Buah untuk Diet yang Bagus Turunkan Berat Badan


Buah untuk diet seperti semangka, kiwi, pisang, hingga melon tinggi nutrisi dan baik untuk menurunkan berat badan. Selain itu, buah yang bagus untuk diet ini juga tinggi nutrisi untuk membuat Anda tetap sehat saat diet.

0,0
31 Dec 2019|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Buah untuk diet yang ampuh turunkan berat badanBuah-buahan sitrus, apel, dan blueberry cocok untuk dikonsumsi saat diet
Bukan rahasia lagi bahwa mengonsumsi buah-buahan adalah salah satu cara terbaik untuk menurunkan berat badan. Nah, tahukah Anda bahwa ada buah untuk diet yang ternyata dinilai lebih efektif menurunkan badan dibanding jenis buah pada umumnya?
Buah adalah makanan tinggi serat untuk diet yang alami dari alam sekaligus lezat dan padat nutrisi. Buah pada umumnya juga rendah kalori dan kaya serat sehingga dapat membantu mempercepat turunnya berat badan. 

Daftar buah untuk diet yang efektif menurunkan berat badan

Meski semua jenis buah pada umumnya bagus dimasukkan dalam menu diet Anda, tidak dapat dipungkiri ada beberapa jenis buah untuk diet yang lebih baik.Berikut daftar buah yang bagus untuk diet sebagai pilihan Anda:

1. Semangka

Semangka adalah buah yang bagus untuk diet karena ia mengandung banyak air. Kandungan ini bukan hanya akan membuat Anda tetap terhidrasi, namun juga kenyang dalam jangka waktu yang lebih lama.Selain dikonsumsi sebagai camilan di sela-sela makan besar Anda, semangka juga dapat dijadikan campuran dalam salad.

2. Blueberry

Semua jenis buah berry baik dikonsumsi saat Anda diet, termasuk blueberry yang hanya mengandung 83 kalori per satu porsi sajiannya. Blueberry juga dapat membuat Anda kenyang lebih lama sekaligus memperlancar metabolisme yang dapat menghancurkan lemak di dalam tubuh Anda.

3. Pir

Pir dianggap sebagai buah yang bagus untuk diet karena kandungan serat pektin di dalam daging buahnya. Pektin terbukti dapat menekan nafsu makan, sedangkan serat bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Kombinasi yang baik untuk diet, bukan?Selain itu, buah pir juga mampu mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Jadi ketika memakan buah pir saat diet, Anda sekaligus melindungi jantung dari risiko penyakit, seperti stroke maupun serangan jantung.

4. Pisang

Pisang sering dianggap sebagai buah yang dapat menambah bobot berat badan, padahal ini merupakan buah yang cocok untuk diet. Bahkan ada salah satu jenis diet yang dinamakan diet pisang, yakni diet yang dilakukan dengan mengonsumsi 1-4 buah pisang sebagai menu sarapan.Untuk mendapatkan manfaat ini, pilihlah pisang yang berukuran sedang dan tidak terlalu matang. Pisang dapat menjadi sumber energi yang baik pada orang yang sedang berusaha menurunkan berat badan maupun selepas berolahraga.

5. Apel

Apel adalah salah satu buah untuk diet yang menjadi favorit banyak orang. Selain memiliki tekstur yang renyah, manis, dan berair, makan buah apel juga bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Anggapan ini bukannya tanpa dasar karena apel memang buah yang kaya akan serat dan air.

6. Jeruk

Salah satu keluarga jeruk yang paling sering dikonsumsi saat diet adalah jeruk bali merah (grapefruit). Setengah jeruk bali merah ukuran sedang hanya mengandung 60 kalori dan juga kaya akan air sehingga mencegah Anda mengalami dehidrasi saat menjalani diet.Jeruk bali merah dianggap sebagai buah yang bagus untuk diet karena kandungan naringin di dalamnya. Zat ini terbukti dapat menurunkan kadar gula darah sekaligus membantu Anda mengurangi berat badan.Namun jika Anda sulit menemukan jeruk bali merah, Anda dapat memilih jeruk jenis apa pun. Jeruk pada dasarnya mengandung serat yang baik untuk pencernaan.

7. Melon

Melon adalah buah yang rendah kalori dan memiliki kandungan air yang tinggi, sehingga cocok untuk menurunkan berat badan. Dalam 1 cangkir melon, atau setara dengan 150-160 gram mengandung 46-61 kalori sederhana.Dikutip dari Pusat Data dan Makanan, selain rendah kalori, melon kaya akan serat, potasium, dan antioksidan, seperti vitamin C, beta-karoten, dan likopen.

8. Kiwi

Kiwi adalah salah satu buah sumber vitamin C, vitamin E, folat, dan serat. Selain tinggi nutrisi, buah kiwi juga rendah kalori sehingga baik untuk diet. Dalam sebuah penelitian, 41 orang dengan prediabetes makan dua kiwi emas per hari selama 12 minggu. Mereka mengalami kadar vitamin C yang lebih tinggi, penurunan tekanan darah, dan pengurangan lingkar pinggang. Kiwi memiliki indeks glikemik rendah,  sehingga tidak menghasilkan lonjakan gula darah yang tinggi saat dikonsumsi. Baca juga: Cara Menurunkan Berat Badan yang Cepat dan Efektif

Buah yang harus dihindari saat diet

Terdapat beberapa buah yang perlu Anda batasi saat sedang menjalani diet, diantaranya:

1.Alpukat

Alpukat merupakan salah satu sumber lemak sehat yang baik. Apabila kamu tetap ingin mengonsumsi buah ini saat diet, konsumsilah dalam jumlah yang wajar. Pertimbangkan jumlah alpukat yang akan Anda konsumsi dan perhatikan makanan lain yang Anda konsumsi berdampingan dengan alpukat agar tidak memicu gangguan pencernaan.

2. Anggur

Meski anggur baik untuk kesehatan secara keseluruhan, buah ini sebaiknya Anda batasi saat sedang melakukan diet. Sebab, dalam 100 gram anggur Anda akan menemukan setidaknya 67 kalori, dan 16 gram gula.yang bisa mengganggu program diet Anda.

3. Leci

Leci adalah buah tropis asal China bagian selatan yang memiliki skor glikemik tinggi. Sebagai pengganti leci saat sedang melakukan diet, Anda bias mengganti buah leci ke ceri hitam, yang indeks glikemiknya lebih rendah.Itulah beberapa buah yang perlu Anda batasi saat sedang melakukan program diet. Hal yang perlu Anda perhatikan adalah jumlah konsumsi dan kandungan gula dalam buah yang dikonsumsi.Apabila gula dikonsumsi dalam jumlah yang cukup dan tidak berlebihan, serta diimbangi dengan pengaturan makan sehat rendah kalori, tentu saja tidak masalah mengonsumsi buah-buahan tersebut sebagai variasi.

4. Buah-buahan kering

Buah-buahan kering, termasuk kismis, prune, dan kurma memiliki lebih banyak kalori karena tidak mengandung air. Bahkan, satu gram kismis mengandung lebih banyak kalori dibandingkan anggur.Satu cangkir kismis mengandung 500 kalori, satu cangkir prune mengandung 447 kalori. Jika ingin menyantap buah kering ini sebagai menu diet, sebaiknya hanya dalam jumlah terbatas.

Bagaimana cara mengonsumsi buah untuk diet?

Ketika Anda rutin mengonsumsi buah untuk diet di atas, hanya butuh tiga hari bagi Anda melihat perubahan besar pada tubuh. Ikuti dengan konsumsi buah dengan sayur dan protein rendah lemak, maka berat Anda bisa turun hingga 4 kg.Jangan heran dengan hal ini karena buah juga bisa berfungsi mendetoksifikasi racun di dalam sistem pencernaan Anda, terutama racun yang disebabkan oleh makanan olahan dan junk food. Mengonsumsi buah untuk diet juga menyebabkan metabolisme tubuh lebih siap membakar kalori.Baca juga: Daftar Makanan untuk Diet yang sehat Tanpa Rasa Lapar

Pesan dari SehatQ

Anda juga bisa mengkonsultasikan masalah berat badan Anda ke dokter. Nantinya, dokter akan memberikan rekomendasi makanan, termasuk buah-buahan, dan jenis olahraga yang cocok untuk Anda.Jika ingin berkonsultasi langsung pada dokter, Anda bisa chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.
Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.
makanan sehatmakanan dietbuah dan sayuran
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/best-weight-loss-fruits
Diakses pada 30 Desember 2019
Healthy Women. https://www.healthywomen.org/content/article/best-fruits-weight-loss
Diakses pada 30 Desember 2019
Very Well Fit. https://www.verywellfit.com/top-five-fruits-for-weight-loss-1087931
Diakses pada 30 Desember 2019
WebMD. https://www.webmd.com/diet/a-z/fruit-flush-diet
Diakses pada 30 Desember 2019
NDTV Foods https://www.ndtv.com/food/weight-loss-5-fruits-you-should-avoid-if-you-are-trying-to-lose-weight-1947339\
Diakses pada 21 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait