwi juga direkomendasikan sebagai buah untuk melancarkan BAB pada ibu hamil. Buah berwarna hijau ini mengandung sekitar 2,5 gram serat dan kaya vitamin serta nutrisi yang baik bagi tubuh, termasuk usus.Berdasarkan suatu studi di tahun 2013, buah kiwi dilaporkan mampu mendorong pergerakan usus sehingga memudahkan BAB. Sementara studi sebelumnya menyatakan bahwa mengonsumsi dua buah kiwi bagus untuk meningkatkan frekuensi buang air besar pada orang dewasa yang menderita sembelit.
  • Beri-berian

Buah untuk melancarkan BAB pada ibu hamil selanjutnya datang dari kelompok beri. Raspberry, blackberry, blueberry, dan stroberi termasuk dalam golongan buah ini. Semua buah tersebut mudah dikonsumsi dan kaya akan serat.Sekitar setengah cangkir raspberry ternyata mengandung 4 gram serat. Jumlah ini tentu sangat baik untuk membantu sistem pencernaan agar dappat bekerja dengan lebih baik.
Kismis bisa menjadi pilihan buah kering untuk melancarkan BAB pada ibu hamil
Salah satu buat kering untuk melancarkan BAB pada ibu hamil adlah kismis
  • Prune

Selain kaya serat, prune direkomendasikan karena kandungan nutrisi di dalamnya. Nutrisi ini dianggap bisa melancarkan dan mempercepat buang air besar.Tak heran bila plum kering ini juga sudah lama menjadi pilihan untuk para penderita sembelit di berbagai belahan dunia, termasuk bagi para ibu hamil.Kandungan sorbitol dan fenolik kemungkinan besar berperan dalam memperbaiki sistem pencernaan. Studi pada 2014 mengemukakan bahwa buah ini bisa meningkatkan frekuensi BAB sekaligus menmabah konsistensi tinja pada penderita sembelit.
  • Buah kering

Buah yang telah dikeringkan juga bisa membantu mengatasi sembelit. Salah satu yang popular dan mudah didapat adalah kismis.Satu cangkir kismis bisa mengandung serat sebanyak 7 gram. Jumlah ini tentu bagus untuk membantu memperlancar pencernaan, termasuk pada ibu hamil.Buah lain yang bisa dikeringkan dan jadi camilan sehat selain kismis adalah ara, dan apricot. Ketiganya merupakan sumber serat yang sangat baik untuk tubuh. Buah kering (dried fruit), bisa dijadikan camilan tersendiri atau ditambahkan pada sereal atau dijadikan muffin.Selain mengonsumsi buah untuk melancarkan BAB ibu hamil tersebut, pastikan juga Anda minum cukup air. Bagi wanita mengandung, kehadiran air yang memadai sangat baik agar terhindar dari dehidrasi sekaligus menurunkan risiko sembelit.Aktif bergerak juga bisa menjadi salah satu solusi selain memperbaiki asupan makanan. Olahraga dapat mengurangi durasi waktu makanan ketika melalui usus besar.Durasi yang lebih singkat tersebut akan mencegah usus menyerap terlalu banyak air dari makanan, sehingga akan membentuk tinja yang lebih lunak dan lebih mudah dikeluarkan dari tubuh.Namun ingatlah bahwa tidak semua jenis olahraga boleh dilakukan saat mengandung. Anda perlu memilih dan mendiskusikan dengan dokter tentang jenis olahraga yang cocok untuk ibu hamil agar tetap aman bagi janin maupun ibu.Penasaran dengan buah untuk melancarkan BAB pada ibu hamil dan masalah ibu hamil lainnya? Anda bisa konsultasi langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
menjaga kehamilannutrisi ibu hamilsembelitkonstipasi
Medicine Net. https://www.medicinenet.com/top_foods_for_constipation_relief/article.htm
Diakses pada 5 Desember 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/best-foods-for-constipation
Diakses pada 5 Desember 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322382
Diakses pada 5 Desember 2020
Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/tips-for-constipation-in-pregnancy-2760018
Diakses pada 5 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait