Buah Kundur, Si Winter Melon yang Kaya Antioksidan

(0)
02 Jun 2020|Azelia Trifiana
Buah kundur kayak dengan nutrisi yang baik untuk tubuhBuah kundur dikenal juga dengan nama ash gourd
Berbentuk seperti labu besar, buah kundur atau beligo banyak dikonsumsi layaknya sayur. Buah dengan nama ilmiah Benincasa hispida juga kerap disebut winter melon atau ash gourd. Di negara-negara Asia Tenggara, buah kundur kerap dikonsumsi karena manfaatnya seperti meredakan panas dalam hingga baik untuk pencernaan.Sebutan ash pada buah kundur disematkan karena saat matang bagian luar buahnya berwarna keabuan. Jika dicicipi, rasa buah kundur seperti timun dan bisa dikonsumsi bersama dengan makanan utama atau sebagai buah.

Kandungan nutrisi buah kundur

Kandungan utama sekitar 96% dari buah kundur adalah air. Selain itu, kandungan di setiap 100 gram buah kundur adalah:
  • Kalori: 13
  • Protein: kurang dari 1 gram
  • Karbohidrat: 3 gram
  • Serat: 3 gram
  • Lemak: kurang dari 1 gram
  • Vitamin C: 14% AKG
  • Riboflavin: 8% AKG
  • Zinc: 6% AKG
Selain beberapa kandungan nutrisi di atas, buah kundur juga mengandung zat besi, magnesium, fosfor, mangan, dan vitamin B lainnya. Di dalamnya juga terdapat antioksidan berupa flavonoid dan karoten yang dapat melindungi tubuh dari stres oksidatif dan penyakit seperti jantung dan diabetes tipe 2.

Manfaat buah kundur

Salah satu hal yang membuat buah kundur dikenal bermanfaat adalah karena kandungan antioksidan di dalamnya. Selain itu, manfaat buah kundur lainnya di antaranya:

1. Baik untuk pencernaan

Buah kundur adalah jenis buah rendah kalori namun tinggi serat sehingga baik untuk sistem pencernaan. Jenis serat di dalamnya bisa larut dalam air sehingga membuat proses cerna menjadi lebih lama dan rasa kenyang bisa bertahan lebih lama.

2. Melindungi dari penyakit

Kandungan dalam buah kundur juga bisa melindungi tubuh dari penyakit. Dalam uji coba laboratorium terhadap binatang, diketahui buah kundur dapat mencegah peradangan, diabetes tipe 2, dan juga bisa melindungi tubuh dari bakteri dan jamur tertentu.Meski demikian, klaim-klaim seperti ini masih perlu uji ilmiah lebih jauh pada manusia untuk menarik kesimpulan yang sama. Biasanya, ekstrak buah kundur diambil dari kulitnya, bukan daging buahnya.

3. Kaya antioksidan

Seperti disinggung di atas, buah kundur mengandung antioksidan berupa flavonoid dan karoten. Ini yang membuatnya populer karena dapat melindungi tubuh dari paparan zat radikal bebas berbahaya. Lebih jauh lagi, hal ini menjadikan buah kundur kerap dijadikan pilihan sebagai buah untuk pengobatan tradisional.

Cara mengonsumsi buah kundur

Memang tak sepopuler buah lain seperti semangka dan melon, namun mengonsumsi buah kundur mudah dilakukan. Biasanya, buah kundur yang sudah matang dipotong kecil-kecil dan dimasukkan dalam rebusan seperti sup.Selain itu, buah kundur juga bisa diolah dengan cara dipanggang, digoreng, atau dicampurkan dalam salad. Cara mengonsumsi buah kundur yang juga populer mirip seperti mengonsumsi timun.Di India, buah kundur juga kerap digunakan sebagai tambahan untuk membuat selai, permen, atau camilan manis yang disebut petha. Tak hanya itu, buah kundur juga bisa ditambahkan dalam jus atau smoothies.Jika belum dikupas, buah kundur sebaiknya disimpan di tempat yang dingin dan kering. Jangan lupa mencucinya hingga bersih sebelum dikupas agar lapisan berwarna keabuan benar-benar luruh.Bagi yang mencari pilihan buah kaya kandungan air dan rendah kalori, maka buah kundur bisa jadi alternatif. Terlepas dari manfaatnya secara medis yang masih terus diteliti, setidaknya kandungan nutrisi dalam buah kundur baik untuk tubuh.
makanan sehathidup sehatbuah dan sayuran
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/ash-gourd
Diakses 17 Mei 2020
Organic Facts. https://www.organicfacts.net/health-benefits/vegetable/winter-melon-benefits-nutritional-value.html
Diakses 17 Mei 2020
The Spruce Eats. https://www.thespruceeats.com/chinese-winter-melon-overview-694718
diakses 17 Mei 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait