8 Manfaat Buah Lobi-lobi Bagi Kesehatan, Apa Saja?

Buah lobi-lobi bermanfaat untuk menurunkan risiko berbagai penyakit, termasuk kanker.
Buah lobi-lobi bisa diolah menjadi manisan yang nikmat disantap.

Buah lobi-lobi tumbuh di daerah tropis Asia. Tumbuhan liar ini dapat ditemukan menjalar di area kebun dan rerumputan. Di Indonesia, buah ini dikenal dengan beragam nama, seperti sosononga di Madura, patikan kebo di Jawa, balakko di tanah Batak dan lubi-lubi di kawasan Sumatra Barat.

Buahnya berwarna merah menyerupai buah ceri dengan diameter 1-3 cm. Pohonnya menjulang setinggi 3-0 meter. Apakah Anda pernah melihatnya?

Manfaat buah lobi-lobi bagi kesehatan

Meski kerap ditemukan di area kebun maupun rerumputan, tak banyak yang tahu, buah bercita rasa asam dan manis ini memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Mulai dari menjaga kesehatan ginjal, mengurangi risiko penyakit berbahaya, hingga memperbaiki suasana hati, berikut ini penjelasan tentang manfaat buah lobi-lobi untuk kesehatan.

1. Melindungi ginjal 

Buah lobi-lobi mengandung antioksidan seperti flenol dan flavonoid. Kedua senyawa ini berfungsi melawan radikal bebas yang dapat melemahkan fungsi ginjal serta menimbulkan beberapa kondisi medis seperti diabetes dan kanker.

2. Mencegah penyakit jantung

Salah satu manfaat buah lobi-lobi adalah membantu mencegah penyakit jantung. Manfaat ini didapatkan dari kandungan flavonoid di dalamnya.

Flavonoid adalah salah satu jenis antioksidan yang juga memiliki sifat antiperadagan. Komponen ini juga dipercaya dapat menurunkan risiko terjadinya penyempitan pembuluh darah akibat penumpukan plak (aterosklerosis) di jantung, serta menjaga kesehatan dinding pembuluh darah.

Bahkan, salah satu penelitian menyebutkan bahwa orang yang rutin mengonsumsi flavonoid dalam jumlah tinggi, memiliki risiko 18% lebih rendah terhadap kematian akibat penyakit jantung.

3. Mengurangi risiko stroke, kanker dan jantung

Selain flenol dan flavonoid, buah lobi-lobi memiliki antioksidan bernama polifenol yang berfungsi mencegah risiko stroke dan jantung. Senyawa ini juga mencegah terjadinya osteoporosis.

4. Mengontrol gula darah

Antioksidan flavonoid dalam buah lobi-lobi juga bermanfaat untuk mengontrol kadar gula darah. Oleh karena itu, buah lobi-lobi mampu mencegah penyakit diabetes.

5. Menjaga kesehatan kulit

Kandungan senyawa antijamur dalam buah lobi-lobi juga dapat melindungi kulit, rambut dan kuku dari risiko infeksi jamur.

6. Melancarkan sistem pencernaan

Mengonsumsi buah lobi-lobi bisa melancarkan
sistem pencernaan.

Manfaat buah lobi-lobi selanjutnya yaitu melancarkan pencernaan. Kandungan enzim lipase dalam buah lobi-lobi dapat membantu kinerja sistem pencernaan. Bersama enzim lainnya, seperti protease dan amilase, enzim lipase mampu memecah protein dan lemak agar mudah dicerna oleh sistem pencernaan.

7. Mengobati diare

Selain itu, beberapa penelitian juga menyebut buah lobi-lobi bermanfaat untuk mengobati diare dan mual. Tak hanya itu, sakit tenggorokan pun bisa diredakan dengan buah lobi-lobi.

7. Memperbaiki suasana hati

Buah lobi-lobi juga cocok dikonsumsi wanita yang tengah mengalami menstruasi. Enzim flavonoid dalam buah ini dapat memperbaiki suasana hati menjadi lebih baik.

8. Mencegah penyakit Alzheimer dan Parkinson

Kandungan antiradang dan antioksidan dalam senyawa flavonoid yang dimiliki buah lobi-lobi juga berfungsi melindungi tubuh dari penyakit neurodegeneratif seperti penyakit Alzheimer dan Parkinson.

Sebuah riset yang dirilis dalam American Journal of Epidemiology menyebut senyawa flavonoid dapat melancarkan aliran darah ke otak, dan meningkatkan fungsi kognitif otak.

Cara mengonsumsi buah lobi-lobi

Selain di Indonesia, buah lobi-lobi atau Flacourtia inermis Roxb dapat ditemukan di beberapa daerah di Asia, seperti Filipina, Thailand dan India.

Buah ini dapat dimakan mentah. Namun di beberapa negara, buah lobi-lobi juga diolah menjadi selai, jeli, sirup dan permen. Sementara itu di Indonesia, buah lobi-lobi sering dijadikan campuran rujak dan asinan.

Health Benefit Times.
https://www.healthbenefitstimes.com/lobi-lobi/
Diakses pada 13 Februari 2020

Healthline.
https://www.healthline.com/health/antifungal-essential-oils#benefits
Diakses pada 13 Februari 2020

Cookpad.
https://cookpad.com/id/resep/5185436-manisan-lobi-lobi
Diakses pada 14 Februari 202o

NCBI.
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4648892/
Diakses pada 13 Februari 2020

Livescience.
https://www.livescience.com/52524-flavonoids.html
Diakses pada 13 Februari 2020

Livescience.
https://www.livescience.com/52524-flavonoids.html
Diakses pada 13 Februari 2020

Livestrong.
https://www.livestrong.com/article/173125-benefits-of-polyphenols/
Diakses pada 13 Februari 2020

Science Direct.
https://www.sciencedirect.com/topics/biochemistry-genetics-and-molecular-biology/pancreatic-lipase
Diakses pada 13 Februari 2020

Artikel Terkait