Tingkatkan Kualitas ASI dengan Konsumsi Buah untuk Ibu Menyusui Berikut Ini

Ada banyak buah untuk ibu menyusui yang bisa dikonsumsi, seperti jeruk, pisang, dan blueberry
Vitamin C yang terkandung di jeruk dan blueberry sangat baik untuk ibu menyusui

Pascapersalinan, sebagian para ibu akan memulai masa laktasi untuk menyusui Si Kecil. Pada masa menyusui ini, mendapatkan asupan yang bernutrisi dan bergizi tinggi, sangat penting untuk dilakukan.

Ibu hamil dan menyusui membutuhkan 300-500 kalori tambahan, dari kebutuhan energi di hari-hari biasa. Tambahan kalori tersebut, bisa Anda dapatkan, termasuk dengan mengonsumsi buah-buah untuk ibu menyusui. Anda bisa mengolahnya menjadi camilan dan minuman sehat, yang bisa meningkatkan kualitas ASI. Tentunya hal ini akan berdampak baik pada perkembangan Si Kecil.

Beberapa buah untuk ibu menyusui yang mudah dikonsumsi

Sebagian besar vitamin dan mineral Anda butuhkan, saat menyusui Si Kecil. Beberapa di antaranya, yakni vitamin A, vitamin B6, vitamin B12, serta vitamin C. Begitu pula dengan mineral, seperti kalsium, zat besi, hingga zat tembaga. Hampir semua zat gizi tersebut, terkandung dalam berbagai buah ibu untuk menyusui. Pastikan Anda juga mengonsumsi variasi buah-buahan ini, agar asupan nutrisinya dapat terpenuhi.

Berikut ini beberapa buah untuk ibu menyusui, untuk kebaikan tubuh Anda dan Si Kecil.

  • Buah jeruk

Mudah dicari dan bernutrisi, jeruk menjadi buah untuk ibu menyusui yang bisa Anda konsumsi. Ibu menyusui membutuhkan asupan vitamin C yang lebih banyak, dibandingkan ibu hamil. Vitamin ini bisa Anda dapatkan, dari buah jeruk serta buah-buah sitrus lainnya.

Vitamin C memainkan peran penting untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan. Selain itu, zat nutrisi ini juga dibutuhkan untuk perkembangan gigi dan tulang, serta membantu penyerapan zat besi.

Jika Anda merasa kerepotan untuk mengupas daging buah ini, coba olah menjadi jus jeruk tanpa gula, untuk mendapatkan asupan vitamin C saat menyusui.

  • Buah blueberry

Kelompok buah beri ini menjadi salah satu buah untuk menyusui, yang bisa Anda konsumsi dengan mudah. Buah blueberry kaya dengan berbagai nutrisi, seperti vitamin dan mineral, yang dapat memenuhi kebutuhan tubuh dan ASI, termasuk vitamin C.

Tak hanya vitamin C, buah blueberry juga mengandung sedikit vitamin B6. Vitamin ini dibutuhkan, untuk fungsi dan perkembangan otak.

Mengonsumsinya pun tak sulit, Anda dapat menjadikan buah blueberry sebagai camilan, saat berada dalam masa-masa menyusui Si Kecil.

  • Melon madu dan melon cantaloupe

Melon madu dan melon cantaloupe merupakan dua varietas melon yang populer. Walau berbeda, kedua jenis melon ini memiliki beberapa persamaan nutrisi, yang bisa Anda konsumsi sebagai buah untuk ibu menyusui.

Melon madu dan melon cantaloupe kaya dengan vitamin C, yang penting untuk pertumbuhan jaringan. Keduanya juga mengandung vitamin A, salah satu vitamin yang sangat dibutuhkan bagi ibu menyusui. Bayi dan anak yang kurang mendapatkan vitamin A, berisiko untuk mengalami penurunan berat badan, gangguan pada mata, hingga sulit melawan infeksi.

  • Buah pisang

Pisang menjadi salah satu buah untuk ibu menyusui, yang sangat mudah untuk dicari. Buah sangat baik untuk masa-masa laktasi, karena mengandung asam folat.

Tak hanya asam folat, buah berwarna kuning ini juga mengandung vitamin B6, vitamin C, dan kalium, yang juga diperlukan saat menyusui Buah Hati.

  • Buah mangga

Saat mencari buah untuk ibu menyusui, jangan lupa masukkan juga mangga ke dalam daftar camilan Anda. Sebab, buah ini mengandung vitamin A, vitamin C, serta vitamin B6, yang berperan penting untuk perkembangan bayi.

Tak hanya vitamin, mangga juga mengandung zat gizi lain. Sebut saja, asam folat, mineral tembaga, zat besi, serta kalsium. Semua nutrisi tersebut, Anda butuhkan dalam periode laktasi. Misalnya, untuk kalsium, Ibu menyusui harus mendapatkan 1.000 mg mineral ini, dalam satu hari.

  • Buah anggur

Ingin mencari buah untuk ibu menyusui yang praktis dikonsumsi, tanpa perlu mengupasnya? Anggur bisa menjadi jawaban untuk kebutuhan Anda. Buah ini juga menjadi sumber vitamin C, yang bisa Anda konsumsi tanpa repot.

Tak hanya vitamin C, buah anggur juga memiliki zat gizi lain. Termasuk vitamin A, kalsium, asam folat, kalium serta mineral tembaga.

Catatan dari SehatQ

Itulah beberapa jenis buah untuk menyusui, yang bisa Anda konsumsi, serta mudah untuk dicari. Selain mengonsumsi buah di atas, pastikan Anda juga mengonsumsi kelompok makanan selain buah untuk ibu menyusui, agar kebutuhan nutrisi yang kompleks, dapat terpenuhi.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/breastfeeding-diet-101
Diakses pada 7 Oktober 2019

Kids Health. https://kidshealth.org/en/parents/moms-nutrients.html
Diakses pada 7 Oktober 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/275921.php
Diakses pada 7 Oktober 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/280882.php
Diakses pada 7 Oktober 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322844.php
Diakses pada 7 Oktober 2019

Rehydrate. https://rehydrate.org/breastfeed/facts-breastmilk.htm
Diakses pada 7 Oktober 2019

Web MD. https://www.webmd.com/parenting/baby/breast-feeding-diet
Diakses pada 7 Oktober 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed