Ragam Alasan Kita Harus Sering Mengonsumsi Buah Sitrus Seperti Jeruk

Buah sitrus, seperti jeruk, kaya dengan berbagai nutrisi seperti vitamin C
Buah sitrus, seperti jeruk, kaya dengan berbagai nutrisi seperti vitamin C

Jeruk, jeruk Mandarin, jeruk Bali, buah lemon, tentu tak asing lagi untuk Anda konsumsi. Buah-buahan tersebut tergolong ke dalam buah sitrus dan menawarkan berbagai nutrisi esensial. Apa saja?

Buah sitrus dan kandungan nutrisinya

Secara biologi, buah sitrus adalah genus buah-buahan yang tergabung dalam keluarga tanaman Rutaceae. Buah-buahan ini tersebar di berbagai penjuru dunia dan umumnya bisa ditemukan di sepanjang tahun.

Ada banyak jenis dan varietas buah sitrus. Beberapa jenis yang mungkin Anda kenal yaitu jeruk (sweet lemon), limau, lemon, jeruk Mandarin, jeruk Bali, hingga jeruk clementine.

Buah-buah sitrus merupakan salah satu kelompok makanan sehat. Sebab, buah ini mengandung beragam nutrisi kunci yang menakjubkan. Berikut ini kandungan kunci dari buah sitrus:

1. Kaya dengan vitamin dan antioksidan

Seperti yang mungkin Anda tahu, buah sitrus seperti jeruk merupakan sumber dari vitamin C. Vitamin ini telah dikenal perannya dalam meningkatkan daya tahan tubuh serta membantu kulit tetap lembut dan elastis. Mengonsumsi satu buah jeruk berukuran sedang saja sudah mencukupkan kebutuhan vitamin C Anda dalam satu hari.

Buah sitrus
Buah sitrus sudah terkenal sebagai salah satu sumber vitamin C

Selain vitamin C, buah sitrus juga mengandung vitamin dan mineral lain dalam kadar yang cukup, seperti vitamin-vitamin B, kalium, fosfor, magnesium, dan tembaga. Tak sampai di situ, buah-buah sitrus juga juga mengandung molekul antioksidan dan senyawa antiradang.

2. Tinggi serat

Buah sitrus merupakan sumber serat pangan yang baik. Misalnya, jika mengonsumsi buah jeruk yang memiliki berat 131 gram, Anda akan mendapatkan serat yang mencukupi kebutuhan setidaknya 9% dari kebutuhan harian pada rata-rata orang.

Serat merupakan nutrisi yang amat penting untuk tubuh karena dapat menyehatkan sistem pencernaan.

3. Rendah kalori

Buah-buah sitrus dapat menjadi pilihan camilan sehat karena rendah dengan kalori. Selain itu, karena buah-buah ini juga mengandung tinggi serat dan air, Anda pun lebih mungkin untuk merasa kenyang.

Berikut ini jumlah kalori yang terkandung dalam beberapa jenis buah sitrus:

  • 1 buah jeruk biasa berukuran sedang: 62
  • 1 buah jeruk clementine berukuran kecil: 35
  • ½ buah jeruk grapefruit pink: 52
  • Jus dari 1 buah lemon: 12

Karena rendah dengan kalori, buah sitrus dikaitkan dengan penurunan berat badan bagi orang yang rutin mengonsumsinya.

Manfaat buah sitrus untuk kesehatan tubuh

Karena nutrisi buah sitrus di atas sangat menakjubkan, buah-buahan ini juga menawarkan berbagai manfaat kesehatan yang mungkin tak Anda sangka sebelumnya. Ini dia manfaat buah sitrus:

1. Berpotensi untuk menurunkan risiko batu ginjal

Salah satu jenis batu ginjal disebabkan oleh rendahnya kadar sitrat di dalam urine. Buah-buah sitrus dapat meningkatkan level sitrat di tubuh, sehingga menurunkan risiko Anda terkena batu ginjal.

Selain itu, studi di Amerika Serikat juga menemukan bahwa risiko batu ginjal lebih sering terjadi pada individu yang kurang mengonsumsi buah sitrus.

2. Berpotensi untuk melawan kanker

Berbagai studi telah menemukan bahwa konsumsi buah sitrus dikaitkan dengan penurunan risiko kanker. Berbagai penelitian juga menyimpulkan beberapa jenis kanker yang risikonya rendah dengan konsumsi buah sitrus, seperti kanker kerongkongan, kanker lambung, kanker payudara, dan kanker pankreas.

Salah satu kandungan buah sitrus yang diyakini mampu melawan kanker adalah senyawa-senyawa flavonoidnya. Beberapa jenis senyawa flavonoid tersebut juga dapat bertindak sebagai molekul antioksidan, yang berperan untuk melawan radikal bebas pemicu berbagai penyakit.

3. Menyehatkan jantung

Berbagai kandungan pada buah sitrus dapat menurunkan risiko faktor penyebab penyakit jantung. Misalnya, kandungan serat larut air dan flavonoid di kelompok buah ini dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan menaikkan kadar kolesterol baik (HDL).

Buah sitrus
Buah sitrus diyakini amat baik untuk jantung

Naringin, salah satu jenis flavonoid dalam buah sitrus, juga dapat menjaga kesehatan jantung.

4. Berpotensi untuk melindungi otak

Untuk melindungi otak, lagi-lagi kandungan flavonoid dalam buah sitrus yang memainkan perannya. Misalnya, flavonoid dapat menurunkan risiko penyakit neurodegeneratif, seperti penyakit Alzheimer dan Parkinson.

Selain itu, studi pada hewan juga menemukan senyawa flavonoid spesifik seperti hesperidin dan apigenin dapat melindungi sel otak. Kandungan tersebut juga membantu meningkatkan fungsi organ ini.

Adakah risiko konsumsi buah sitrus?

Segala hal yang berlebihan memang tidak baik. Tak terkecuali buah sitrus. Apabila dikonsumsi berlebihan, buah sitrus dapat menimbulkan efek samping seperti gigi berlubang

Selain itu, buah jeruk grapefruit juga dapat berinteraksi dengan obat-obatan tertentu. Misalnya, beberapa obat statin untuk menurunkan kolesterol tinggi dan beberapa obat calcium channel-blockers untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Catatan dari SehatQ

Secara umum, buah sitrus merupakan kelompok buah yang bernutrisi tinggi dan menyehatkan. Anda lebih disarankan untuk mengonsumsinya langsung, alih-alih mengolahnya menjadi jus.

Encyclopedia Britannica. https://www.britannica.com/plant/Citrus
Diakses pada 5 Februari 2020

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/citrus-fruit-benefits
Diakses pada 5 Februari 2020

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/272782.php
Diakses pada 5 Februari 2020

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/25201150
Diakses pada 5 Februari 2020

Artikel Terkait