Buah Cherry Hingga Bawang Putih, Ini Obat Pegal Linu yang Efektif

Kandungan antioksidan dalam buah cherry dapat membantu mengatasi pegal linu
Cherry yang segar dan manis tak hanya untuk hiasan kue saja, tetapi dapat mengatasi pegal linu

Rutinitas tanpa jeda atau olahraga berintensitas tinggi yang tidak biasa bagi tubuh kerap kali disusul dengan pegal linu di sekujur tubuh. Obat pegal linu ada banyak, tapi harus tahu betul mana yang efektif sekaligus cepat mengusir rasa tidak nyaman.

Sebelum bicara tentang pegal linu dan cara mengatasinya, hal yang tak kalah penting adalah tahu pentingnya stretching atau peregangan otot.

Tak hanya saat berolahraga, namun stretching ini juga penting dilakukan di tengah kesibukan sehari-hari. Misalnya seseorang yang setiap hari bekerja di depan komputer, ambil jeda untuk melakukan peregangan otot.

Meregangkan otot atau stretching ada banyak sekali macamnya. Cari jenis gerakan yang bisa membuat otot lebih rileks sehingga risiko merasakan pegal linu bisa berkurang.

Obat pegal linu yang efektif

Selain obat pegal linu yang dijual di pasaran, sebenarnya ada banyak cara untuk mengatasi pegal linu secara alami. Tak perlu mengalokasikan banyak waktu, beberapa hal di bawah ini bisa dilakukan dengan mudah di rumah. Apa saja?

Tetaplah melakukan gerakan-gerakan ringan meski sedang pegal linu

1. Terus bergerak

Sangatlah wajar ketika Anda merasa enggan bergerak ketika tubuh merasa pegal linu. Namun jangan hanya berdiam diri. Teruslah bergerak, entah itu berdiri dari duduk, atau berjalan kaki beberapa menit.

Semua pergerakan otot saat Anda bergerak memicu sirkulasi cairan dalam tubuh sehingga meredakan pegal linu lebih cepat. Bandingkan dengan saat seseorang hanya duduk atau berbaring sehingga otot tidak bergerak secara aktif. Setidaknya dalam waktu 24 jam setelah Anda merasakan pegal linu, perbanyak gerakan dan aktivitas fisik ringan.

Namun tetap dengarkan tubuh Anda, jika ada bagian yang terasa nyeri, beristirahatlah sejenak.

2. Konsumsi cherry

Tak hanya sebagai pemanis kue tart saja, cherry ternyata juga merupakan buah yang bisa menjadi obat pegal linu alami. Tingginya kandungan antioksidan dalam cherry dapat meredakan pegal linu. Terlebih rasanya juga lezat dan tidak ada efek samping bagi tubuh.

3. Kafein

Rupanya, kandungan kafein seperti yang ada dalam kopi juga bisa jadi obat pegal linu alami. Cara kerjanya adalah kafein akan menekan produksi adenosine, zat kimia yang diproduksi tubuh saat mengalami cedera.

Meski demikian, konsumsi kafein tetap harus sangat hati-hati agar tidak berlebih. Konsumsi kafein berlebihan bisa menyebabkan kejang otot secara tiba-tiba.

 4. Kunyit

Pernah mencoba secangkir kunyit latte hangat? Coba konsumsi minuman menyehatkan yang satu ini sebagai obat pegal linu alami. Kandungan curcumin dalam kunyit dapat meredakan nyeri dan peradangan otot.

Kandungan allicin dalam bawang putih dapat mengatasi peradangan

5. Bawang putih

Meski tidak semua orang suka dengan aromanya, bawang putih ampuh menjadi obat pegal linu. Manfaat ini datang dari kandungan allicin dalam bawang putih yang bisa mengurangi peradangan. Anda bisa mencampurkannya dalam makanan jika tidak terbiasa mengonsumsi bawang putih langsung.

6. Kayu manis

Kandungan kayu manis ternyata punya fungsi analgesik pada otot yang sedang nyeri atau mengalami peradangan. Setidaknya konsumsi satu sendok teh kayu manis saat mengalami pegal linu, entah itu dengan mencampurkannya di minuman favorit atau oatmeal Anda.

7. Jaga waktu tidur

Ketika merasakan pegal linu, sebisa mungkin jaga waktu tidur agar tetap teratur. Ketika tubuh sedang tidur, tubuh aktif memperbaiki sel yang mengalami kerusakan atau peradangan. Setidaknya, targetkan tidur malam hari selama 7-8 jam sebagai obat pegal linu alami.

8. Pijat relaksasi

Ketika mengalami pegal linu, tak ada salahnya menjadwalkan pijat relaksasi. Pijatan pada tubuh Anda akan meningkatkan sirkulasi darah ke area tubuh yang memerlukan serta mempercepat proses pemulihan. Namun jika yang Anda alami adalah cedera yang lebih parah, pastikan pijatan diberikan oleh terapis yang tersertifikasi.

Umumnya, pegal linu hanya terasa selama 1-3 hari dan bisa mereda dengan sendirinya. Namun obat pegal linu alami di atas dapat mempercepat proses pemulihan.

Entah itu pegal linu akibat olahraga berintensitas tinggi atau terlalu lama berada di posisi tertentu, jadikan ini sebagai sinyal untuk selalu melakukan stretching sebelum beraktivitas. Jika pegal linu bertahan lebih lama, cari penyebab utamanya dengan berkonsultasi ke dokter.

Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/fitness/quick-fixes-for-sore-muscles.aspx
Diakses 21 November 2019

Shape. https://www.shape.com/lifestyle/mind-and-body/6-unconventional-ways-treat-sore-muscles?slide=6fa427f4-06ff-4376-b235-f1327d55d05d#6fa427f4-06ff-4376-b235-f1327d55d05d
Diakses 21 November 2019

WebMD. https://www.webmd.com/fitness-exercise/features/sore-muscles-dont-stop-exercising
Diakses 21 November 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed