13+ Buah yang Bagus untuk Ibu Menyusui, Apa Saja?


Buah yang bagus untuk ibu menyusui berguna untuk merangsang produksi air susu dan menjaga daya tahan tubuh ibu dan bayi. Buah tersebut di antaranya pepaya hijau dan mangga.

(0)
Buah yang bagus untuk ibu menyusui adalah pepaya hijauBuah yang bagus untuk ibu menyusui adalah pepaya hijau karena merangsang produksi ASI
Buah yang bagus untuk ibu menyusui bersifat galaktagog, yaitu melancarkan produksi ASI. Selain itu, buah yang baik untuk ibu menyusui juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh ibu dan bayi.

Mengenal galaktagog pada buah yang bagus untuk ibu menyusui

Banyak hal akan dilakukan oleh ibu menyusui untuk memastikan pasokan air susu ibu (ASI) tetap berlimpah, salah satunya dengan mengonsumsi buah yang baik untuk ibu menyusui yang berfungsi sebagai pelancar ASI (galaktagog).Selain dari obat-obatan, ternyata ada juga beberapa jenis buah yang dapat dijadikan sebagai ASI booster alami.Galaktagog bisa berbentuk macam-macam, mulai dari obat-obatan sintetis hingga makanan untuk ibu menyusui atau minuman dari bahan-bahan alami, termasuk buah-buahan dan sayur-mayur.ASI booster bekerja dengan meningkatkan hormon menyusui pada ibu, terutama prolaktin.Namun, menurut penelitian yang diterbitkan Veterinary Medicine International, ada juga bahan alami yang dapat memengaruhi hormon lain yang berpengaruh pada produksi ASI, seperti somatotropin, kortisol, insulin, leptin, estrogen, progesteron, maupun oksitosin.

Jenis buah yang bagus untuk ibu menyusui

Banyak hal memengaruhi produksi ASI pada ibu menyusui, mulai dari asupan nutrisi untuk ibu menyusui hingga kondisi psikologis ibu itu sendiri.Secara fisik, ibu menyusui harus mengonsumsi makanan yang berkalori tinggi, tetapi padat nilai gizi agar ASI tetap lancar.Beberapa buah dipercaya memiliki efek galaktagog. Jenis buah yang bagus untuk ibu menyusui adalah:

1. Pepaya hijau

Pepaya hijau merupakan buah yang bagus untuk ibu menyusui
Buah pepaya untuk ibu menyusui, terutama pepaya hijau, kaya akan enzim, mineral, dan vitamin (terutama vitamin A dan C) yang dipercaya baik untuk merangsang produksi ASI.Satu pepaya hijau ukuran kecil saja bisa mengandung hingga 100 mg vitamin C atau hampir memenuhi kebutuhan harian vitamin C untuk ibu menyusui yang mencapai 120 mg.Meskipun demikian, pepaya hijau sebagai buah yang bagus untuk ibu menyusui adalah pepaya mentah yang daging buahnya masih keras dan bergetah.Pepaya ini harus diolah terlebih dahulu agar bisa dimakan, misalnya dijadikan sayur berkuah atau ditumis.

2. Pisang

Pisang dapat dikatakan sebagai buah yang bagus untuk ibu menyusui. Sebab, buah ini kaya akan asam folat sehingga baik dikonsumsi sebagai buah pelancar ASI.Buah buah yang baik untuk ibu menyusui ini juga kaya akan vitamin, mineral, serta kalori yang Anda butuhkan ketika sedang menyusui buah hati.

3. Alpukat

Asam amino pada alpukat membuatnya menjadi buah yang bagus untuk ibu menyusui
Buah alpukat untuk ibu menyusui bisa jadi booster ASI alami yang kaya akan asam lemak baik bagi tubuh, seperti omega-3, omega-6, dan omega-9. Asam amino esensial ini dipercaya bisa menaikkan produksi ASI sekaligus menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.Buah buah yang bagus untuk ibu menyusui yang satu ini sangat baik dikonsumsi segar maupun dijadikan campuran salad. Akan tetapi, hindari penambahan gula yang berlebihan.Ketika dimakan tanpa tambahan apapun, alpukat juga bisa menjaga gula darah ibu hamil tetap stabil, begitu pula kadar kolesterol.

4. Stroberi dan blueberry

Rasa asam-manis yang segar pada buah yang bagus untuk ibu menyusui ini dapat menjadi sumber vitamin C, kalsium, kalium, dan magnesium yang baik bagi ibu menyusui.Meski demikian, Anda sebaiknya menghindari buah pelancar ASI ini jika Anda atau anggota keluarga ada yang memiliki alergi buah beri karena alergi bisa menurun pada bayi.

5. Sawo

Sawo merupakan buah yang bagus untuk ibu menyusui karena cegah mual dan muntah
Buah yang terlihat sederhana ini ternyata bisa menjadi ASI booster alami. Pasalnya, sawo mengandung gula alami yang dapat mengembalikan energi saat menyusui. Satu buah sawo memiliki kalori sebesar 141 kkal.Menurut penelitian yang diterbitkan jurnal Medical Clinics of North America, ibu menyusui membutuhkan energi tambahan sebesar 500 kkal. Selain itu, sawo merupakan buah yang baik untuk ibu menyusui karena mampu mencegah mual dan muntah. 

6. Melon

Rasa manis dan kandungan air yang tinggi pada buah yang bagus untuk ibu menyusui ini dapat membantu Anda tetap berenergi selama menyusui. Oleh karena itu, produksi ASI juga lebih lancar.Buah yang baik untuk ibu menyusui ini sebaiknya dikonsumsi dalam kondisi segar atau dicampur sebagai salad buah. Namun, jangan tambahkan pemanis tambahan.

7. Jeruk 

Vitamin C pada jeruk sebagai buah yang bagus untuk ibu menyusui
Jeruk juga merupakan buah yang baik untuk ibu menyusui. Sebab, buah ini tinggi kandungan air lainnya yang baik untuk produksi ASI. Selain sumber vitamin C, jeruk juga dapat membantu meningkatkan pertumbuhan dan jaringan ibu menyusui.

8. Aprikot

Selain tinggi kalsium, vitamin C dan Vitamin A, aprikot merupakan buah yang bagus untuk ibu menyusui.Sebab, aprikot juga merupakan buah yang mampu mengatur hormon penghasil ASI dalam tubuh yang dapat meningkatkan laktasi.Ini karena aprikot diketahui mengandung fitoestrogen yang dapat meniru aktivitas estrogen dalam tubuh.

9. Mangga

Beta-karoten pada mangga sebagai buah yang baik untuk ibu menyusui
Mangga merupakan buah yang bagus untuk ibu menyusui. Sebab, mangga mengandung kalium serta beta-karoten yang tinggi.Menurut temuan yang terbit pada buku Nutrition & Lifestyle for Pregnancy & Breastfeeding, kalium berguna untuk menjaga cairan tubuh. Nantinya, kalium berguna untuk mengatur kontraksi otot, refleks pada saraf, maupun fungsi jantung.Sementara, menurut temuan yang dipaparkan jurnal American Journal of Obstetrics and Gynecology, beta-karoten diketahui merupakan komponen yang bisa ditemukan pada kolostrum dan ASI.Beta-karoten juga memberikan fungsi antioksidan bagi bayi baru lahir. Hal ini berguna agar sel-sel bayi terlindungi dari radikal bebas.

10. Kurma

Menurut jurnal yang diterbitkan Journal of Pediatric Sciences, kurma merupakan buah yang bagus untuk ibu menyusui. Sebab, kurma juga bekerja sebagai galaktagog.Penelitian ini menemukan, kurma meningkatkan produksi ASI secara signifikan. Hal ini didasari dengan kurma mampu mendorong produksi hormon prolaktin, hormon perangsang produksi ASI.Terlebih, kurma membantu tubuh memproduksi ASI lebih cepat. Bahkan, karena produksi ASI yang melimpah, berat badan bayi baru lahir di usia tiga hari.

11. Buah naga

Buah naga merupakan buah yang bagus untuk ibu menyusui
Buah naga untuk ibu menyusui memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Kandungan ini berguna sebagai pemulihan pascamelahirkan.Kalsium pun juga ditemukan pada buah naga. Oleh karena itu, buah naga untuk ibu menyusui mampu mendorong perkembangan tulang bayi.Kandungan vitamin C pada buah yang bagus untuk ibu menyusui ini bekerja sebagai antioksidan. Vitamin C ini berguna untuk menjaga imun ibu dan bayi.

12. Semangka

Buah semangka untuk ibu menyusui menyediakan kebutuhan cairan, vitamin C, dan antioksidan. Sebab, 92% buah semangka terdiri dari air. Hal ini mampu menghidrasi tubuh agar produksi ASI tetap lancar.Lalu, pigmen pada buah semangka, yaitu likopen berperan sebagai antioksidan. Ini membuat tubuh ibu menyusui maupun bayi tetap kuat karena likopen mampu meningkatkan imunitas.

13. Sirsak

Sirsak sebagai buah yang bagus untuk ibu menyusui juga bagus untuk kesehatan jantung
Serupa dengan mangga, buah sirsak untuk ibu menyusui bagus untuk menambah asupan kalium.Sebab, buah yang bagus untuk ibu menyusui ini kaya akan kalium yang berguna untuk menjaga kadar cairan di dalam tubuh serta menjaga kontraksi otot serta kesehatan jantung.

Pilihan ASI booster alami lainnya

Selain buah yang bagus untuk ibu menyusui, daun katuk merupakan ASI booster.
Selain buah pelancar ASI, galaktagog juga bisa ditemukan pada bahan alami lainnya. Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), beberapa bahan dari alam yang bisa dijadikan sebagai booster ASI alami adalah:

1. Fenugreek (Trigonella foenum-graecum)

Selain buah yang bagus untuk ibu menyusui, ada pula tanaman dari keluarga kacang-kacangan ini merupakan herbal yang paling sering direkomendasi untuk dijadikan booster ASI alami.Berdasarkan penggunanya, efek fenugreek terhadap produksi ASI dapat dirasakan hanya 24-72 jam setelah terapi dimulai.Meskipun demikian, fenugreek mungkin saja tidak cocok dikonsumsi oleh semua orang. Pasalnya, tanaman ini dapat menghadirkan efek samping seperti urine berbau manis, keringat berlebih, diare, dan memperberat gejala asma.

2. Daun katuk (Sauropus androgynus)

Daun katuk sudah banyak dikenal oleh orang Indonesia sebagai ASI booster alami yang dapat meningkatkan produksi ASI hingga 50 persen. Penambahan kuantitas ASI juga tidak mengurangi kandungan nutrisi di dalamnya, terutama kandungan protein dan lemak ASI.Sayuran hijau ini memiliki kandungan tinggi laktagogum yang dapat meningkatkan produksi ASI. Katuk juga mengandung tinggi zat besi, vitamin B, vitamin A, vitamin C, protein hingga kalsium. Selain daun katuk, masyarakat Indonesia juga biasa mengonsumsi daun bangun-bangun untuk mendongkrak produksi ASI. Syaratnya, daun-daunan ini harus dikonsumsi secara rutin selama 15 hari berturut-turut.

Catatan dari SehatQ

Buah yang bagus untuk ibu menyusui berfungsi sebagai galaktagog, yaitu pelancar ASI. Hal ini dikarenakan buah-buahan tertentu mampu merangsang hormon yang memproduksi ASI, seperti hormon prolaktin.Selain itu, gizi yang ditemukan pada beragam buah ini juga mampu menjaga kesehatan ibu dan anak.Namun, jangan lupa hindari stres. Hal ini dikarenakan masalah psikologis juga dapat memengaruhi produksi ASI Anda.Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut terkait memulai mengonsumsi buah-buahan tertentu ketika menyusui, konsultasikan segera dengan dokter melalui chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.Apabila Anda ingin mendapatkan keperluan menyusui, kunjungi untuk mendapatkan penawaran menarik.Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.
produksi asiasi eksklusifbuah dan sayuran
Veterinary Medicine International. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4165197/
Diakses pada 19 Juni 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324290
Diakses pada 19 Juni 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/parenting/galactagogues
Diakses pada 19 Juni 2020
Mom Junction. https://www.momjunction.com/articles/fruits-you-should-eat-while-breastfeeding_00352476/
Diakses pada 19 Juni 2020
IDAI. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/laktogogue-seberapa-besar-manfaatnya
Diakses pada 19 Juni 2020

Medical Clinics of North America. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5104202/
Diakses pada 20 November 2020
Nutrition & Lifestyle for Pregnancy & Breastfeeding. https://oxfordmedicine.com/view/10.1093/med/9780198722700.001.0001/med-9780198722700
Diakses pada 20 November 2020
American Journal of Obstetrics and Gynecology. https://www.ajog.org/article/0002-9378(86)90740-4/pdf
Diakses pada 20 November 2020
U.S Department of Agriculture. https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/167761/nutrients
Diakses pada 20 November 2020
U.S Department of Agriculture. https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/1102670/nutrients
Diakses pada 20 November 2020
Journal of Pediatric Sciences. https://dergipark.org.tr/en/download/article-file/178955
Diakses pada 20 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait