Buah Bisbul dan Beragam Manfaatnya untuk Kesehatan

(0)
26 May 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Buah bisbul dikenal dengan sebutan velvet apple, di negara-negara lain.Buah bisbul ternyata mengandung banyak zat mineral seperti kalium.
Di Indonesia, ia dikenal dengan sebutan buah bisbul. Di negara-negara lain, buah ini lebih dikenal dengan sebutan velvet apple. Dunia medis mengenalnya sebagai Diospyros discolor. Ternyata, buah bisbul yang mirip dengan buah apel itu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Apa saja manfaat buah bisbul untuk kesehatan itu?

Buah bisbul dan beragam manfaatnya untuk kesehatan

Buah bisbul dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, seperti meningkatkan kesehatan jantung, melancarkan sirkulasi darah, menangani masalah pencernaan, mengobati iritasi kulit, dan masih banyak lagi.
Untuk lebih jelasnya, mari kenali manfaat buah bisbul beserta penjelasan ilmiahnya di bawah ini.

1. Meredakan tekanan darah tinggi

Buah bisbul mengandung kadar kalium yang tinggi. Itulah sebabnya, buah bisbul berfungsi sebagai vasolidator, yang bisa melebarkan pembuluh darah, meredakan stres pada sistem kardiovaskular, dan tentunya mengurangi tekanan darah tinggi.Ditambah lagi, buah bisbul juga mengandung serat. Perlu diketahui, diet yang kaya akan serat bisa mencegah pembekuan darah, stroke, hingga serangan jantung.

2. Meningkatkan sirkulasi darah

Tidak hanya kalium dan serat, buah bisbul juga mengandung zat besi, lho. Zat besi adalah mineral yang sangat dibutuhkan untuk tubuh dalam meningkatkan produksi sel darah merah.Terjaganya produksi sel darah merah di dalam tubuh bisa membawa dampak baik pada kesehatan, seperti meningkatkan metabolisme, mempercepat proses penyembuhan, merangsang pertumbuhan rambut, hingga meningkatkan oksigenasi jaringan tubuh dan otot.

3. Menangani masalah pernapasan

Dalam dunia medis, buah bisbul seringkali digunakan untuk menangani masalah pernapasan, seperti batuk hingga asma. Sebab, buah bisbul mengandung banyak vitamin dan zat mineral yang bisa memperkuat sistem imun tubuh.

4. Meningkatkan sistem imun tubuh

Tingginya kadar vitamin C dan vitamin A di dalam tubuh bisa membantu sistem imun tubuh dalam memerangi infeksi. Untungnya, buah bisbul mengandung kedua zat penting tersebut.Vitamin A dan C dapat berperan sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Radikal bebas tentunya sangat berbahaya pada tubuh, karena bisa membunuh sel sehat.Selain itu, vitamin C juga sangat penting untuk pertumbuhan, perkembangan dan perbaikan seluruh jaringan tubuh. Vitamin C juga berperan penting pada berbagai fungsi tubuh, termasuk pembentukan kolagen, penyerapan zat besi, meningkatkan sistem imun tubuh, penyembuhan luka, hingga menjaga kesehatan tulang.

5. Melancarkan sistem pencernaan

Buah bisbul
Buah bisbul
Serat yang dikandung buah bisbul dapat melancarkan “perjalanan” makanan menuju saluran pencernaan, sehingga menghilangkan gejala seperti sembelit dan masalah pencernaan lainnya.Di Filipina, buah bisbul dipercaya sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan penyakit disentri dan diare.
Selain itu, serat yang dimiliki buah bisbul juga bisa menurunkan kolesterol, menjaga kadar gula darah, membantu mendapatkan berat badan ideal, sampai memperpanjang usia.

6. Menjaga kesehatan kulit

Jangan salah, ternyata manfaat buah bisbul juga bisa dirasakan dengan cara mengoleskan dagingnya ke kulit. Sebab, beberapa studi juga membuktikan bahwa mengoleskan daging buah bisbul ke kulit bisa meredakan peradangan dan iritasi.Lebih dari itu, bahkan ada klaim yang menyatakan bahwa buah bisbul dapat mengobati gigitan ular dan racun lainnya pada tubuh. Namun, masih diperlukan penelitian untuk membuktikannya.

Cara mengonsumsi buah bisbul

Layaknya buah apel, buah bisbul dapat dimakan mentah, selama sudah dibersihkan dari kotoran yang mungkin menempel di kulitnya.Walaupun mungkin aromanya tidak sewangi apel, tapi banyak orang yang lebih memilih mengonsumsi buah bisbul karena beragam kandungan nutrisinya.Selain itu, buah bisbul juga bisa dikombinasikan dengan buah-buahan lain dalam salad buah atau makanan lainnya. Sebab, rasanya yang manis sangat bersahabat di lidah.

Catatan dari SehatQ:

Walaupun buah bisbul memiliki banyak manfaat kesehatan, Anda disarankan untuk tidak mengonsumsinya sebagai pengobatan utama dari berbagai macam penyakit.Untuk mendapatkan hasil pengobatan yang maksimal, bantuan dokter dan obat-obatan medis tetap diperlukan.
makanan sehathidup sehatbuah dan sayuran
Organic Facts. https://www.organicfacts.net/health-benefits/fruit/velvet-apples.html
Diakses pada 12 Mei 2020
Web MD. https://www.webmd.com/diet/features/the-benefits-of-vitamin-c
Diakses pada 12 Mei 2020
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/fiber/art-20043983
Diakses pada 12 Mei 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait