Buah Leci, Kecil Bernutrisi untuk Maniskan Hari

Buah leci merupakan buah kecil kemerahan yang kaya dengan nutrisi
Di balik rasa manisnya, buah leci juga mengantongi berbagai nutrisi

Buah leci boleh jadi alasan Anda menyukai teh leci yang sering tersedia di kafe-kafe. Buah leci memang memiliki rasa yang manis nan menyegarkan. Nutrisi kesehatan buah leci pun tak kalah manis dari rasanya.

Buah leci, buah kecil kaya nutrisi

Buah leci (Litchi chinensis) merupakan buah tropis yang termasuk dalam famili soapberry. Buah lain yang bersaudara dengan leci di famili ini adalah rambutan dan longan (kelengkeng).

Dengan rasanya yang manis, buah leci sangat terkenal di daerah asalnya, seperti Cina dan Asia Tenggara. Buah ini bisa kita konsumsi langsung maupun ditambahkan ke minuman lain. Minuman yang mungkin sering kita temukan yakni teh leci.

Selain rasanya yang menyegarkan, buah leci juga kaya dengan nutrisi. Buah ini menjadi sumber yang baik untuk berbagai vitamin, mineral, dan molekul antioksidan.

Nutrisi buah leci yang menyegarkan hari

Utamanya, buah leci tersusun atas air (sekitar 82%) dan karbohidrat (16,5%). Berikut pembahasan nutrisi buah yang leci yang patut untuk diketahui:

1. Karbohidrat dan serat

Satu buah leci segar atau yang dikeringkan mengandung sekitar 1,5-1,7 gram karbohidrat. Sebagian besar karbohidrat pada buah leci berasal dari gula, sehingga rasanya menjadi manis. Serat buah leci tergolong rendah, yakni 1,3 gram dalam setiap 100 gram sajian buah leci.

2. Vitamin dan mineral

Buah leci menjadi sumber yang baik untuk vitamin dan mineral. Beberapa di antaranya, yaitu:

  • Vitamin C, jenis vitamin paling banyak di buah leci
  • Tembaga
  • Kalium
  • Fosfor
  • Mangan
  • Magnesium
  • Vitamin B3 (niasin)
  • Vitamin B2 (riboflavin)
  • Vitamin B6 (pyridoxine)

3. Senyawa tumbuhan

Seperti buah-buahan lain, leci juga mengandung beberapa molekul antioksidan. Bahkan, kandungan polifenol dalam buah leci lebih tinggi dibandingkan buah-buahan lain yang umum kita konsumsi.

Beberapa contoh senyawa tumbuhan pada buah leci, yaitu:

  • Epikatekin, jenis flavonoid yang berpotensi untuk menjaga kesehatan jantung dan menurunkan risiko kanker dan diabetes.
  • Rutin, jenis flavonoid yang juga dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kronis, seperti kanker, diabetes, dan penyakit jantung.
Buah leci
Buah leci mengandung berbagai senyawa tumbuhan

Potensi manfaat buah leci untuk kesehatan

Penelitian yang mengkaji terkait manfaat kesehatan buah leci masih sedikit. Beberapa potensi khasiat buah leci yang masih perlu dikaji lebih jauh, yaitu:

1. Berpotensi untuk melawan penyakit kronis

Karena buah leci mengandung beberapa vitamin, mineral, dan molekul antioksidan, buah kecil kemerahan ini berpotensi untuk menurunkan risiko penyakit kronis, misalnya penyakit jantung, kanker, dan diabetes.

2. Berpotensi untuk mengendalikan tekanan darah

Karena buah leci mengandung kalium yang dianggap sebagai vasodilator atau dapat melebarkan pembuluh darah, buah ini boleh jadi berpotensi untuk menjaga keseimbangan cairan. Keseimbangan cairan sangat penting untuk tubuh karena berkaitan dengan pengendalian tekanan darah.

3. Berpotensi untuk melancarkan aliran darah

Selain zat besi, tembaga juga menjadi bagian penting dalam pembentukan sel darah merah. Karena tembaga terkandung dalam buah leci, buah manis ini berpotensi untuk melancarkan aliran darah.

4. Berpotensi untuk meningkatkan daya tahan tubuh

Nutrisi paling banyak dalam buah leci adalah vitamin C. Vitamin ini dikaitkan dengan peningkatan sistem imun, seperti yang mungkin telah Anda ketahui. Di samping itu, vitamin C juga dapat berperan sebagai molekul antioksidan, yang penting untuk mengendalikan radikal bebas berlebih.

Efek samping buah leci, adakah?

Buah leci yang dikonsumsi dengan wajar mungkin tak terlalu menimbulkan efek samping untuk kesehatan. Walau begitu, leci dikaitkan dengan peradangan otak di Asia Tenggara dan Asia Selatan. Pakar memperkirakan kandungan hipoglisin yang menjadi pemicunya, walau riset lanjutan masih diperlukan.

Selain itu, penderita diabetes akan perlu berhati-hati dengan buah ini karena kandungan gulanya yang tinggi. Konsumsi buah leci berlebihan juga mungkin berisiko menimbulkan masalah lain, seperti perdarahan di hidung, demam, dan radang tenggorokan.

Pada kasus yang jarang terjadi, alergi buah leci mungkin terjadi bagi beberapa individu.

Catatan dari SehatQ

Buah leci adalah buah yang manis dan menyegarkan serta sangat populer di Asia Tenggara. Buah ini kaya dengan vitamin C dan molekul antioksidan, yang berpotensi untuk memberikan manfaat kesehatan.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/foods/lychees
Diakses pada 9 Maret 2020

Organic Facts. https://www.organicfacts.net/health-benefits/fruit/lychee.html
Diakses pada 9 Maret 2020

US Department of Agriculture. https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/169086/nutrients
Diakses pada 9 Maret 2020

Artikel Terkait