Manfaat Buah Dewandaru, Tingkatkan Imunitas Hingga Cegah Stroke

Buah dewandaru memiliki berbagai khasiat, termasuk memperbaiki pola tidur Anda.
Buah dewandaru dipercaya mengandung antioksidan yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

Buah dewandaru atau pitanga banyak ditemukan tumbuh di kawasan Amerika Latin seperti Argentina, Brasil, dan Paraguay. Buahnya yang berwarna merah memgandung banyak vitamin dan nutrisi seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin C, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin B1, B2, dan B3. Manfaat buah dewandaru pun ternyata begitu beragam bagi kesehatan.

Tak heran, sebab kandungannya, buah dewandaru memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Apa saja?

Manfaat buah dewandaru bagi kesehatan

Karena kandungannya tersebut, manfaat buah dewandaru yang belum banyak dikenal ini, sangatlah beragam. Buah ini dapat meningkatkan sistem imunitas, menjaga kesehatan kulit, hingga mencegah risiko stroke dan jantung.

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat buah dewandaru yang pertama adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin A dan vitamin C yang merupakan antioksidan dan bermanfaat dalam melawan infeksi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Saat sistem kekebalan tubuh meningkat, Anda akan terhindar dari berbagai risiko penyakit akibat bakteri dan virus.

2. Menjaga kesehatan kulit

Antioksidan dalam buah dewandaru juga berfungsi memperlambat tanda-tanda penuaan dini. Selain itu, kandungan vitamin A dalam buah dewandaru juga dapat mengurangi keriput dan memperlancar aliran darah menuju permukaan kulit.

Vitamin A juga dapat mengurangi produksi sebum berlebih dan mengurangi jerawat.

3. Menjaga kesehatan mata

Buah dewandaru yang kaya akan vitamin C juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Asupan vitamin C yang tinggi dapat meningkatkan pasokan darah ke area mata. Oleh karena itu, mengonsumsi buah dewandaru dapat mencegah risiko gangguan mata seperti katarak.

4. Memperbaiki pola tidur

Konsumsilah buah dewandaru ketika Anda susah tidur,
untuk memperbaiki pola tidur.

Manfaat buah dewandaru selanjutnya adalah memperbaiki pola tidur. Buah dewandaru merupakan salah satu makanan alami yang mengandung melatonin.

Melatonin adalah hormon yang diproduksi kelenjar pineal di bagian otak. Hormon ini berfungsi mengatur siklus tidur dan bangun seseorang. Sehingga, mengonsumsi buah dewandaru secara teratur dapat meningkatkan kualitas tidur Anda.

5. Membantu menurunkan berat badan

Buah dewandaru yang rendah kalori juga sangat baik dikonsumsi sebagai makanan diet. Karena mengonsumsi buah ini dalam jumlah besar tidak berdampak langsung pada kenaikan berat badan, maka buah dewandaru baik untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan.

6. Mencegah risiko stroke dan jantung

Manfaat buah dewandaru selanjutnya adalah mencegah risiko stroke dan jantung. Buah dewandaru mengandung antioksidan seperti likopen, beta-cryptoxanthin, gamma-carotene dan rubixanthin yang berfungsi melawan radikal bebas serta mencegah risiko berbagai penyakit berbahaya, termasuk stroke dan sakit jantung.

Selain buah dewandaru, daunnya juga berkhasiat untuk kesehatan

Selain buah dewandaru, daun tanaman ini juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Daun dewandaru kerap dijadikan campuran teh, karena bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Tak heran, daun dewandaru yang mengandung zat antihipertensi, baik dikonsumsi penderita hipertensi dan penyakit jantung.

Sementara itu, daun dewandaru yang mengandung astringen juga berfungsi menyeimbangkan produksi sebum atau minyak di kulit kepala. Daun kaya khasiat ini juga bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai gangguan kesehatan seperti demam, rematik, hingga asam urat.

Minyak daun ini juga kerap diolah dan dimanfaatkan sebagai campuran berbagai produk kosmetik dan kecantikan. Karena kandungan antiseptik dan antijamur yang dimilikinya, daun dewandaru pun dijadikan sebagai bahan pembuat sampo, kondisioner, serta losion.

Catatan dari SehatQ

Buah dewandaru dapat dikonsumsi secara mentah. Cita rasanya yang asam dan manis membuat buah tropis ini sering sering diolah menjadi selai dan jeli. Di beberapa daerah di Amerika Selatan, buah dewandaru juga disantap sebagai acar dan saus.

Scielo.
http://www.scielo.br/pdf/cta/v31n1/21.pdf
Diakses pada 12 Februari 2020

Finelib.
https://www.finelib.com/about/tropical-fruits-and-vegetables/about-nutritional-values-and-health-benefits-of-pitanga-berries/249
Diakses pada 12 Februari 2020

Health Benefits Times.
https://www.healthbenefitstimes.com/surinam-cherry/
Diakses pada 12 Februari 2020

Artikel Terkait