Buah Prune, Si Manis Bernutrisi Tinggi yang Baik untuk Kesehatan


Dengan kandungan nutrisi yang berlimpah, manfaat buah prunes adalah berkhasiat untuk meningkatkan kesehatan mata, mencegah anemia, menguatkan otot dan tulang, hingga menurunkan kolesterol.

(0)
23 Nov 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Prunes adalah buah plum yang dikeringkan di bawah sinar matahari tanpa fermentasi.Prune termasuk dalam makanan dengan indeks glikemik rendah.
Prune atau prunes adalah buah plum yang dikeringkan di bawah sinar matahari tanpa proses fermentasi. Selain lezat, buah manis ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Pasalnya, prune mengandung berbagai macam vitamin, mineral, hingga senyawa antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

Buah prune dan manfaatnya untuk kesehatan

Meskipun rasanya manis, buah prune dipercaya tidak akan menyebabkan kenaikan kadar gula darah karena tergolong dalam makanan dengan indeks glikemik rendah. Indeks glikemik adalah acuan yang dipakai untuk mengetahui seberapa cepat makanan dapat menaikkan kadar gula darah setelah dikonsumsi. Kenali sederet manfaat buah prune yang tidak kalah manis dari rasanya ini.

1. Mengandung nutrisi yang melimpah

Di dalam seporsi (28 gram) buah prune, terdapat kandungan nutrisi ini:
  • Kalori: 67
  • Karbohidrat: 18 gram
  • Serat: 2 gram
  • Gula: 11 gram
  • Vitamin A: 4 persen dari rekomendasi asupan harian (RAH)
  • Vitamin K: 21 persen dari RAH
  • Vitamin B2: 3 persen dari RAH
  • Vitamin B3: 3 persen dari RAH
  • Vitamin B6: 3 persen dari RAH
  • Kalium: 6 persen dari RAH
  • Tembaga: 4 persen dari RAH
  • Mangan: 4 persen dari RAH
  • Magnesium: 3 persen dari RAH
  • Fosfor: 2 persen dari RAH.
Jika dibandingkan dengan buah plum, prune memiliki lebih banyak kandungan vitamin K, vitamin B, hingga mineral. Selain itu, buah ini juga dilengkapi dengan kandungan serat dan karbohidrat yang lebih melimpah dibandingkan plum.Meski demikian, kandungan kalori prune lebih banyak dari plum sehingga hindari mengonsumsinya secara berlebihan.

2. Meningkatkan kesehatan mata

Buah prune mengandung vitamin A yang cukup tinggi. Mengonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin A secara rutin dapat membantu menjaga kesehatan mata. Perlu diingat, kekurangan vitamin A dapat menyebabkan mata kering, degenerasi makula, katarak, hingga rabun senja.

3. Mengandung kalium untuk kesehatan organ tubuh

Kandungan kalium dalam buah prune tergolong tinggi. Dalam setengah cangkir prune saja, Anda sudah bisa mendapatkan 637 miligram kalium atau setara dengan 14 persen dari RAH.Kalium adalah elektrolit yang memiliki tugas penting di dalam menjaga proses pencernaan, detak jantung, kontraksi otot, hingga tekanan darah.

4. Mencegah anemia

Mengonsumsi buah prune secara rutin dipercaya bisa mencegah anemia. Alasannya, buah prune mengandung kadar zat besi tinggi yang bisa membantu tubuh memproduksi sel darah merah.Anemia dapat menyebabkan sesak napas hingga kelelahan. Maka dari itu, konsumsi makanan yang tinggi zat besi seperti prune dapat membantu mencegahnya.

5. Menguatkan otot dan tulang

Buah prune adalah plum yang dikeringkan
Buah prune, warnanya gelap dan rasanya manis
Buah prune kering juga mengandung mineral bernama boron, yang dipercaya bisa menguatkan otot dan tulang. Lebih dari itu, boron juga dianggap bisa meningkatkan koordinasi otot.Dalam sebuah studi pada hewan uji, buah dan bubuk prune dapat mengurangi efek radiasi pada sumsum tulang belakang sehingga mencegah kehilangan kepadatan tulang dan meningkatkan kesehatan tulang.Riset lain membuktikan, buah prune juga bisa mencegah osteoporosis pada wanita yang sedang berada dalam fase pascamenopause (kehidupan setelah menopause).

6. Menurunkan kolesterol

Saat lemak dan kolesterol menyumbat arteri, risiko penyakit stroke, gagal jantung, hingga serangan jantung dapat meningkat.Sebuah penelitian pada hewan membuktikan, kandungan antioksidan buah prune dipercaya membawa dampak positif terhadap tingkat kolesterol. Selain antioksidan, kandungan seratnya juga berperan dalam membantu menurunkan kadar kolesterol.

7. Menurunkan tekanan darah

Para peneliti menemukan bahwa mengonsumsi buah prune dan jus prune dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan.Dalam sebuah riset pada 2010, para partisipan yang mengonsumsi buah prune secara rutin setiap harinya mengalami penurunan tekanan darah.

8. Mengurangi nafsu makan berlebih

Terdapat dua alasan mengapa buah prune dapat mengurangi nafsu makan berlebih. Pertama, buah prune mengandung serat tinggi sehingga mampu membuat rasa kenyang bertahan lama. Kedua, buah prune tidak menyebabkan peningkatan kadar gula darah sehingga rasa lapar berlebihan dapat dihindari.Sebuah studi membuktikan bahwa mengonsumsi buah prune sebagai camilan dapat mencegah munculnya rasa lapar, dibandingkan memakan kue-kue yang rendah lemak.

9. Menurunkan risiko kanker usus besar

Pola makan yang sehat dapat membantu Anda terhindar dari kanker usus besar atau kolorektal. Sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Texas A&M dan North Carolina membuktikan, mengonsumsi buah prune kering ternyata dapat meningkatkan mikrobiota (bakteri baik) di dalam usus besar. Hal ini dipercaya dapat menurunkan risio terjadinya kanker kolorektal.

Efek samping buah prune yang tidak boleh diremehkan

Buah prune dipercaya memiliki beberapa efek samping yang harus diperhatikan
Buah prune dipercaya memiliki efek samping
Meskipun buah prune baik untuk kesehatan, ada sejumlah efek samping yang bisa ditimbulkan oleh buah ini, di antaranya:
  • Masalah pencernaan

Buah prune mengandung sorbitol, yakni sebuah jenis gula yang dapat menyebabkan perut kembung. Selain itu, buah ini juga mengandung serat tidak larut yang bisa menyebabkan diare.
  • Meningkatkan berat badan

Mengonsumsi buah prune dengan porsi yang tepat dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Namun, konsumsi buah ini secara berlebihan bisa berdampak pada kenaikan berat badan karena kandungan kalorinya yang cukup tinggi.
  • Memperparah kondisi medis tertentu

Mengonsumsi makanan atau minuman berserat tinggi, seperti buah atau jus prune, dapat memperparah kondisi medis tertentu, seperti kolitis ulseratif. Berkonsultasilah dulu pada dokter sebelum mengonsumsi buah ini.
  • Menimbulkan alergi

Buah prune dipercaya mengandung histamin, itulah sebabnya mengonsumsi buah prune dianggap bisa menimbulkan reaksi alergi pada beberapa orang.Jika Anda mengalami munculnya gejala alergi, ada baiknya jangan mengonsumsi buah prune lagi dan berkonsultasilah pada dokter.
  • Berpotensi menyebabkan kanker

Dalam beberapa kasus, proses pengeringan buah prune melibatkan akrilamida. Menurut Institusi Kanker Nasional, akrilamida termasuk dalam golongan karsinogen atau zat penyebab kanker.Untuk mengetahui manfaat dan efek samping dari buah prune, cobalah bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play!
makanan sehathidup sehatbuah dan sayuranpola hidup sehat
Food NDTV. https://food.ndtv.com/health/7-amazing-prunes-benefits-1404766
Diakses pada 9 November 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/top-benefits-of-prunes-prune-juice#appetite
Diakses pada 9 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait