logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Hidup Sehat

13 Buah Rendah Gula untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

open-summary

Mengonsumsi buah rendah gula meliputi alpukat, stroberi, raspberry, kiwi, semangka, kiwi, jambu biji, hingga persik dipercaya dapat membantu menjaga kadar gula darah.


close-summary

14 Mar 2023

| Dina Rahmawati

Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari

Buah rendah gula dapat membantu menjaga kadar gula tubuh

Jeruk termasuk buah rendah gula yang dapat dikonsumsi

Table of Content

  • Buah rendah gula untuk jaga kesehatan 
  • Catatan SehatQ

Rasa manis buah berasal dari kandungan gula alaminya. Tapi tahukah kamu bahwa ternyata ada beberapa jenis buah rendah gula jika dibandingkan dengan buah lainnya?

Advertisement

Mengonsumsi jenis buah ini dapat membantu menjaga kadar gula darah tubuh. Mau tahu lebih lanjut tentang apa saja jenis buah tersebut? Mari simak penjelasan di bawah ini.

Buah rendah gula untuk jaga kesehatan 

Jika kamu ingin mengontrol asupan gula harian, berikut adalah berbagai buah rendah gula yang cocok untuk dikonsumsi:

1. Alpukat

Cocok dijadikan sebagai snack sehat, alpukat adalah salah satu buah yang rendah gula dan bisa dikonsumsi secara rutin. Satu buah alpukat mentah hanya mengandung sekitar 1 gram gula.

Buah berkulit hijau ini juga mengandung banyak lemak sehat, yang dikaitkan dengan penurunan tekanan darah dan kolesterol, serta menurunkan risiko mencegah penyakit jantung.

Sementara itu, kandungan kalium, magnesium, dan vitamin E di dalamnya berperan penting untuk menjaga kesehatan kulit dan mata, sekaligus mendukung sistem kekebalan tubuh.

2. Raspberry

Meski bukan termasuk buah yang umum ditemukan di Indonesia, buah raspberry juga bisa menjadi salah satu pilihan buah rendah gula dan tinggi serat.

Dalam satu cangkir buah merah ini, mengandung gula sekitar 5 gram. Takaran ini kira-kira sedikit lebih tinggi dari satu sendok teh gula. 

Selain rendah gula, raspberry memiliki nutrisi lain yang mengesankan, dari vitamin C, selenium, hingga antioksidan flavonoid.

3. Lemon

Perasan lemon sering ditambahkan untuk menyegarkan minuman maupun menambah cita rasa masakan. Kabar baiknya, buah sitrus ini termasuk buah dengan kadar gula yang rendah. 

Pada satu buah lemon, gula yang terkandung hanya berkisar 1-2 gram. Kadar gula yang rendah dan vitamin C yang tinggi membuatnya cocok untuk melengkapi dietmu.

4. Kiwi

buah kiwi
Buah kiwi mengandung vitamin C yang tinggi

Buah mungil kehijauan ini termasuk dalam buah rendah gula untuk diabetes. Dalam setiap satu buah kiwi, terkandung gula sebanyak 6,7 gram.

Kiwi juga menjadi salah satu buah yang kaya vitamin C. Buah ini cenderung memiliki rasa manis dan asam, serta dapat menambah keindahan pada hidangan, seperti pada salad buah atau smoothie.

5. Stroberi

Menjadi salah satu buah-buahan populer di dunia, stroberi termasuk buah yang rendah gula walau rasanya cenderung asam.

Satu cangkir stroberi mentah mengandung hanya sekitar 7 gram gula. Menariknya, dengan takaran yang sama, mengonsumsi buah mungil ini sudah mencukupi lebih dari 100 persen kebutuhan vitamin C harian.

Buah stroberi juga mengandung berbagai macam polifenol. Senyawa ini dapat diubah oleh mikroba dalam tubuh menjadi bahan kimia bermanfaat untuk mencegah kanker serta menjaga kesehatan jantung dan mental.

6. Semangka

Kamu pasti tak menyangka bahwa buah manis ini mengandung gula dengan kadar yang rendah. Secara spesifik, secangkir buah semangka (potong dadu) mengandung kurang dari 10 gram gula.

Buah ini juga merupakan sumber elektrolit, vitamin A, dan vitamin C yang baik. Namun ingatlah bahwa semua ini bergantung pada porsi yang kamu konsumsi.

7. Jambu biji

Satu buah jambu biji hanya mengandung gula sekitar 4,9 gram, sehingga membuatnya termasuk sebagai buah yang rendah gula.

Buah yang mudah dicari ini juga relatif tinggi dengan protein, vitamin C, vitamin A, folat, dan bisa menjadi sumber kalium yang baik.

Kamu bisa memotong dan memakan jambu biji secara langsung termasuk kulitnya. Namun, pastikan buahnya sudah benar-benar dicuci bersih.

8. Persik

Walaupun rasanya manis, buah persik cenderung mengandung gula yang rendah. Dalam satu buah persik berukuran sedang terdapat kurang dari 13 gram gula.

Buah ini juga merupakan sumber vitamin C dan betakaroten yang baik, sehingga dipercaya dapat mengurangi kerusakan sel serta mendukung kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Tak hanya itu, kandungan kalium dalam persik berperan penting untuk mengontrol tekanan darah, menjaga berbagai fungsi organ tubuh, dan sistem saraf.

9. Jeruk

Selain memiliki rasa manis yang menyegarkan, jeruk dikategorikan sebagai buah rendah gula. Satu buah jeruk berukuran sedang mengandung sekitar 14 gram gula. Mengonsumsinya juga dapat membantu meningkatkan asupan vitamin C.

Selain itu, buah jeruk mengandung senyawa yang dapat diubah tubuh menjadi vitamin A serta flavanol flavonol yang baik untuk kesehatan kulit dan fungsi otak.

10. Blackberry

buah blackberry
Buah blackberry mengandung antioksidan

Blackberry adalah buah rendah gula yang hanya mengandung 7 gram gula dalam tiap satu cangkirnya. Buah berwarna gelap ini juga memiliki antioksidan serta serat yang tinggi.

Menariknya, blackberry kaya akan senyawa tanaman, seperti anthocyanin, yang memiliki sifat antiradang dan antimikroba yang baik untuk tubuh.

11. Melon madu

Kamu bisa menjadikan melon madu sebagai camilan sehat yang lezat. Buah ini juga rendah gula karena hanya mengandung sekitar 11 gram gula dalam satu potong buahnya.

Sedangkan kandungan nutrisi lain dalam buah melon madu meliputi kalium, vitamin C, dan zat besi, yang bermanfaat bagi tubuh.

12. Jeruk limau gedang

Setengah buah jeruk limau gedang atau grapefruit berukuran sedang mengandung sekitar 11 gram gula. Buah ini juga dipercaya dapat membantu dalam menurunkan berat badan.

Manfaat grapefruit tersebut didukung oleh studi dalam Journal of Medicinal Food, yang menemukan bahwa orang yang mengonsumsi setengah buah ini sebelum makan mengalami lebih banyak penurunan berat badan daripada yang tidak mengonsumsinya.

Kamu bisa menikmati buah ini secara langsung atau menambahkannya ke dalam salad buah. Apabila rasanya terlalu asam, tambahkan sedikit madu atau stevia di atasnya.

Namun perlu dicatat bahwa meski rendah gula, grapefruit dapat mengganggu penyerapan berbagai obat, termasuk obat antihipertensi dan kolesterol. Jadi, jika kamu mengonsumsi obat-obatan tertentu, konsultasikan pada dokter dulu sebelum mengonsumsinya.

13. Cranberry

Buah rendah gula lain yang bisa menjadi pilihan adalah cranberry. Satu cangkir buah cranberry segar mengandung sekitar 3,8 gram gula, 12 gram karbohidrat, dan 3,6 gram serat.

Walau gula alaminya cenderung rendah, buah ini biasanya diberi pemanis saat dikeringkan atau ditambahkan ke dalam hidangan. Jadi, bacalah komposisi pada kemasan sebelum memakannya.

Baca Juga: 10 Macam Buah Rendah Kalori yang Bisa Anda Konsumsi saat Diet

Catatan SehatQ

Itulah beberapa buah rendah gula yang bisa kamu konsumsi sehari-hari. Namun, ingatlah bahwa asupan gula yang kamu konsumsi akan bergantung pula pada porsi buah yang kamu makan. 

Sebagai contoh, satu cangkir potongan semangka memang cenderung rendah gula, yakni kurang dari 10 gram. Tapi jika kamu konsumsi sebanyak 3-4 cangkir sekaligus, jumlah gulanya tentu bertambah. Jadi, kamu tetap tidak boleh memakannya secara berlebihan.

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai jenis atau porsi buah yang tepat untuk dikonsumsi, kamu bisa berkonsultasi langsung dengan dokter secara online di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. 

Advertisement

makanan sehatcamilan sehatbuah dan sayuran

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 24 Jam

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2023. All Rights Reserved