Buah Namnam, Buah Langka yang Kaya akan Antioksidan

(0)
25 Jun 2020|Adhenda Madarina
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat buah namnam dihasilkan oleh kandungan antioksidannyaBuah namnam yang sudah matang
Buah namnam (Cynometra cauliflora) adalah salah satu buah langka yang tumbuh di kawasan Asia Selatan dan Tenggara, seperti India, Sri Lanka, Malaysia, dan Indonesia. Nama namnam sendiri adalah sebutan orang Jawa untuk buah ini. Di daerah lain, buah ini dikenal dengan nama berbeda, contohnya seperti pukih (Sunda) dan namu-namu (Makassar).Jika dilihat dari fisiknya, buah namnam memiliki bentuk yang agak oval dan pipih. Buah ini umumnya berwarna coklat ketika masih mentah dan menjadi hijau kekuningan ketika matang. Buah namnam memiliki cita rasa yang asam dan sedikit manis sehingga memungkinkan untuk dikonsumsi secara langsung.

Manfaat buah namnam

Beberapa penelitian membuktikan bahwa buah namnam memiliki manfaat untuk kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat buah namnam yang perlu Anda ketahui.

1. Kaya akan antioksidan

Berdasarkan sebuah penelitian dalam Jurnal Kimia VALENSI dari UIN Syarif Hidayatullah, sari buah namnam mengandung aktivitas antioksidan yang tinggi. Beberapa senyawa antioksidan yang ditemukan dalam buah namnam adalah fenolik, flavonoid, dan vitamin C.Antioksidan terbukti baik untuk kesehatan karena dapat melawan radikal bebas yang menjadi penyebab dari penyakit-penyakit berbahaya, seperti penyakit jantung, kanker, katarak, gangguan fungsi otak, hingga arthritis.

2. Sumber vitamin C yang tinggi

Masih bersumber dari penelitian yang sama, kandungan vitamin C dalam sari buah namnam jauh lebih tinggi, yakni 121,44 mg dalam 100 ml, ketimbang lemon (10,60 mg), buah murbei (22,69 mg), dan jambu mete merah (10,52 mg),Vitamin C, termasuk yang ada di dalam buah namnam, dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu perkembangan, pertumbuhan, dan memperbaiki seluruh jaringan tubuh. Vitamin ini juga terlibat dalam pembentukan kolagen, penyerapan zat besi, menjaga sistem imun, penyembuhan luka, dan pemeliharaan tulang serta gigi.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C di dalam buah namnam termasuk antioksidan kuat yang berkontribusi pada sistem imun dengan mendukung berbagai fungsi sel tubuh, baik dalam sistem imun bawaan maupun adaptif.Kekurangan vitamin C dapat mengganggu imunitas tubuh dan membuat tubuh lebih rentan terhadap berbagai infeksi virus atau bakteri. Kadar vitamin C yang rendah juga dapat meningkatkan peradangan dan gangguan metabolisme.

4. Menjaga berat badan

Selain vitamin C, buah namnam juga mengandung flavonoid dalam jumlah yang cukup tinggi, yaitu 421,09 mg dalam 1 liter sari buah namnam. Sebagai antioksidan, flavonoid punya banyak manfaat bagi tubuh dalam mencegah berbagai penyakit berbahaya.Di samping itu, manfaat lain dari flavonoid adalah menjaga berat badan Anda. Kandungan dalam antioksidan ini dapat meredakan peradangan dan menurunkan kadar hormon leptin, yaitu hormon penekan nafsu makan. Dalam penelitian pada tikus, kadar leptin yang tinggi terbukti dapat menyebabkan obesitas dan diabetes.

5. Melindungi kulit dari kerusakan

Tingginya kandungan antioksidan dalam buah namnam dapat membantu melindungi kulit dari berbagai radikal bebas, yakni molekul berbahaya yang dapat merusak kulit Anda.Radikal bebas dapat menempel pada kolagen dalam kulit dan mengurangi elastisitasnya. Fungsi antioksidan, seperti yang terkandung dalam buah namnam, adalah menetralisir radikal bebas tersebut untuk melindungi kulit dari kerusakan. Beberapa antioksidan lainnya bahkan juga dapat mencerahkan kulit, meredakan iritasi, dan melembutkan garis-garis halus pada kulit.Itulah beberapa manfaat buah namnam berdasarkan kandungan antioksidan di dalamnya. Meski demikian, masih dibutuhkan penelitian lanjutan untuk membantu memvalidasi berbagai manfaat di atas.
buah dan sayuran
Researchgate. https://www.researchgate.net/publication/314249711_Aktivitas_Antioksidan_dan_Kandungan_Komponen_Bioaktif_Sari_Buah_Namnam
Diakses pada 11 Juni 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5707683/#:~:text=It%20is%20a%20potent%20antioxidant,innate%20and%20adaptive%20immune%20system.
Diakses pada 11 Juni 2020
Livescience. https://www.livescience.com/52524-flavonoids.html
Diakses pada 11 Juni 2020
Marie Claire. https://www.marieclaire.com/beauty/a22370309/antioxidants-skin-benefits/
Diakses pada 11 Juni 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait